Comscore Tracker

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Samping

Digunakan dalam pengobatan sejumlah jenis kanker darah

Thioguanine termasuk ke dalam kelompok obat antimetabolit. Biasanya, obat ini digunakan dalam pengobatan sejumlah jenis leukemia. Obat ini hanya tersedia dengan resep dokter dan umumnya dalam bentuk tablet.

Untuk informasi lebih lengkap seputar thioguanine, baca artikel ini sampai habis, ya!

1. Manfaat

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi obat thioguanine (pexels.com/Anna Shvets)

Thioguanine digunakan dalam pengobatan sejumlah jenis kanker, terutama kanker darah. Dalam pengobatan kanker, obat ini bekerja dengan memperlambat atau menghentikan pertumbuhan sel kanker di tubuh.

DilansirDermNetNZ, thioguanine bisa digunakan untuk pengobatan lain yang tidak terdaftar, misalnya pengobatan psoriasis sedang sampai berat.

2. Peringatan

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi obat thioguanine (sgpharma.com)

Sebelum mengambil thioguanine, penting untuk memberi tahu dokter jika pasien memiliki masalah pada organ hati. Orang yang punya alergi terhadap thioguanine atau yang pernah menggunakan obat ini tetapi tidak efektif juga tidak boleh menggunakan obat ini.

Mengutip Drugs, thioguanine mungkin lebih efektif pada orang-orang yang usianya lebih muda daripada yang sudah berusia lanjut. Seberapa baik seseorang merespons obat ini juga bergantung pada apakah pasien pernah menjalankan perawatan leukemia sebelumnya atau tidak.

Obat ini juga berpotensi membahayakan bayi yang belum lahir. Oleh karena itu, thioguanine tidak boleh digunakan pada ibu hamil dan ibu menyusui.

3. Dosis

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi mengonsumsi obat (freepik.com/freepik)

Dilansir Mayo Clinic, dosis thioguanine biasanya akan didasarkan pada berat badan dan harus ditentukan oleh dokter. Oleh karenanya, dosis yang diberikan oleh dokter bisa berbeda-beda pada setiap pasien.

Baik untuk orang dewasa maupun anak-anak, dosis awalnya mungkin sebesar 2 miligram per kilogram per berat badan (mg/kg) per hari yang diberikan selama kurang lebih 4 minggu. 

Selanjutnya dosis bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan respons tubuh pasien terhadap obat.

Baca Juga: Valganciclovir: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Samping

4. Cara mengonsumsi

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi mengonsumsi obat (freepik.com/freepik)

Thioguanine dalam bentuk biasanya diminum sekali sehari. Lamanya pengobatan akan tergantung jenis obat, seberapa baik tubuh merespons obat, serta jenis kanker yang diderita pasien.

Seperti yang dijelaskan di laman MedlinePlus, konsumsilah thioguanine pada kisaran waktu yang sama setiap harinya. Ikuti petunjuk pada label resep dan minta dokter atau apoteker untuk menjelaskan hal-hal yang masih belum jelas.

Dosis thioguanine harus diambil persis seperti yang diinstruksikan oleh dokter. Jangan mengambil dosis lebih maupun kurang, jangan pula mengonsumsi obat ini lebih sering atau lebih lama dari yang ditentukan.

Selama masa pengobatan, dokter bisa menambah atau mengurangi dosis tergantung seberapa baik obat bekerja serta efek samping yang dialami pasien.

Thioguanine harus terus dikonsumsi hingga waktu yang ditentukan, bahkan ketika pasien sudah merasa sehat sekalipun. Jangan pernah menghentikan pengobatan tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

5. Overdosis, dosis yang terlewat, dan penyimpanan

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi obat thioguanine (tajgenerics.com)

Seseorang yang mengalami overdosis thioguanine bisa mengalami gejala berupa mual, muntah, keringat berlebih, kelelahan atau kelemahan yang tidak biasa, atau berupa pendarahan atau memar yang tidak biasa.

Bila lupa atau melewatkan satu dosis, segera minum setelah ingat. Namun, lewati saja dosis dan ambil dosis berikut pada waktu yang teratur bila sudah mendekati waktu dosis berikutnya. Jangan menggandakan dosis untuk menggantikan dosis yang terlewat.

Simpan thioguanine dalam suhu ruangan yang jauh dari cahaya dan kelembapan. Jangan lupa untuk menyimpan obat yang tidak bisa dijangkau anak-anak dan hewan peliharaan.

Buang obat bila tidak lagi dibutuhkan, rusak, atau kedaluwarsa sesuai instruksi dokter atau apoteker. Untuk informasi lebih lengkap tentang pembuangan obat yang benar, hubungi apotek terkemuka terdekat.

6. Interaksi obat

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi obat-obatan (IDN Times/Mardya Shakti)

Dilansir Cleveland Clinic, ada beberapa obat yang bisa berinteraksi dengan thioguanine, seperti:

  • Balsalazid
  • Busulfan
  • Mesalamine, 5-ASA
  • Olsalazine
  • Sulfasalazin
  • Vaksin
  • Obat-obatan untuk meningkatkan jumlah darah seperti filgrastim, pegfilgrastim, sargramostim
  • Obat-obatan yang mengobati atau mencegah pembekuan darah seperti warfarin

Selain itu, berbagai obat lain juga perlu dikonsultasikan dengan dokter bila ingin dikonsumsi bersamaan dengan thioguanine, terutama obat:

  • Aspirin
  • Parasetamol
  • Ibuprofen
  • Ketoprofen
  • Naproxen

7. Efek samping

Thioguanine: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Sampingilustrasi mual (freepik.com/8photo)

Efek samping umum dari obat ini adalah demam, kedinginan, atau tanda-tanda infeksi lainnya. Kadar asam urat yang tinggi juga bisa menjadi efek samping yang biasa terjadi.

Bila terjadi reaksi alergi seperti gatal-gatal, sulit bernapas, atau pembengkakan pada wajah, bibir, lidah, atau tenggorokan, segera cari bantuan medis darurat. Segera hentikan penggunaan thioguanine jika mengalami gejala atau tanda kerusakan hati berupa:

  • Perut kembung
  • Penambahan berat badan yang cepat
  • Kelelahan yang tidak biasa
  • Kesulitan bernapas saat berbaring
  • Mual
  • Kehilangan nafsu makan
  • Sakit perut bagian atas
  • Urine berwarna gelap
  • Penyakit kuning (menguningnya kulit atau mata)

Segera hubungi dokter apabila muncul gejala di bawah ini:

  • Tinja berdarah atau lembek.
  • Batuk darah atau muntah yang terlihat seperti bubuk kopi.
  • Jumlah sel darah rendah dengan gejala demam, kedinginan, kelelahan, seriawan, luka kulit, mudah memar, pendarahan yang tidak biasa, kulit pucat, tangan dan kaki dingin, merasa pusing, atau sesak napas.

Thioguanine adalah obat yang digunakan untuk mengobati kanker darah. Dengan demikian, obat ini memiliki efek yang sangat kuat serta dapat menimbulkan berbagai efek samping. Sebelum memulai pengobatan dengan thioguanine, pastikan untuk memahami risiko, manfaat, serta terus ikuti arahan dari dokter yang meresepkan obat, ya!

Baca Juga: Zafirlukast: Manfaat, Peringatan, Dosis, Interaksi, Efek Samping

Topic:

  • Nurulia R F
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya