Comscore Tracker

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email Gigi

Biar senyum makin pede!

Gigi keropos dan berlubang gak cuma bikin penampilanmu terganggu. Beberapa masalah kesehatan juga bisa datang dari kebersihan dan kondisi gigi yang disepelekan, mulai dari penyakit gusi sampai jantung. Kebersihan dan kesehatan gigi jadi hal yang gak boleh dianggap enteng. 

Supaya terhindar dari gigi keropos dan berlubang, ada beberapa kebiasaan penting yang perlu kamu mulai, nih. Dilansir Healthline dan WebMD, enam kebiasaan ini bisa bantu menguatkan email gigi.

1. Rutin sikat gigi dengan pasta gigi mengandung fluorida

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/freepik

Rutin menyikat gigi paling tidak dua kali sehari akan membersihkan sisa-sisa makanan dan mencegah penumpukan bakteri jahat penyebab gigi keropos. Gunakan pasta gigi mengandung fluorida yang dapat membuat email gigi lebih kuat dan terhindar dari kerusakan.

Hindari menyikat gigi terlalu kuat karena hal itu bisa merusak email gigi. Bila perlu, gunakan juga obat kumur untuk membersihkan secara menyeluruh.

2. Bijak dalam mengonsumsi gula

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/yanalya

Makanan dan minuman mengandung gula akan membuat bakteri dalam mulut semakin membandel. Bersama bakteri, gula yang bersifat asam akan merusak email gigi secara perlahan tetapi pasti. Mengurangi asupan gula berlebihan bisa membantu menguatkan email gigimu secara signifikan. 

3. Perhatikan asupan buah

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/freepik

Biarpun bagus untuk kesehatan, buah-buahan punya sifat asam yang bisa menyerang email gigimu. Buah-buahan Citrus, seperti jeruk dan lemon punya sifat asam yang tinggi. Asam akan mengikat kalsium dan merampasnya dari gigi. Alhasil, gigimu rentan keropos dan berlubang.

Namun, bukan berarti kamu jadi menghindari buah. Hindari makan secara berlebihan dan pastikan kamu gak menyikat gigi tepat setelah makan buah-buahan.

Baca Juga: Biar Gak Sakit Gigi, Ajari Anak Sejak Dini tentang Kebersihan

4. Makan makanan mengandung kalsium dan vitamin penting

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/freepic.diller

Makanan tinggi kalsium sangat penting dalam menguatkan email gigi. Pilihan makanan, seperti seledri, keju, yoghurt, ikan sarden, salmon kalengan, kacang almon, edamame, bayam, tofu, dan lain-lain bisa memberi asupan kalsium yang dibutuhkan gigimu.

Selain kalsium, vitamin D dari ikan salmon, sarden, tuna, kuning telur, dan jamur tiram juga bisa bantu menguatkan email gigi.

5. Minum air putih secukupnya

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/freepik

Gak cuma menghilangkan haus, minum air putih setelah makan bisa bantu membersihkan sisa-sisa makanan yang masih menempel. Minum air putih secukupnya juga menghindarkanmu dari mulut kering. Air liur sangat berguna dalam menjaga kebersihan mulut. 

6. Periksakan gigi tiap enam bulan sekali

Biar Gak Keropos, Lakukan 6 Kebiasaan Ini untuk Kuatkan Email GigiFreepik/freepik

Untuk memantau kesehatan dan kebersihan mulut dan gigi, rutinlah periksa ke dokter gigi paling tidak enam bulan sekali. Dengan cara ini, kamu juga bisa membersihkan gigimu dari plak dan mendeteksi masalah mulut dan gigi sedari dini.

Nah, sebenarnya mudah mencegah gigi gampang berlubang dan keropos. Dengan memulai kebiasaan-kebiasaan sehat dan bersih, kamu bisa makin pede untuk senyum!

Baca Juga: Jangan Percaya Lagi 6 Mitos tentang Kesehatan Gigi dan Dokter Gigi Ini

Ina Suraga Photo Verified Writer Ina Suraga

I love writing about various things, from health to personal development stuff, but animals surely have soft spot in my heart. Business inquiries: suraga.ina@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya