Comscore Tracker

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuaca

Bisa jadi karena ada yang salah dengan tubuh

Tangan dan kaki yang dingin pada waktu tertentu adalah hal yang normal. Sebab, tubuh kita dirancang untuk mengatur suhu tubuh. Ketika di luar dingin, tubuh memastikan untuk menjaga agar darah tetap mengalir ke inti dan organ vital agar tetap hangat. Kondisi ini kemudian dapat mengubah jumlah aliran darah ke tangan dan kaki, yang membuatnya terasa dingin.

Namun, ada beberapa orang yang cenderung lebih mudah mengalami kondisi tangan dan kaki yang dingin. Jika hal ini dirasa cukup mengganggu, kamu perlu segera mencari solusi untuk hal ini.

Kira-kira, apa sajakah faktor penyebab tangan dan kaki terasa dingin? Dirangkum dari laman Medical News Today dan Healthline, inilah penyebab tangan dan kaki terasa dingin.

1. Suhu yang dingin

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuacaunsplash.com/Spencer Backman

Kaki dan tangan yang dingin adalah salah satu reaksi normal tubuh terhadap suhu lingkungan yang dingin. Saat kamu berada di area yang lebih dingin, pembuluh darah di ekstremitas, seperti tangan dan kaki akan menyempit. Ini mengurangi aliran darah ke area ini, yang juga mengurangi jumlah panas tubuh yang hilang.

Seiring waktu, aliran darah yang berkurang ini dapat menyebabkan penurunan oksigen di jaringan, yang dapat menyebabkan warna kebiruan. Jika bersifat sementara, tubuh akan kembali normal saat menghangat kembali. Namun, bagi beberapa orang mengalami fenomena Raynaud, paparan suhu dingin atau stres tinggi menyebabkan sirkulasi darah yang terbatas, yang mengakibatkan jari tangan dan kaki menjadi dingin atau mati rasa.

2. Anemia

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuacaunsplash.com/Annie Spratt

Telapak tangan dan kaki yang dingin tidak melulu disebabkan oleh suhu lingkungan yang dingin, tapi juga kondisi medis tertentu, salah satunya anemia. Anemia adalah suatu kondisi di mana seseorang memiliki lebih sedikit sel darah merah yang sehat.

Anemia biasanya disebabkan oleh kekurangan zat besi, yang membuat sel darah merah tidak memiliki cukup hemoglobin untuk mengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hasilnya, bisa jadi jari tangan dan kaki menjadi dingin.

Baca Juga: 10 Tips Terhindar Hipotermia Saat Mendaki Gunung, Aman dan Nyaman

3. Kekurangan vitamin B-12

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuacaunsplash.com/Laurynas Mereckas

Kekurangan vitamin B-12 dapat menyebabkan gejala neurologis, seperti tangan dan kaki dingin, mati rasa, atau kesemutan. Tubuh tidak memproduksi vitamin B-12, jadi kamu perlu mendapat asupan vitamin B-12 dari makanan. Beberapa jenis makanan yang merupakan sumber vitamin B-12 adalah daging dan produk susu.

Vitamin B-12 sangat penting untuk menjaga kesehatan sel darah merah. Selain tangan dan kaki terasa dingin, gejala lain dari kekurangan vitamin B-12 adalah kelelahan, masalah gerakan dan keseimbangan, kulit pucat, sesak napas, seriawan, dan masalah kognitif.

4. Diabetes melitus

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuacaunsplash.com/Kate

Penderita diabetes juga berisiko mengalami masalah sirkulasi, seperti kaki atau tangan yang dingin. Itu karena tingginya kadar gula darah dalam tubuh orang dengan diabetes sering dapat menyebabkan penyempitan arteri dan berkurangnya suplai darah ke jaringan, yang dapat menyebabkan kaki terasa dingin.

Pada beberapa orang, diabetes juga dapat menyebabkan kerusakan saraf, yang biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar gula darah tidak terkontrol dalam jangka waktu lama. Gejala kerusakan saraf ini berupa kesemutan atau sensasi tertusuk, mati rasa, atau nyeri terbakar di kaki dan tungkai.

5. Stres dan cemas

5 Penyebab Tangan dan Kaki Terasa Dingin, Gak Selalu Karena Cuacaunsplash.com/Tim Gouw

Merasa stres atau cemas yang berlebih juga dapat menyebabkan kaki menjadi dingin. Ini karena salah satu respons alami tubuh terhadap stres atau kegugupan adalah memompa adrenalin ke dalam aliran darah. Saat bersirkulasi, adrenalin menyebabkan pembuluh darah perifer mengerut, yang menurunkan aliran darah ke area terluar tubuh.

Respons perlindungan ini mungkin berbahaya jika membuat kaki atau tangan menjadi dingin secara terus menerus. Jadi, kamu perlu mengurangi stres dan ketegangan untuk mengurangi kondisi tangan dan kaki dingin.

Cara terbaik untuk mengatasi dan mendiagnosis penyebab kaki dan tangan dingin adalah berkonsultasi langsung dengan dokter. Namun, ada juga pengobatan rumahan yang dapat membantu menghangatkan kaki dan tangan agar tetap nyaman, yaitu bergerak, mengenakan kaus kaki atau sarung tangan, merendam kaki di air hangat, dan menggunakan heating pad.

Baca Juga: Musim Dingin, Kematian COVID-19 Mencapai 50 Ribu per Minggu

Eka ami Photo Verified Writer Eka ami

Lifelong learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya