Comscore Tracker

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!

Jangan sampai kamu kena salah satunya ya...

"Mata adalah jendela hati." — menurut pepatah lama.

Namun ada benarnya juga, ketika kita ingin memastikan kondisi seseorang, kita melihat matanya. Tidak hanya kondisi kesehatan tubuh atau mental yang bisa dilihat dari mata seseorang, mata sendiri pun bisa mengalami berbagai bentuk gangguan kesehatan. 

Gangguan penglihatan hingga kebutaan masih menjadi momok kesehatan serius khususnya pada kelompok lansia. Namun bukan tidak mungkin gangguan atau penyakit mata ini menyerang generasi muda.

Ancaman berbagai macam penyakit mata pun seolah menghantui karena dapat menyerang kapan saja. Berikut ini 7 penyakit mata yang patut diwaspadai, karena paling umum menyerang orang Indonesia.

1. Refraksi mata

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!ct-eyecare.com

Masalah refraksi mata adalah gangguan penglihatan yang menyebabkan cahaya masuk ke dalam mata, namun tidak terpusat langsung pada retina. Gejala umum dari refraksi mata adalah ketidakmampuan melihat benda dengan jelas (baik jauh atau dekat), pandangan kabur atau berbayang, hingga kepala terasa pusing saat memfokuskan titik penglihatan pada satu obyek.

2. Mata merah

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!parenting.firstcry.com

Penyakit mata merah kerap menyerang orang Indonesia akibat paparan asap polusi, alergi, paparan zat kimia, hingga infeksi virus dan bakteri. Biasanya orang yang terkena penyakit ini akan merasa nyeri, gatal, berair, hingga pembengkakan di sekitar area mata. Penularannya bisa melalui udara, tapi tidak bisa hanya dengan sekadar bertatapan ya.

3. Belekan

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!as.com

Penyakit mata yang satu ini disebabkan oleh infeksi virus dan infeksi bakteri. Gejala belekan yang paling umum adalah bulu mata yang saling menempel dan kedua mata sulit dibuka pada saat bangun tidur. Hal ini karena banyaknya kotoran pada mata yang mengakibatkan bulu mata menjadi lengket.

Baca Juga: Wanita Lebih Mudah Terkena, Cegah Penyakit Mata dengan 5 Tips Ini

4. Katarak

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!everydayhealth.com

Katarak adalah salah satu jenis kerusakan mata yang menyebabkan lensa mata berselaput dan rabun. Akibatnya, lensa mata akan menjadi keruh dan cahaya tidak dapat menembusnya. Penderita gangguan mata katarak akan mengalami penglihatan buram, ketajaman penglihatan berkurang, bahkan sensitivitas kontras yang menghilang.

5. Pterigium

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!klikdokter.com

Pterigium adalah gangguan mata akibat adanya selaput lendir yang menutupi bagian putih mata. Penyakit ini biasa terjadi akibat paparan radiasi sinar matahari. Gejala penyakit ini ialah munculnya mata merah, pandangan kabur, serta mata yang terasa gatal atau panas.

6. Glaukoma

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!patientuniverse.com

Pada dasarnya terdapat dua jenis glaukoma, yaitu glaukoma sudut terbuka primer dan galaukoma sudut tertutup. Penyakit glaukoma mengikis dan merusak saraf optik yang menunjang penglihatan. Akibatnya, penyakit mata yang satu ini menyumbang angka kebutaan di Indonesia sebesar 13,4 persen.

7. Dakriosistitis

7 Macam Penyakit Mata yang Umum Menyerang Orang Indonesia, Hati-hati!amritsareyeclinic.com

Dakriosistitis adalah infeksi kantung air mata yang menimbulkan nyeri, warna merah dan bengkak, bahkan bisa mengeluarkan nanah. Penyakit ini biasa disebabkan oleh penyumbatan yang terjadi pada saluran yang mengalirkan air mata ke hidung. 

Nah, itulah 7 penyakit mata yang paling umum menyerang orang Indonesia. Mari kenali jenis penyakitnya, agar bisa mengetahui dan mencegah penyebabnya!

Memperingati HUT ke-75 tahun Kemerdekaan Republik Indonesia, IDN Times meluncurkan kampanye #MenjagaIndonesia. Kampanye ini didasarkan atas pengalaman unik dan bersejarah bahwa sebagai bangsa, kita merayakan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan RI dalam situasi pandemik COVID-19, di mana kita bersama-sama harus membentengi diri dari serangan virus berbahaya. Di saat yang sama, banyak hal yang perlu kita jaga sebagai warga bangsa, agar tujuan proklamasi kemerdekaan RI, bisa dicapai.

Baca Juga: Apa Sakit Mata Bisa Menular Melalui Tatapan? Ini Kata Para Ahli Medis!

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya