Comscore Tracker

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!

Patut waspada nih...

Virus dan bakteri sangatlah dibenci oleh manusia karena mereka bisa membawa berbagai penyakit yang bisa menyerang tubuh. Jarang disadari, mereka ada di tempat-tempat atau benda di sekeliling kamu, lho!

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!gfycat.com

Berikut lokasi kotor yang persebaran virus dan penyakitnya terjadi sangat cepat. Ayo, lebih waspada!

1. Tangan kita semua, termasuk orang yang bersentuhan denganmu

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!pixabay/rawpixel

"Aku rajin cuci tangan kok." itu pikirmu. Bagaimana dengan orang yang bersalaman denganmu?

Permukaan kulit bertindak sebagai rute penularan bakteri. Oleh karena itu, setiap kali kita menyentuh permukaan kulit seseorang, kita berbagi bakteri secara tidak sadar. Pernahkah terpikir oleh kamu kalau berjabat tangan bisa menjadi tempat pertukaran bakteri dan virus? 

Dilansir dari theconversation.com, menurut penelitian dari University of Colorado rata-rata kita membawa 3.200 bakteri dari 150 spesies berbeda di tangan kita sendiri. Jadi, ada banyak peluang untuk menyebarkan bakteri ketika kamu berjabat tangan. Risiko ini meningkat lebih jauh ketika kita tidak mencuci tangan secara teratur.

2. Gagang pintu

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!rebelcircus.com

Kamu pasti tidak asing dengan benda ini karena hampir setiap hari pasti menyentuhnya. Gagang pintu merupakan tempat yang sangat memungkinkan terjadinya persebaran kuman penyakit. Dikutip dari cbsnews.com, penelitian baru menunjukkan bahwa satu gagang pintu dapat membantu menyebarkan kuman di seluruh gedung perkantoran, hotel, atau fasilitas umum lainnya hanya dalam beberapa jam.

Para peneliti menerapkan sampel virus ke permukaan seperti gagang pintu dan permukaan meja. Mereka menemukan bahwa dalam dua hingga empat jam, virus telah diambil oleh 40 hingga 60 persen pekerja dan pengunjung di sebuah fasilitas.

3. Toilet

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!cnbc.com

Tak bisa dimungkiri, kebanyakan orang pasti berpikir toilet adalah tempat yang sangat kotor dan jorok. Meski tak sepenuhnya, tetapi itu benar. Pernah membayangkan kamu kebelet BAB dan melihat ada bekas "tetesan" orang lain di dudukan toilet? Hiiii~

Dudukan toilet memang sangatlah memungkinkan terjadinya persebaran kuman dan bakteri. Dilansir dari theconversation.com, toilet bisa menjadi tempat untuk menyebarkan virus dan bakteri.

Tinja manusia dapat membawa berbagai macam patogen yang dapat menular seperti Campylobacter, Enterococcus, E. coli, dan Salmonella. Itu semua bisa terdapat pada toilet yang kotor dan tidak terjaga kebersihannya.

Baca Juga: Awas, 7 Barang Sehari-harimu Ini Menyebarkan Banyak Bakteri Berbahaya!

4. Wastafel dapur

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!fineartamerica.com

Tumpukan piring kotor dengan sisa-sisa makanan "lembek" di atasnya cukup terlihat menjijikkan bukan? Namun, tidak cukup sampai di situ. Selain menjijikkan, wastafel dapur bisa menularkan penyakit. Hal itu disampaikan oleh Eileen Abruzzo, direktur pengendalian infeksi di Rumah Sakit Long Island College di Brooklyn, New York.

Dilansir dari webmd.com, partikel makanan dari piring yang tersisa untuk direndam atau dibilas dapat menjadi tempat berkembang biaknya bakteri penyebab penyakit, termasuk E. coli dan salmonella.

"Mereka membilas wastafel mereka dengan air dan menganggap mereka bersih, tetapi ternyata tidak," tambah Abruzzo.

5. Ruang kantor

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!Pixabay.com/stux

Ruang kantor kamu adalah tempat berkembang biak utama bagi kuman. Di kantor, terdapat berbagai fasilitas yang dipakai "berjamaah". Hal itu tentu bisa menjadi medium persebaran virus dan bakteri.

Dilansir dari aarp.org, menurut perusahaan pembersih asal Inggris, CSG, tempat yang paling banyak mengandung kuman di kantor adalah telepon (25.127 mikroba per inci persegi), keyboard (3.295 mikroba), dan mouse komputer (1.676 mikroba).

6. Tombol lift

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!safebee.com

Coba pikirkan, berapa kali tombol lift disentuh dalam satu hari? Mungkin jika lift itu sering dipakai bisa mencapai ratusan sentuhan sehari ya. Sekarang, coba bayangkan berapa banyak bakteri dan virus yang terkandung pada tombol tersebut?

Dilansir dari infectioncontroltoday.com, menurut penelitian, jumlah bakteri yang ada pada tombol lift hampir 40 kali lebih tinggi daripada di kursi toilet umum. Hal itu cukup mengejutkan bukan? Di antara bakteri umum yang mungkin ditemukan adalah E. coli, Staphylococcus aureus dan Staphylococcus aureus.

7. Remote TV

Persebaran Kuman Sangat Cepat di 7 Lokasi Ini, Ada di Sekitar Kamu!shutterstock

Seperti yang disebutkan tadi, apa pun yang banyak orang sentuh pastinya mengandung kuman. Benda ini sering jatuh di lantai, dijejalkan di antara bantal sofa, serta terpapar batuk dan bersin. Semua orang di rumah pernah mengalaminya.

Dilansir dari webmd.com, sebuah penelitian University of Virginia terhadap virus flu menunjukkan permukaan remote adalah lokasi yang paling banyak mengandung kuman. Para peneliti menemukan bahwa setengah dari jumlah remote yang diuji positif mengandung virus flu.

Jadi itulah beberapa tempat atau benda yang sangat kotor. Kamu bisa selalu menyiapkan hand sanitizer untuk mencegah persebaran tersebut serta rajin mencuci tangan. Tetap selalu jaga kebersihan!

Baca Juga: 7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotor

Topic:

  • Reza Mahendra
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya