Comscore Tracker

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahami

Bisa berwarna hitam?!

Saat ejakulasi, biasanya laki-laki akan mengeluarkan cairan air mani atau semen berwarna putih atau keabu-abuan. Warna tersebut adalah tanda air mani yang normal dan sehat. 

Lantas, bagaimana bila air mani yang keluar justru berwarna kuning, merah, atau hitam?! Berikut ini adalah beberapa jenis warna air mani dan tandanya yang harus kamu tahu dan pahami. Simak sampai habis, ya!

1. Berwarna putih, jernih atau abu-abu

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahamiilustrasi air mani warna putih (pexels.com/Deon Black)

Dilansir Male Fertility & Seksual Medicine Specialists, warna air mani yang normal adalah berwarna putih atau abu-abu dengan tekstur yang agak kental. Bila warnanya tidak pada kisaran warna tersebut, bisa jadi itu mengindikasikan kondisi medis tertentu.

Tekstur dan konsistensi air mani juga penting. Umumnya, teksturnya kental saat ejakulasi dan menipis seiring waktu. Bila kamu mendapati tekstur atau kekentalan air manis berubah, seperti terlalu encer atau terlalu lengket, itu juga mungkin menandakan kondisi medis tertentu.

2. Kekuningan atau hijau

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahamiilustrasi air mani berwarna kuning (gawker.com)

Dilansir Healthline, beberapa hal yang dapat menyebabkan air mani berwarna kekuningan atau kehijauan meliputi:

  • Bercampur dengan urine. Ejakulasi setelah buang air kecil dapat menyebabkan warna air mani menjadi kuning. Jika kondisi ini hanya terjadi sekali, maka tidak perlu dikhawatirkan.

  • Jaudice atau penyakit kuning. Penumpukan kadar bilirubin yang tinggi dalam darah akan membuat bagian putih mata, kuku, bahkan air mani menjadi kuning. Gejala lainnya meliputi seperti demam, sakit perut, dan meriang (merasa badan panas dingin).

  • Leukositospermia. Ini adalah kondisi ketika terlalu banyak sel darah putih di air mani, sehingga membuat air mani menjadi berwarna kuning. Penyebabnya antara lain penyakit menular seksual, infeksi prostat (prostatitis), dan penyakit autoimun.

Baca Juga: Tahu Nggak Air Mani dan Sperma Itu Berbeda? Ini 13 Fakta Uniknya

3. Merah muda atau kemerahan

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahamiilustrasi air mani berwarna merah (pexels.com/Karolina Grabowska)

Melihat air mani berwarna merah muda atau kemerahan tentu bisa bikin khawatir baik bagi laki-laki maupun pasangannya. Dilansir Harvard Health Publishing, beberapa penyakit yang dapat menyebabkan air mani berubah warna menjadi merah muda atau kemerahan di antaranya:

  • Penyakit menular seksual, seperti herpes, gonore, dan klamidia
  • Infeksi saluran kencing
  • Atau melakukan masturbasi yang terlalu sering atau kasar

Selain itu, dilansir Medical News Today, bisa juga penyebabnya adalah:

  • Pembuluh darah pecah
  • Masalah prostat seperti peradangan prostat, operasi prostat, setelah biopsi prostat, dan kanker prostat
  • Tekanan darah tinggi

4. Kecokelatan

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahamiilustrasi air mani berwarna cokelat (pexels.com/Dids)

Dilansir Healthline, air mani yang berwarna kecokelatan sebetulnya disebabkan oleh adanya darah pada air mani (hematospermia). Hanya saja darah tersebut sudah cukup lama berada di dal tubuh dan terpapar oleh oksigen.

Air mani terdiri dari sperma dari epididimis distal dan cairan dari vesikula seminalis, prostat, dan kelenjar Cowper dan bulbourethral. Dengan demikian, lesi di mana saja di sepanjang jalur termasuk bisa memasukkan darah ke dalam air mani.

5. Hitam

5 Tanda Warna Air Mani yang Penting untuk Kamu Pahamiilustrasi air mani berwarna hitam (pexels.com/Carolina Roeper)

Sama halnya dengan air mani yang berwarna kecokelatan, warna hitam pada air mani juga disebabkan oleh darah. Darah yang terlalu lama mengendap dalam tubuh sebelum dikeluarkan bisa membuat warna air mani menjadi gelap.

Penyebab lain dari air mani berwarna hitam di antaranya:

  • Riwayat cedera, seperti cedera tulang belakang atau trauma pada bagian alat kelamin
  • Dalam beberapa kasus, kadar logam berat yang tinggi dalam tubuh dan darah dapat menyebabkan air mani berwarna gelap. Paparan logam berat dapat disebabkan oleh makanan, air atau lingkungan yang terkontaminasi oleh logam.

Perubahan warna air mani dapat menjadi tanda adanya penyakit. Jika perubahan warna dan teksturnya sudah terjadi berkali-kali dan disertai gejala tak biasa seperti demam, sakit perut, dan nyeri pada kemaluan, sebaiknya periksakan diri ke dokter agar bisa segera diketahui penyebabnya dan mendapat penanganan yang sesuai.

Baca Juga: 7 Tanda Laki-laki Memiliki Sperma Sehat, Ketahui Yuk!

I am Lavennia Photo Verified Writer I am Lavennia

"Earth" without "Art" is just "Eh"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya