Comscore Tracker

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!

Salah satunya karena infeksi pada sistem saraf pusat

Terkadang, kita menjumpai seseorang yang tiba-tiba ambruk dan tidak sadarkan dini. Sebagian besar awam cenderung menganggapnya sebagai pingsan. Padahal, bisa jadi penurunan kesadaran tersebut disebabkan oleh gangguan proses biologis dalam tubuh yang menimbulkan koma metabolik.

Koma metabolik adalah kondisi gawat darurat yang perlu ditangani dengan cepat untuk menyelamatkan penderitanya. Dari sekian banyak penyebab koma metabolik, berikut ini adalah lima penyebab yang sering.

1. Hipoksia

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!ilustrasi pasien koma (freepik.com/jcomp)

Hipoksia adalah kondisi ketika jaringan tubuh tidak mendapatkan cukup oksigen. Otak menggunakan sekitar seperlima dari total suplai oksigen tubuh. Oksigen membantu mengirim sinyal dan pesan dari saraf ke seluruh tubuh. Ketika otak tidak mendapatkan cukup oksigen, sel-sel otak mulai mati. Dilansir Cleveland Clinic, kematian sel saraf akibat kurangnya suplai oksigen terjadi dalam waktu yang cepat, hanya 5 menit saja!

Penyebab hipoksia pada otak umumnya disebabkan adanya penyumbatan pembuluh darah otak dan  henti jantung dan napas. Namun, hal ini bisa terjadi bahkan ketika cukup darah mencapai otak, seperti ketika menghirup asap atau karbon monoksida, dan anemia berat yang tidak ditangani.

2. Gula darah terlalu tinggi maupun terlalu rendah

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!ilustrasi pengukuran kadar gula darah (pexel.com/PhotoMIX Company)

Gula darah merupakan sumber energi utama bagi otak. Mengutip buku Differential Diagnosis in Neurology and Neurosurgery: A Clinician's Pocket Guide, gula darah yang terlalu rendah atau disebut hipoglikemia dapat menekan fungsi otak yang berimbas terhadap penurunan kesadaran seseorang.

Hal ini umum terjadi pada penderita diabetes, terutama yang menggunakan insulin sebagai terapi pengelolaan gula darah. Tidak hanya itu, gula darah yang terlalu tinggi atau hiperglikemia juga mampu memicu koma metabolik.

Penumpukan gula darah berlebih yang tidak terkontrol membuat darah menjadi lebih kental, sehingga penderitanya akan kencing terus-menerus. Apabila kondisi ini tidak diatasi dengan cepat, maka dapat menimbulkan dehidrasi yang mengganggu fungsi otak dan menurunkan kesadaran.

Baca Juga: 7 Penyebab Rasa Logam pada Lidah, dari Sepele hingga Berbahaya

3. Keracunan

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!ilustrasi overdosis obat (pexels.com/Kevin Bidwell)

Konsumsi alkohol dalam jumlah besar dalam waktu singkat dapat menyebabkan koma metabolik. Dilansir Mayo Clinic, minum alkohol terlalu banyak atau terlalu akan memengaruhi pernapasan, detak jantung, suhu tubuh, dan refleks muntah, sehingga berpotensi menyebabkan koma dan kematian.

Selain itu, koma juga dapat disebabkan interaksi obat. Koma akibat keracunan sering terjadi pada percobaan bunuh diri dengan meminum obat-obatan berdosis tinggi.

4. Suhu tubuh terlalu rendah atau terlalu tinggi

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!ilustrasi kepanasan (freepik.com/eugeneshemyakin9)

Berdasarkan laporan dalam jurnal Critical Care, suhu tubuh yang terlalu tinggi (hipertermia) dapat menyebabkan gangguan fungsi saraf dan kognitif jangka pendek, tetapi dapat menyebabkan kerusakan berkepanjangan dan permanen apabila tidak diatasi dengan cepat.

Otak kecil sangat tidak toleran terhadap efek panas, padahal bagian ini termasuk dalam sistem yang menjaga status kesadaran seseorang. Apabila fungsi otak kecil terganggu, hal ini berdampak negatif terhadap kesadaran.

Selain itu, suhu tubuh terlalu rendah (hipotermia) juga dapat menurunkan kesadaran. Hipotermia terjadi ketika kehilangan panas tubuh melebihi produksi panas tubuh.

Saat kondisi hipotermia terjadi, tubuh memperlambat semua fungsi fisiologis, termasuk sistem pembuluh darah dan pernapasan, konduksi saraf, ketajaman mental, waktu reaksi saraf otot, dan laju metabolisme.

Regulasi suhu tubuh berhenti di bawah sekitar 30 derajat Celcius sehingga tubuh terpaksa harus bergantung pada sumber panas eksternal untuk mengembalikan suhu tubuh menjadi normal.

5. Infeksi

5 Penyebab Koma Metabolik, Tak Boleh Disepelekan!ilustrasi infeksi virus (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Infeksi yang menyerang sistem saraf pusat dapat menyebabkan penurunan kesadaran yang signifikan. Seperti yang dijelaskan dalam buku Neurologi Klinis, infeksi selaput otak (meningitis) atau radang jaringan otak (ensefalitis) bisa memicu koma.

Koma akibat infeksi biasanya terjadi secara subakut, alias jarang disadari hingga menimbulkan gejala yang tampak. Infeksi sistem saraf pusat disebabkan oleh berbagai mikroorganisme, mulai dari virus, bakteri, jamur, hingga parasit. Pada pemeriksaan cairan serebrospinal, jumlah sel darah putih akan meningkat.

Demikianlah beberapa penyebab koma metabolik yang merupakan kondisi gawat darurat. Semoga kita dan orang-orang tercinta kita tidak mengalaminya, ya!

Baca Juga: Usus Buntu Pecah: Penyebab, Gejala, Bahaya, dan Pengobatan

Indira swastika utama Photo Verified Writer Indira swastika utama

An ISTJ-T. A medical student who love write :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya