Comscore Tracker

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lama

Sesekali bangun dari kursi beberapa menit, ya!

Di zaman yang serba cepat dan canggih seperti sekarang memungkinkan seseorang  bekerja di depan layar komputer bahkan menghabiskan waktu selama berjam-jam untuk duduk, terutama bagi pekerja kantoran. Nah, gak hanya bekerja, tapi beristirahat sambil menonton film kesukaan biasanya juga membuatmu lupa waktu hingga duduk dalam waktu yang lama, bukan?

Gak ada yang salah jika kamu duduk untuk bekerja ataupun beristirahat. Namun, jika kamu duduk dalam waktu yang lama tanpa bangun dari kursi sekalipun itulah yang akan berisiko pada kesehatanmu. Apalagi jika kamu melewatkan olahraga dan pola hidup sehat.

Efek yang muncul akibat duduk terlalu lama biasanya sakit dan kaku di bagian leher dan punggung. Namun jika kamu melakukan kebiasaan ini terus menerus, risikonya pun akan semakin berbahaya bagi kesehatan. Agar kamu gak malas bergerak, perlu kamu ketahui berikut ini adalah enam bahaya akibat duduk terlalu lama.

1. Memicu depresi

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi wanita pusing (pexels.com/Yan Krukov)

Dilansir laman Better Health bahwa orang yang terlalu lama duduk lebih tinggi mengalami risiko gangguan kecemasan atau depresi, diketahui seseorang yang menghabiskan banyak waktu untuk duduk akan kehilangan efek positif dari aktivitas fisik dan kebugaran.

Jadi, luangkanlah sedikit waktumu untuk bergerak atau bangun dari kursi untuk beberapa menit sekalipun kamu sedang sibuk melakukan pekerjaan di depan layar komputer. Walaupun begitu, masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk memahami hubungan antara duduk yang terlalu lama dengan munculnya depresi. 

2. Sakit leher, pinggul, dan punggung

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi sakit punggung (pexels.com/Karolina Grabowska)

Bukan hal yang mengejutkan lagi jika duduk terlalu lama memicu masalah pada bagian leher, pinggul dan punggung. Tentu itu akan terasa nyeri dan menyakitkan.

Jika kamu duduk dalam waktu yang lama maka pinggul dan punggungmu tidak akan kuat menopang. Duduk menyebabkan otot fleksor pinggulmu memendek, inilah yang dapat menyebabkan masalah dengan sendi pinggulmu. Selain itu, sakit pada punggung tidak bisa kamu hindari terutama saat kamu duduk dengan postur yang tidak nyaman, dilansir laman Better Health.

3. Varises

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi kaki (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Gak hanya masalah kesehatan pada bagian leher, pinggul, dan punggung, nyatanya duduk terlalu lama dapat meningkatkan tekanan pembuluh darah di vena yang dapat terlihat pada permukaan kulit. Hal ini sering terlihat pada bagian kaki. Masalah kesehatan ini sering disebut dengan varises.

Hopkins Medicine melansir bahwa duduk terlalu lama dapat menyebabkan varises. Hal ini terjadi akibat darah yang bergerak menuju jantung melalui katup satu arah di vena. Ketika katup menjadi lemah atau rusak, darah dapat terkumpul di pembuluh darah. Inilah yang memicu pembuluh darah semakin membesar. 

Untuk menghindari terjadinya varises, olahraga dan pola makan yang sehat dapat membantu sirkulasi darah di bagian kaki menjadi lebih baik. Namun, jika ada gejala yang kurang baik akibat varises, segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan pengobatan, ya.

Baca Juga: 5 Manfaat Sehat Mengonsumsi Ikan, Bisa Turunkan Risiko Depresi 

4. Meningkatkan risiko obesitas

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi perut buncit (pixabay.com/jarmoluk)

Dampak buruk akibat duduk terlalu lama selanjutnya adalah memicu peningkatan berat badan secara berlebihan. Tentunya ini juga berkaitan dengan penyakit diabetes.

Healthline melansir bahwa seseorang yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk duduk memiliki 112 persen peningkatan risiko diabetes. Dalam sebuah penelitian, melihat efek istirahat di tempat tidur hanya dalam lima hari, peneliti melihat bahwa terjadi peningkatan resistensi insulin.

Sementara itu David A. Alter, M.D., Ph.D., ketua penelitian kardiovaskular dan metabolisme di Institut Rehabilitasi UHN-Toronto, mengatakan dalam laman Prevention bahwa kamu membakar lebih sedikit kalori ketika duduk. Selain itu, kemampuan hormon insulin untuk memindahkan glukosa dari darah dan masuk ke dalam sel dapat menurun saat kamu duduk dalam waktu yang lama.

5. Gangguan pembekuan darah

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi pria duduk (pexels.com/Kate Trifo)

Bahaya selanjutnya yang gak bisa disepelekan dari kebiasaan duduk terlalu lama adalah meningkatnya risiko gangguan pembekuan darah. Hal ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang diterbitkan oleh British Medical Journal.  Studi itu menemukan bahwa wanita yang duduk selama lebih dari 40 jam per minggu memiliki risiko lebih dari dua kali lipat gumpalan bergerak ke paru-paru mereka dibandingkan dengan mereka yang duduk kurang dari 10 jam.

6. Meningkatkan risiko penyakit kronis

Jangan Malas Bergerak, Ini 6 Bahaya Akibat Duduk Terlalu Lamailustrasi tes diabetes (pixabay.com/TesaPhotography)

Siapa sangka menghabiskan sebagian hari untuk duduk dalam waktu yang lama juga berpotensi meningkatkan penyakit kronis. Risiko yang bisa terjadi adalah penyakit jantung, diabetes, bahkan kanker. Tentu kamu harus lebih waspada akan hal ini.

Healthline melansir bahwa perilaku sedenter atau gaya hidup tidak aktif berkaitan dengan lebih dari 30 penyakit dari kondisi kronis. Hal ini termasuk peningkatan risiko diabetes tipe 2 sebesar 112 persen dan peningkatan risiko penyakit jantung sebesar 147 persen.

Penelitian juga menunjukkan bahwa duduk terlalu lama berpotensi memicu diabetes tipe 2. Sementara itu, Journal of the National Cancer Institute melaporkan bahwa untuk setiap tambahan 2 jam per hari yang dihabiskan untuk duduk, risiko kanker usus besar dan endometrium meningkat.

Nah, itulah tadi beberapa bahaya duduk terlalu lama bagi kesehatan, nih. Jadi jangan habiskan seharian waktumu untuk berdiam di atas kursi, ya! Jangan sampai karena terlalu asyik menonton televisi atau mungkin pekerjaan yang mengharuskanmu duduk di depan komputer  dalam waktu yang lama malah berdampak buruk bagi metabolisme tubuhmu. 

Inilah mengapa pentingnya untuk tetap aktif bergerak setidaknya bangun dari kursi setiap 30 menit. Selain itu olahraga yang cukup, atur pola makan sehat atau melakukan hobi yang memungkinkanmu untuk bergerak dapat membantu tubuh agar tetap fit dan bugar.

Baca Juga: Sama Bahayanya, Ini Perbedaan Diabetes Tipe 1 dan Diabetes Tipe 2

Vera Yunii Photo Verified Writer Vera Yunii

Senang menulis untuk berbagi informasi :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira

Berita Terkini Lainnya