Comscore Tracker

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kalium

Cegah kalium turun dengan hal berikut

Kalium merupakan elemen penting yang dibutuhkan untuk tubuh. Manfaat kalium itu sendiri untuk mengendalikan tekanan darah, menyeimbangkan kadar cairan dalam tubuh, dan mengendalikan kinerja jantung.

Dilansir laman Healthline, kekurangan kalium bisa memberikan efek yang beragam, seperti mudah lelah dan menyebabkan otot lemas. Oleh karena itu, kita harus mencegahnya dengan melakukan enam hal ini agar kita bisa terhindar dari kekurangan kalium!

1. Jangan berlebihan mengonsumsi makanan pedas!

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash.com/oelli

Memang makanan pedas akhir-akhir ini menjadi makanan yang paling dicari dan paling banyak dinikmati. Namun, jika dikonsumsi berlebihan, akan mengganggu kesehatan, bukan? Hal itu terjadi terutama bagi yang sedang mengalami penurunan kalium. Sebaiknya, hindari dulu makanan pedas sementara, ya.

2. Jangan terlalu lelah jika kalium sedang mengalami penurunan

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash.com/AdrianSwancar

Beraktivitas seperti biasanya boleh, tetapi jangan lupa untuk istirahat sebentar jika memang kamu sangat lelah. Karena bila terlalu lelah, itu akan berakibat pada penurunan kalium yang ada di tubuh!

Jika kalium turun, otomatis tubuh kamu akan merespons dengan gejala, seperti otot lemas dan jantung berdebar.

3. Jangan lupa untuk minum vitamin sesuai anjuran dokter

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash.com/kaylamaurais

Selain makanan yang mengandung sumber kalium tinggi, jangan lupa juga untuk meminta obat atau vitamin dari dokter! Hal itu dapat membantu kenaikan kalium di tubuh kita.

Jika kalium di tubuh mencukupi, otomatis kamu akan terhindar dari gejala-gejala penurunan kalium.

Baca Juga: 7 Khasiat Minum Kopi Setiap Hari, Cegah Kanker dan Bikin Panjang Umur 

4. Konsumsi makanan yang mengandung kalium tinggi!

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash.com/LarsBlankers

Mengonsumsi makanan yang mengandung sumber kalium tinggi itu sangat penting, apalagi bagi kamu yang sedang mengalami penurunan kalium! Itu sangat membantu kenaikan kalium di dalam tubuh.

Banyak sekali makanan yang mengandung sumber kalium tinggi, contohnya kentang! Kentang memiliki sumber kalium paling tinggi sesudah pisang.

5. Istirahat yang cukup

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash/GregoryPappas

Selain dapat memulihkan tenaga, istirahat yang cukup dapat menjaga keseimbangan sumber kalium yang ada pada tubuh! Istirahatlah yang banyak. Itu sangat cukup untuk kamu yang sedang mengalami kekurangan kalium.

Jangan tidur larut malam. Itu karena saat bangun pagi, kamu akan merasa lemas! Ditambah lagi saat kalium turun, itu akan menambah rasa lemas dan lelah yang ada di tubuh kamu.

6. Banyak minum air putih

Gampang Capek dan Lelah? Mungkin Kamu Kekurangan Kaliumunsplash.com/SamaraDoole

Banyak sekali manfaat minum air putih. Selain dapat menghilangkan rasa haus, air putih juga sangat penting jika kamu sedang mengalami penurunan kalium! Perbanyak konsumsi air putih dari biasanya. Ini akan cukup membantu kamu untuk menghilangkan rasa lemas dan lelah. Namun, perlu juga diseimbangkan dengan asupan makanan.

Itulah enam hal yang harus dilakukan ketika kamu sedang mengalami penurunan kalium. Hindari hal-hal yang berakibat tidak baik pada tubuh! Lalu, lakukan hal-hal yang membuat peningkatan kalium seperti yang dijelaskan di atas, ya.

Baca Juga: Tak Sembarang Masker Bisa Cegah Virus Corona, Kenali Jenis yang Tepat!

Tiya Ananta Photo Verified Writer Tiya Ananta

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya