Comscore Tracker

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!

Siapa yang suka jemur baju di dalam rumah?

Mengeringkan baju di luar rumah dan tersinari oleh cahaya matahari memang yang paling bagus. Namun karena cuaca yang mendung serta hujan tak jarang membuat orang mengeringkan baju di dalam ruangan. Padahal mengeringkan baju di dalam rumah nyatanya bahaya dan bisa menyebabkan 5 masalah kesehatan seperti yang dijelaskan berikut ini!

1. Kanker

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!thesun.co.uk/

Pada baju yang basah terdapat senyawa aldehid yang dapat terhirup oleh hidung. Senyawa ini akan terakumulasi dalam tubuh jika kebiasaan satu ini sering dilakukan. Akibatnya tubuh pun bisa terkena kanker karena aldehid adalah salah satu golongan senyawa yang bersifat karsinogen.

2. Sulit bernafas

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!medicalnewstoday.com

Kelembaban udara akan bertambah sekitar 30 persen saat kamu keringkan pakaian di dalam rumah. Hal ini akan memicu terjadinya spora yang akhirnya terhirup oleh hidung. Spora aspergillus fumigates ini akan membuatmu alami infeksi paru-paru akibat masuknya organisme ke saluran pernafasan.

3. Alergi

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!sylvane.com

Binatang yang menempel pada pakaian yang sedang kamu keringkan di rumah tersebut dapat memicu alergi. Umumnya alergi yang terjadi ada di sekitar saluran pernapasan dan kamu akan mengalami batuk-batu sampai hidung terasa gatal. Oleh sebab itu baiknya jemur pakaian di luar saja ya jangan di dalam ruangan!

Baca Juga: 7 Tips Teknik Pernapasan Sederhana untuk Melakukan Relaksasi

4. Asma

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!medicalnewstoday.com

Ketika kamu mengeringkan pakaian di dalam rumah, tentunya berbagai jenis binatang akan menempel pada pakaianmu yang akhirnya bisa juga terhirup padamu. Sebut saja binatang kecil seperti tungau akan membuatmu sulit bernapas yang akhirnya kamu terkena asma.

5. Daya tahan tubuh melemah

Bikin Kesehatan Terganggu, Ini 5 Dampak Keringkan Busana dalam Rumah!thehealthy.com

Saat mengeringkan pakaian dalam rumah tentunya tanpa sengaja kamu akan menghirup jamur serta bakteri yang terdapat dalam pakaian tersebut. Jika terus-terusan terhirup maka daya tahan tubuhmu dapat melemah yang akhirnya kamu akan mudah sakit. Oleh sebab itu jangan keringkan pakaian dalam rumah ya lebih baik keringkan di sinar matahari langsung.

Nah jangan sampai kebiasaan buruk ini terus kamu ulangi ya karena kamu bisa terkena masalah kesehatan dari ringan sampai serius!

Baca Juga: 7 Tips Teknik Pernapasan Sederhana untuk Melakukan Relaksasi

Indah Shaliha Photo Verified Writer Indah Shaliha

Student Postgraduate Pharmacochemistry from Institut Teknologi Bandung.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You