Comscore Tracker

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!

Tertarik mencoba?

Susah tidur menjadi masalah yang dialami oleh semua orang. Dan untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba beberapa solusi. Salah satunya adalah dengan meminum segelas susu hangat sebelum tidur.

Menurut healthline.com, segelas susu hangat juga akan membuat tubuh kamu jadi lebih rileks dan membuat kantuk datang lebih cepat. Tapi susu bukan satu-satunya minuman yang bisa membuat kamu tidur nyenyak. Selain susu, kamu juga bisa lho mencoba salah satu dari lima jenis teh di bawah ini!

1. Chamomile tea

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!medicalnewstoday.com

Chamomile tea menjadi teh pertama yang bisa kamu coba. Ini karena, chamomile tea memiliki kandungan "obat penenang" alami bernama apigenin yang berfungsi untuk mengurangi kecemasan dan membuat kamu merasa lebih tenang sebelum naik ke tempat tidur. Waktu terbaik untuk meminum teh ini beberapa menit sebelum tidur atau paling tidak, 30 menit sebelum tidur.

2. Valerian root

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!healthline.com

Valerian root mungkin terdengar asing di Indonesia, tapi di Inggris, tanaman ini sudah digunakan sejak Perang Dunia II untuk mengobati tentara yang mengalami gangguan kecemasan. Saat ini, valerian root atau akar valerian adalah salah satu obat herbal paling populer di Inggris dan Amerika Serikat yang digunakan untuk mengatasi gangguan tidur seperti insomnia.

Biasanya valerian root ini sudah dikeringkan sehingga bisa direbus dan diminum sebagai teh. Agar tidurmu nanti malam lebih nyenyak, kamu bisa meminumnya 30 menit hingga 2 jam sebelum tidur.

3. Lavender tea

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!youthincmag.com

Lavender awalnya berasal dari wilayah Mediterania sebelum akhirnya menyebar ke seluruh dunia. Di zaman Yunani Kuno, orang-orang sering menambahkan lavender ke bak mandi agar bisa menghirup aromanya yang menenangkan. Kamu juga bisa mencontoh orang-orang dulu nih!

Selain menambahkannya ke bak mandi, kamu bisa mengkonsumsinya dalam bentuk teh. Aroma lavender membuat siapa pun merasa lebih tenang, bahkan menurunkan denyut jantung dan membuat kamu jauh lebih rileks sebelum tidur.

Baca Juga: Cermati dan Tak Sama Lho! Ini Beda Thai Tea, Teh Tarik, dan Teh Susu

4. Lemon balm tea

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!vaya.in

Lemon balm bukan hanya dijadikan bahan utama dalam pembuatan aroma therapy, daun lemon balm kering juga bisa diseduh menjadi teh. Hal inilah yang dilakukan oleh orang-orang di Abad Pertengahan ketika mereka sulit tidur.

Aroma lemon balm yang menyegarkan ternyata juga ampuh untuk meredakan stres, meningkatkan nafsu makan, dan membantu orang-orang cepat terlelap ke alam mimpi. Untuk mendapatkan hasil maksimal, kamu bisa meminum lemon balm tea setelah makan malam.

5. Passionflower tea

5 Jenis Teh Ini Bikin Kamu Mudah Terlelap, Dijamin Nyenyak!teles-relay.com

Passionflower tea terbuat dari daun, dan bunga passiflora kering. Tanaman ini sendiri berasal dari Amerika Utara dan sudah lama dikenal karena kemampuannya dalam meningkatkan kualitas tidur.

Ini karena passionflower dapat meningkatkan gamma-aminobutyric (GABA) di otak. GABA adalah asam amino alami yang dapat memberi efek menenangkan sistem saraf sehingga kamu bisa tidur dengan cepat. Kamu bisa meminum teh ini sebelum tidur ya!

Beberapa jenis teh diatas memang terdengar sedikit asing. Tapi jangan remehkan khasiatnya ya! Selain membuat kamu bisa tidur lebih cepat, meminum teh sebelum tidur juga akan membuat fikiranmu jadi jauh lebih tenang setelah seharian bekerja.

https://www.thegoodbody.com/teas-to-help-you-sleep/
https://www.healthline.com/nutrition/teas-that-help-you-sleep#1

Baca Juga: 5 Jenis Teh yang Dikonsumsi Tepat Sesuai dengan Jadwalnya

Siti Marliah Photo Verified Writer Siti Marliah

instagram.com/sayalia

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya