Comscore Tracker

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahir

Halo bayi, selamat datang di dunia!

Setelah menanti selama 9 bulan 10 hari, akhirnya si kecil yang ditunggu-tunggu datang di dunia! Semua orang pun menyambutnya dengan bahagia dan penuh sukacita.

Sebagai orang tua baru, terkadang ada yang masih bingung tentang cara merawat bayi baru lahir. Menjadi orang tua adalah proses belajar yang tak pernah berhenti sepanjang masa.

Tahukah kamu fakta-fakta menarik seputar bayi baru lahir? Tambah pengetahuanmu lewat artikel berikut ini! Happy reading!

1. Banyak bayi yang dilahirkan dengan tanda lahir

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirgazetashneta.com

Tak usah khawatir dengan tanda lahir yang ada pada bayi yang baru dilahirkan. Sebab, 1/3 bayi dilahirkan dengan tanda lahir.

Bercak lahir ini biasanya berwarna merah muda dan akan menghilang dengan sendirinya dalam kurun waktu enam bulan, jelas laman Baby Centre. So, you don't have to worry about the birthmark!

2. Bayi baru bisa tersenyum setelah berusia 2-3 bulan

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirkidspot.com

Jangan berharap mendapat senyuman manis dari bayi yang baru dilahirkan. Sebab, bayi baru bisa tersenyum setelah berusia 2-3 bulan!

Senyuman refleks bayi akan terlihat di usia 2 bulan, sementara senyuman pertamanya baru akan muncul di usia 6-12 minggu. Lantas, apa perbedaan antara senyuman refleks dan senyuman sebenarnya?

Menurut laman Parents, senyum refleks memiliki durasi lebih singkat dan terjadi secara acak, misalnya saat bayi sedang tidur atau lelah. Sementara, senyuman sebenarnya merupakan respons bayi terhadap sesuatu, misalnya ketika bayi melihat senyum ibu atau ketika mendengar suara-suara lucu.

3. Penglihatan bayi baru lahir sangat buruk!

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirsci-news.com

Saat baru dilahirkan, bayi hanya bisa melihat dengan jelas pada jarak antara 20-30 cm, ungkap laman Baby Centre. Sementara, objek lain di luar rentang jarak itu akan buram.

Kemudian, di umur 1-2 bulan, bayi mulai bisa memfokuskan pandangannya pada objek. Seiring berjalannya waktu, penglihatan bayi akan semakin membaik.

4. Jumlah tulang bayi lebih banyak daripada orang dewasa

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirbabybjorn.com

Tahukah kamu kalau bayi yang baru dilahirkan memiliki tulang berjumlah 300 buah? Sementara, orang dewasa memiliki 206 buah tulang.

Saat bayi tumbuh, tulang-tulang ini akan menyatu. Itulah mengapa jumlah tulangnya akan semakin berkurang saat bayi tumbuh dewasa, terang laman Baby Centre.

5. Mandikan secara kering sampai tali pusarnya lepas

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirbabycenter.com

Memandikan bayi baru lahir ada aturannya, lho! Disarankan untuk memandikan bayi secara kering sampai tali pusarnya jatuh.

Lebih baik, lap bayi dengan kain basah selama 2 minggu pertama kehidupannya. Tidak disarankan untuk memandikan bayi dengan air ketika tali pusarnya belum terlepas, ungkap laman Parents.

Baca Juga: 10 Manfaat Pijat Bayi yang Baru Lahir dan Bagus Tuk Orang Tua

6. Saat baru dilahirkan, ukuran lambung bayi hanya sebesar kacang hazelnut!

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirmotherandbaby.co.uk

Bayi baru lahir memiliki ukuran tubuh yang mungil, termasuk perutnya. Ukuran lambungnya hanya sebesar kacang hazelnut!

Lalu, ukurannya akan membesar menjadi seukuran buah aprikot di hari ke-7 dan berubah menjadi sebesar telur ayam pada hari ke-14, terang laman Baby Centre. Meski ukuran perutnya kecil, bayi sangat cepat lapar, lho!

7. Jangan cemas ketika berat badan bayi turun karena ini normal!

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahiryoutube.com

Para orang tua baru mungkin akan cemas ketika berat badan bayinya turun. Jangan khawatir, ini hal yang normal kok!

Bayi akan kehilangan 5-8 persen berat badannya di minggu pertama dan akan kembali naik di minggu kedua, tegas laman Parents. Banyak buang air besar adalah alasan mengapa berat badan bayi turun. 

8. Kulit bayi yang kering dan mengelupas adalah hal yang wajar

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirwebmd.com

Saat baru dilahirkan, kita akan merasakan kulit bayi yang lembut dan halus. Namun, seiring berjalannya waktu, kulit itu akan jadi kering dan mengelupas. Tenang, jangan panik dulu!

Dokter anak Laura Jana, M.D mengungkapkan dalam laman Parents bahwa ini adalah hal yang wajar. Ini adalah bentuk adaptasi bayi dari kehidupan di rahim dan di dunia. Untuk mengatasi kulit yang mengelupas, bisa memakai lotion bayi hipoalergenik.

9. Bentuk kotoran bayi akan berubah

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirclevelandclinic.org

Saat baru dilahirkan, kotoran bayi terbuat dari zat lengket berwarna gelap yang disebut meconium. Sementara itu, bayi yang diberi ASI ekslusif, buang air besarnya tidak terlalu bau apabila dibandingkan dengan bayi yang diberi susu formula, jelas laman Baby Centre. Intensitas buang air besar bayi dipengaruhi oleh seberapa banyak susu yang ia minum.

10. Bayi baru lahir bisa tidur hingga 18 jam sehari!

Pertama Kali Jadi Orangtua? Wajib Tahu 10 Fakta Unik Bayi Baru Lahirpregistry.com

Beberapa bulan pertama setelah dilahirkan, bayi akan banyak tidur. Setiap harinya, bayi akan tidur selama 14-18 jam dan akan bangun setiap 2-3 jam sekali untuk menyusu.

Lalu, saat usianya 4 bulan, waktu tidur bayi akan berkurang menjadi 10-12 jam dalam sehari. Bayi akan belajar perbedaan antara siang dan malam lalu secara alami akan tertidur ketika ruangan gelap dan menjadi sunyi, ungkap laman Baby Centre.

Nah, itulah 10 fakta menarik tentang bayi baru lahir. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan untuk para orang tua baru, ya!

Baca Juga: 9 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyiapkan Susu Formula Bayi

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Just For You