Comscore Tracker

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! 

Harus waspada nih!

Leukemia atau kanker darah merupakan penyakit berbahaya yang menyebabkan penderitanya memproduksi sel darah berlebihan. Kanker ini termasuk berbahaya jika sudah mencapai stadium akut. Pasalnya setiap tahunnya ada kasus kematian yang disebabkan oleh penyakit leukemia.

Maka sebaiknya kamu harus mengetahui gejala kanker ini sedari dini. Segera periksakan dirimu ke dokter jika kamu mengalami 6 gejala leukemia berikut ini.

1. Selalu merasa kelelahan

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! pixabay.com/free-photos

Tubuh sering merasa kelelahan merupakan gejala leukemia yang paling umum. Biasanya hal ini disebabkan oleh anemia atau kurangnya darah merah dalam tubuh. Jadi jika kamu merasa gampang lelah, jangan panik dulu ya. Tetapi jika kamu merasa terus kelelahan padahal sudah meminum tablet tambah darah secara teratur, sebaiknya segere periksakan dirimu.

2. Memiliki memar di tubuh

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! istock.com/LZF

Jika kamu tiba-tiba mendapatkan memar di tubuh secara tiba-tiba biasanya ini disebabkan karena leukemia. Apalagi kamu tidak pernah melakukan aktivitas fisik yang menyebabkan memar tersebut dapat muncul. Memar dapat muncul di bagian tubuh mana saja, tetapi yang paling umum ada di lengan dan kaki.

3. Sering mimisan tanpa sebab

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! istock.com/prostock_studio

Sama seperti memar, mimisan yang terjadi tanpa sebab dapat mengindikasikan kamu menderita leukemia. Tidak hanya leukemia, penderita kanker paru-paru juga biasanya mengalami gejala mimisan. Namun seringkali mimisan mengarah pada penyakit leukemia akut yang harus diwaspadai.

Baca Juga: 6 Aturan Diet Sehat Bagi Penderita Leukemia untuk Terapi Kesembuhan

4. Gusi semakin membesar

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! istock.com/audrey_popov

Membesarnya gusi atau yang sering disebut gingival hyperplasia merupakan salah satu gejala leukemia akut. Bahkan gejala ini menjadi yang paling jelas di antara gejala lainnya. Biasanya dokter akan memeriksa pasien leukemia untuk mengetahui apakah gusi mereka semakin melebar atau tidak. Tapi terkadang bisa saja gejala ini disebabkan oleh bakteri yang ada di mulut.

5. Perut terasa kembung

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! pixabay.com/derneumann

Penderita leukemia biasanya merasa kesulitan untuk makan. Karena makan sedikit saja, perut mereka akan terasa kembung. Mereka juga cepat merasa kenyang. Terkadang juga mereka merasa kram pada area sekitar perut ketika mengonsumsi makanan. Hal ini seringkali terjadi pada penderita leukemia akut.

6. Tubuh demam dan berkeringat saat malam

6 Gejala Leukemia yang Sering Diabaikan Orang, Hati-hati Ya! selfgrowth.com

Demam dan tubuh berkeringat saat malam hari bukan termasuk gejala umum leukemia. Gejala ini biasanya terjadi pada penderita leukemia akut. Tubuh yang tiba-tiba demam disebabkan karena sistem imun yang semakin menurun begitu pula saat kamu berkeringat di malam hari padahal suhu ruangan terbilang dingin.

Nah, itulah 6 gejala leukemia yang patut kamu waspadai. Segera periksakan dirimu jika mengidap keenam gejala di atas.

Baca Juga: Sering Disepelekan, 7 Gejala Leukemia Ini Harus Kamu Kenali & Waspadai

Emma Kaes Photo Community Writer Emma Kaes

Welcome to my alter ego

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You