Comscore Tracker

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta Karoten

Buah buruan favorit saat Ramadan

Blewah merupakan buah sejenis dengan melon yang memiliki kandungan air mencapai 90%. Saat Ramadan, buah ini menjadi buruan paling favorit untuk dibuat berbagai olahan minuman segar. Rasanya yang manis dan wanginya yang khas menjadi alasan utama semua orang menyukai buah blewah.

Buah ini terkenal dengan kandungan beta karotennya yang lumayan baik. Ternyata ada banyak nutrisi lain yang dikandung blewah. Zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh terdapat pula pada blewah.

Berikut kandungan nutrisi yang ada pada blewah.

1. Kandungan karbohidrat pada blewah

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta KarotenInstagram.com/ajoe_chan

Blewah memiliki kandungan karbohidrat sejumlah 14,4 gram dalam satu porsi blewah. Karbohidrat pada blewah ditemukan dalam bentuk gula fruktosa sehingga memberikan gula alami untuk tubuh. Zat ini memberikan kalori sekitar 60 kalori untuk satu cangkir blewah. Selain itu, serat pada blewah akan memenuhi 1,6 gram kebutuhan harianmu. Indeks glikemik blewah mencapai angka 5. Ini merupakan nilai yang rendah sehingga tidak berpengaruh besar pada level insulin atau kadar gula dalam darah.

2. Kaya akan beta karoten

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta KarotenInstagram.com/_ellinda

Blewah memiliki kandungan beta karoten yang sangat baik. Beta karoten diubah menjadi vitamin A yang baik untuk kesehatan mata, kulit dan fungsi neurologis. Zat ini digunakan sebagai anti oksidan alami yang membantu tubuh melawan berbagai masalah kesehatan. Penyakit jantung dan kanker dapat diminimalisir dengan kandungan beta karoten pada blewah. Kamu dapat mengonsumsi buah blewah ini dalam bentuk minuman yang segar agar mendapatkan manfaatnya.

3. Membantu penuhi kebutuhan cairan harian

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta KarotenPixabay.com/arinaja

Kandungan air pada blewah mencapai 90 %. Ini dapat menghidrasi tubuh dan mengoptimalkan proses oksigenasi sel. Proses ini penting dalam menjaga fungsi metabolisme dan kesehatan jantung. Mengonsumsi buah blewah akan memenuhi kebutuhan cairan harian yang kamu butuhkan. Rasanya yang segar memberikan manfaat lain yang dapat dirasakan oleh tubuh. Apalagi saat puasa, buah ini bantu kamu agar tidak dehidrasi.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasa

4. Mengandung vitamin C yang baik

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta Karotenmedanbisnisdaily.com

Blewah mengandung vitamin C yang dapat digunakan sebagai antioksidan alami. Vitamin ini akan membantu tubuh untuk membuat kolagen yang menjadi protein penting untuk menjaga kekuatan tulang dan kulit. Selain itu, vitamin C dapat dijadikan penyembuh luka dengan kandungan antioksidan tersebut. Menambahkan blewah ke dalam menu harianmu harus kamu coba nih.

5. Tidak ada lemak pada blewah

5 Fakta Nutrisi Blewah, Si Bulat Kaya Beta KarotenPixabay.com/congerdesign

Blewah memiliki banyak serat yang baik. Hampir tidak ada lemak yang terdapat dalam blewah. Ini baik untuk menambahkan blewah pada menu dietmu. Blewah juga memiliki protein dalam jumlah yang sedikit. Kandungan ini memberikan pengaruh yang baik untuk tubuh, meskipun tidak terlalu signifikan. Makanan yang rendah lemak akan membantu menurunkan berat badan. Ini juga baik dalam melancarkan pencernaan.

Fakta-fakta nutrisi pada blewah ini harus kamu manfaatkan untuk menjaga kesehatanmu. Tips memilih blewah yang baik, pilih blewah yang memiliki warna oranye atau krem. Blewah yang berwarna hijau menunjukkan buah yang masih mentah. Yuk, mulai mengolah blewah sebagai menu tambahan pada hidanganmu.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Buah Blewah yang Segar untuk Buka Puasa

Nurul Aulia Photo Verified Writer Nurul Aulia

Ketika dia sedang tidak menulis, kamu akan menemukan dia sedang sibuk rebahan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya