Comscore Tracker

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahu

Yuk, biasakan mulai sekarang!

Siapa tak suka menikmati segarnya air kelapa. Yup, tak hanya segar disantap saat hari sedang panas-panasanya, air kelapa ternyata memiliki banyak manfaat bagi tubuh lho. Pasalnya selain mengandung karbohidrat dalam bentuk gula dan elektrolit, air kelapa juga memiliki kalori yang sangat rendah sehingga tak berbahaya bagi tubuh.

Nah, mau tahu lebih jelasnya tentang apa saja manfaat air kelapa bagi tubuh? Dalam artikel ini akan dijelaskan lebih detil dan pastinya kamu akan semakin yakin untuk rutin mengonsumsi air kelapa secara rutin. Yuk, simak!

1. Air kelapa sebagai anti oksidan

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahuunsplash.com/Sebastien Gabriel

Setiap kali tubuh melakukan aktivitas, termasuk berpikir sekalipun, tubuh akan menarik radikal bebas dalam proses metabolisme. Radikal bebas inilah yang kemudian menyebabkan penurunan sistem kekebalan tubuh sehingga mendatangkan penyakit. Maka dari itu, diperlukan senyawa antioksidan untuk melawan radikal bebas.

Nah dalam hal ini, konsumsi air kelapa sangat disarankan bagi kamu. Pasalnya, kandungan vitamin c yang terdapat dalam air kelapa dapat digunakan atau berfungsi sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel tubuh dan menetralkan radikal bebas.

2. Mampu menjadi anti aging bagi kulit

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahuthehealthy.com/

Air kelapa mengandung zat sitokinin yang dapat berfungsi sebagai anti aging. Hal ini diperlukan oleh tubuh untuk mencegah penuaan pada kulit. Dengan demikian kulit tidak akan cepat keriput dan terjaga kesegaran atau kelembapannya. 

Selain itu, air kelapa juga banyak mengandung mineral seperti zat besi, kalsium, mangan, magnesium, dan seng. Bahkan tingginya kandungan mineral dalam air kelapa ini melebihi kandungan mineral dalam buah jeruk. Jadi, air kelapa sangat disarankan untuk dikonsumsi demi menjaga kesehatan kulitmu.

3. Air kelapa berfungsi mencegah timbulnya jerawat

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahusteemit.com

Air kelapa memiliki senyawa lauric acid yang dapat mencegah dan menghilangkan jerawat maupun noda jerawat. Lauric acid memiliki sifat anti bakteri maupun anti inflamasi, sehingga bagi yang mempunyai kulit sensitif tidak perlu khawatir untuk mengonsumsinya.

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan yang Perlu Kamu Ketahui

4. Meringankan gejala keracunan

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahuhealthline.com/

Saat mengalami gejala keracunan, biasanya seseorang akan diminta untuk meminum air kelapa demi meringankan gejala keracunan. Apalagi jika gejala keracunan diikuti oleh diare, maka otomatis akan menyebabkan tubuh dehidrasi dan kekurangan zat elektrolit. Nah, air kelapa mempunyai kandungan berbagai zat elektrolit seperti fosfor, kalium, kalsium dan magnesium.

Kandungan zat elektrolit yang terdapat dalam air kelapa jumlahnya memang lebih banyak daripada air putih. Air kelapa murni ini juga akan membantu proses detoksifikasi racun yang kemudian akan dikeluarkan melalui saluran pencernaan.

Anjuran mengonsumsi air kelapa murni saat mengalami keracunan adalah dua gelas, dikarenakan air kelapa ini sifatnya hanya untuk meringankan gejala keracunan. Dengan begitu, seseorang yang mengalami keracunan tidak akan merasakan lemas akibat dehidrasi, sehingga pengobatan dan tindakan medis lanjutan tetap bisa dan harus dilakukan.

5. Berfungsi sebagai toner alami rambut

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahuen.indian-ocean-times.com

Air kelapa dapat digunakan untuk melakukan perawatan rambut. Selain menjadikan rambut lebih kuat dan tidak mudah rontok, air kelapa juga dapat menjaga warna rambut agar tetap berwarna hitam pekat. Hal ini dikarenakan air kelapa memiliki kandungan asam amino yang terdiri dari zat alanin, arginin, cystenin, dan serin yang kaya akan protein. Asam amino ini digunakan untuk menghidrasi rambut.

Cara penggunaannya cukup sederhana yakni pijat kulit kepala dengan menggunakan air kelapa selama 10 menit. Kemudian setelah pijatan merata, diamkan selama 20 menit lalu bilas menggunakan air. Lakukan perawatan ini seminggu sekali dan lihat perubahannya pada rambutmu.

6. Membantu menurunkan darah tinggi

6 Manfaat Rutin Konsumsi Air Kelapa, Belum Banyak yang Tahufreepik.com/

Air kelapa dapat membantu untuk menurunkan hipertensi atau darah tinggi. Hal ini dikarenakan kandungan kalium yang terdapat pada air kelapa murni lebih besar daripada kandungan sodium. Aturan menurunkan kadar darah bagi penderita hipertensi adalah dengan cara meminum air kelapa hijau yakni sejumlah 300 ml sebanyak satu kali sehari.

Namun meski air kelapa dapat membantu meringankan tekanan darah secara tradisional atau alami, untuk hasil maksimal tetap diperlukan pengobatan dan perawatan secara medis. Dalam mengonsumsi air kelapa pun tidak bisa sembarangan, karena justru dapat menyebabkan gula darah meningkat sehingga berat badan naik dan berimbas pada tekanan darah.

Nah gimana? Ternyata manfaat dari air kelapa murni sangat banyak, ya? Apakah setelah ini kamu jadi rutin mengonsumsi air kelapa juga nih?

Baca Juga: 10 Manfaat Air Kelapa Muda bagi Kesehatan!

Pagi Kusumardani Photo Community Writer Pagi Kusumardani

When in doubt, pray it out!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You