Comscore Tracker

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakan

Miring ke kanan atau ke kiri sama-sama baik

Kita semua tahu bahwa durasi tidur merupakan faktor yang sangat penting untuk menjaga kesehatan mental dan fisik, tetapi ternyata posisi tidur juga bisa jadi faktor penting lain dalam upaya menjaga kesehatan yang lebih optimal. Sebelumnya, telah ada teori yang berasal dari Ayurveda, yaitu pendekatan holistik untuk bidang kesehatan dan obat-obatan yang berasal dari India, yang menyebutkan bahwa posisi tidur yang paling baik untuk kesehatan adalah dengan memiringkan tubuh.

Akan tetapi saat ini secara khusus telah banyak penelitian yang membuktikan teori ini. Menurut dokter John Day, seorang ahli jantung di Intermountain Medical Center Heart Institute di Salt Lake City, Utah, tidur dalam posisi miring baik ke kanan maupun ke kiri sama-sama memiliki manfaat bagi tubuh.

Nah, melansir dari situs The Longevity Plan with Dr. John Day dan Healthline, berikut beberapa manfaat tidur miring bagi kesehatan.

1. Mengurangi sesak napas

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakanunsplash.com/Eli DeFaria

Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1937 dan dipublikasikan dalam American Heart Journal mencatat bahwa pasien dengan masalah jantung dapat bernapas lebih baik ketika tidur dengan posisi miring ke kanan. Dokter yang terlibat dalam penelitian tersebut berpendapat bahwa manfaat ini berhubungan dengan pengembalian vena yang lebih baik dan tekanan yang lebih rendah di dalam jantung dan paru-paru.

2. Performa jantung lebih baik

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakanmedicalnewstoday.com

Untuk alasan yang sama seperti pada poin sebelumnya, tidur dengan posisi miring ke arah kanan akan mengurangi tekanan pada jantung dan paru-paru. Ditambah, saat tidur ke arah kanan gaya gravitasi akan menarik jantung ke arah tengah yang dapat mengoptimalkan kinerja jantung.

3. Palpitasi menjadi lebih sedikit

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakannypost.com

Menurut studi yang dipublikasikan pada Journal of American College of Cardiology, ketika kamu berbaring ke kanan, jantung akan tertarik ke arah tengah dada, dan posisi ini menyebabkan debaran jantung semakin stabil dan tidak terasa. Sebaliknya, ketika kamu miring ke sisi kiri, jantung akan ditarik ke dinding dada, dan kondisi ini menyebabkan kamu dapat merasa setiap detak jantungmu secara jelas.

Selain itu, banyak pasien fibrilasi atrium telah mencatat bahwa mereka merasakan lebih sedikit aritmia atau gangguan denyut jantung, ketika tidur di sisi kanan.

Baca Juga: Sepele, tapi Penting! 6 Cara Tepat dan Sehat Memperbaiki Pola Tidur 

4. Mengatasi dengkuran dan sleep apnea

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakanblog.lilysilk.com

Buat kamu yang suka mendengkur, tidur dengan posisi miring bisa jadi solusi untuk mengatasi masalahmu ini. Sebab, tidur miring membuat lidah tidak akan jatuh ke tenggorokan dan menghalangi jalan napas. Tidur dengan miring ke sisi kiri atau kanan seharusnya bisa jadi solusi yang tepat untuk mengatasi masalah dengkuran ataupun sleep apnea.

Untuk itu, jika kamu masih saja mendengkur atau mengalami masalah pernapasan kendati telah tidur dengan posisi miring, bisa jadi kamu mengalami apnea yang tergolong serius dan memerlukan penanganan medis.

5. Mengurangi mulas

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakanbustle.com

Sebelumnya teori Ayurveda telah menyatakan bahwa tidur dengan memiringkan tubuh ke kiri baik untuk sistem pencernaan. Tetapi kini penelitian modern juga mendukung gagasan ini.

Menurut sebuah studi tahun 2010 yang dipublikasikan dalam JAMA Network, terdapat kaitan antara berbaring di sisi kanan dan peningkatan kasus mulas atau GERD dibandingkan ketika berbaring di sisi kiri. Para peneliti yang terlibat berteori bahwa jika kita berbaring di sisi kiri, perut dan cairan lambung akan tetap berada lebih rendah daripada kerongkongan saat kita tidur.

6. Meningkatkan kesehatan otak

6 Manfaat Nyata Tidur dengan Posisi Miring Menurut Medis, Yuk Biasakanunsplash.com/Priscilla Du Preez

Jika dibandingkan dengan tidur tengkurap, tidur dengan posisi miring ke kiri atau kanan dapat membantu tubuh membersihkan apa yang disebut limbah interstitial dari otak. Pembersihan otak ini dapat membantu mengurangi risiko terkena Alzheimer, Parkinson, dan penyakit neurologis lainnya.

Itu tadi beberapa manfaat tidur dengan posisi miring. Baik miring ke sisi kanan maupun kiri sama-sama memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh. Akan tetapi jika kamu memiliki masalah pada jantung, disarankan untuk memiringkan tubuh ke kanan. Sebaliknya, jika kamu memiliki masalah lambung, maka kamu disarankan untuk tidur dengan posisi miring ke kiri.

Baca Juga: 5 Bahaya Nyata Tidur Tengkurap yang Gak Boleh Diabaikan

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Empty

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya