Comscore Tracker

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronis

Dari diabetes hingga penyakit genetik langka

Orang yang sakit memiliki bau badan yang berbeda. Ini bukanlah ejekan namun kenyataan yang dapat dibuktikan secara ilmiah. Dilansir dari MedExpress, fenomena tubuh ini terjadi karena ketika sakit, sistem imun akan bekerja dengan lebih keras untuk melawan patogen di dalam tubuh.

Terkadang reaksi sistem imun menyebabkan keluarnya aroma tertentu melalui mulut, urine, dan keringat. Itulah kenapa terdapat beberapa jenis bau tubuh yang sebenarnya mengindikasikan bahwa kita sedang menderita penyakit tertentu. Hal ini dapat dijadikan sebagai tanda agar kita dapat menangani penyakit tersebut sejak dini. 

Penasaran bau seperti apa saja yang dimaksud? Simak penjelasannya berikut ini!

1. Bau tubuh yang busuk

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisthelist.com

Sudah mandi dengan sabun yang wangi, tapi tubuh, terutama area sekitar ketiak tetap bau busuk? Ini bisa menjadi tanda bahwa kamu kekurangan magnesium. The Healthy mengatakan bahwa jenis mineral yang satu ini dapat membantu untuk menghilangkan bau yang dikeluarkan oleh organ dalam melalui keringat. 

Lalu apa yang dimaksud dengan kekurangan magnesium? Ini dapat terjadi ketika kamu terlalu banyak mengonsumsi gula, kafein, dan makanan olahan. Gejala lain yang biasa timbul mengiringinya adalah kram otot dan tubuh terasa pegal.

Jika kamu merasa mengalami hal ini, sebaiknya perbanyak konsumsi sayuran, terutama yang bisa dimakan mentah. Contohnya sayuran hijau, mentimun, tomat, dan lain-lain. Kemudian kurangi makanan yang tidak sehat, produk susu, dan hindari merokok. 

2. Bau keringat yang menyengat

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisagoramedia.com

Selain kekurangan magnesium, bau tubuh berikutnya bisa disebabkan karena penyakit pencernaan, seperti Crohn’s disease dan kolitis ulseratif (radang usus besar). Baunya sulit untuk dibedakan dengan jenis pertama, atau bahkan mungkin sama. Yang jelas penyakit ini membuat aroma keringat lebih menyengat.

Kedua penyakit tersebut terjadi ketika kita kekurangan zinc atau seng. Mineral ini bertugas untuk mengatur toksin dan zat-zat sisa di tubuh. Jadi ketika kadarnya minim, aroma toksin dan zat sisa pun menyeruak hingga ke kelenjar keringat dan bahkan urine.

3. Napas berbau seperti apel busuk

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronissweepinitclean.com

Seperti apa bau apel busuk itu? Baunya agak manis seperti buah-buahan namun tidak sedap dan mirip dengan sampah sisa makanan. Ternyata orang yang memiliki bau napas seperti ini kemungkinan menderita diabetes tipe 1.

Menurut Journal of International Society of Preventative and Community Dentistry, aroma tersebut berkaitan dengan kurangnya kadar insulin dalam tubuh kita. Jika kondisi tersebut diiringi pula dengan tingginya gula darah, segeralah konsultasi dengan dokter.

4. Kaki yang bau menyengat

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisnewscientist.com

Bau kaki memang sesuatu yang natural. Namun sebagian orang memiliki aroma yang sangat menyengat hingga mengganggu dirinya dan lingkungan sekitar. Memang tidak selalu terjadi, namun hal ini bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang dinamakan tinea pedis.

Orang-orang lebih umum menyebutnya sebagai penyakit athlete’s foot. Selain menimbulkan aroma yang tak sedap, penyakit ini juga menyebabkan munculnya ruam kemerahan yang gatal dan panas di area kaki.

Baca Juga: 8 Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan, Ketahui Sebelum Asal Menduga

5. Bau napas seperti telur busuk

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronismedicalnewstoday.com

Pada umumnya, setelah sikat gigi dan menggunakan mouth wash, mulut akan terasa lebih segar dan wangi. Namun jika efek tersebut hanya bertahan dalam waktu yang singkat, kemudian mulutmu kembali berbau seperti telur busuk, ada kemungkinan kamu sedang mengalami penyakit pencernaan.

Aroma busuk tersebut keluar karena bakteri bernama H. pylori. Mikrobioma ini menghuni saluran pencernaan dan dapat memicu berbagai penyakit. Mulai dari GERD, penyakit celiac, radang lambung, hingga kanker perut. Salah satu cara untuk membunuh bakteri tersebut adalah dengan minum antibiotik.

6. Vagina yang berbau amis

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisindependent.co.uk

Berikutnya adalah bau yang dialami oleh perempuan. Vagina memang memiliki aroma yang khas. Namun terkadang area intim tersebut bisa mengeluarkan bau yang amis. Apa sebabnya?

Dilansir dari SELF, ini menandakan bahwa seseorang sedang mengalami bacterial vaginosis, masalah yang timbul ketika bakteri di area vagina bereaksi berlebihan. Pada umumnya ini terjadi ketika menstruasi atau setelah berhubungan seksual.

Jika aroma tersebut benar-benar sampai mengganggu aktivitas, tak ada salahnya untuk periksa ke dokter. Pada umumnya, cara untuk mengatasi bacterial vaginosis adalah dengan mengonsumsi antibiotik. 

7. Luka yang berbau aneh

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisimperial.ac.uk

Luka secara umum tidak mengeluarkan bau tertentu. Paling-paling hanya bau anyir darah saja yang tercium ketika kita mengendusnya. Namun ada luka tertentu yang mengeluarkan aroma aneh, seperti bau busuk yang bercampur darah.

Jika ini terjadi padamu, segeralah periksakan luka tersebut ke dokter. Mengutip Bustle, ini dapat mengindikasikan adanya infeksi dari bakteri, jamur, dan mikroorganisme lainnya. Infeksi akan bertambah parah jika tidak segera ditangani. 

8. Tubuh berbau ikan busuk

8 Jenis Bau Badan yang Tak Boleh Diabaikan, Tanda Penyakit Kronisberemennuyu.ru

Apakah kamu merasa urine, keringat, hingga bau napasmu berbau seperti ikan busuk atau amis? Kasus ini jarang terjadi, namun ada kemungkinan kamu menderita trimethylaminuria atau fish odor syndrome.

Ini merupakan kelainan genetik langka yang disebabkan karena enzim FMO3 gagal untuk mengolah trimethylamine dalam tubuh. Ini merupakan zat yang bisa ditemukan pada makanan seperti telur, susu, jeroan, hingga kacang-kacangan. 

Zat tersebut berbau seperti ikan busuk atau telur busuk. Maka dari itu, ketika kadarnya semakin tinggi, semua cairan tubuh pun mengeluarkan aroma yang sama dengannya. Cara terbaik untuk mengatasinya adalah menghindari makanan-makanan yang disebutkan itu. 

Walaupun masalah-masalah di atas memang benar bisa terjadi, namun kemungkinannya cukup kecil. Jika kamu merasa tubuhmu bau tidak sedap, coba ubah pola makan dan kebiasaanmu. Namun jika masalah bau tubuh tak kunjung usai dan sangat mengganggu, tak ada salahnya untuk memeriksakan diri ke dokter. 

Baca Juga: 8 Cara Mudah Membakar Kalori saat Tidur, Berat Badan Pasti Turun!

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya