Comscore Tracker

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotor

Benci banget sama tempat yang kotor!

Tak terhitung ada banyak fobia yang dialami oleh orang-orang di dunia ini. Beberapa fobia yang paling umum dialami adalah trypanophobia (takut jarum suntik), acrophobia (takut ketinggian), ophidiophobia (takut ular), arachnophobia (takut laba-laba), aerophobia (takut terbang dengan pesawat) dan entomophobia (takut serangga).

Namun, apakah kamu tahu tentang mysophobia? Ini adalah fobia terhadap sesuatu yang kotor dan menjijikkan. Apakah kamu salah satu pengidapnya?

1. Rasa takut berlebih terhadap sesuatu yang kotor

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorjamisonwrites.com

Mysophobia punya banyak nama lain, di antaranya adalah germophobia, bacillophobia, bacteriophobia, verminophobia atau germaphobia. Artinya kurang lebih sama, yakni ketakutan berlebih pada sesuatu yang kotor, seperti kuman, bakteri dan kontaminasi. Istilah ini diciptakan oleh William A. Hammond di tahun 1879.

Menariknya lagi, mysophobia punya keterkaitan dengan obsessive–compulsive disorder (OCD) dengan gejala mencuci tangan berulang kali, yang lebih sering dilakukan daripada orang normal, jelas laman Very Well Mind. Pengidapnya selalu membawa hand sanitizer ke mana-mana apabila tidak ada air dan sabun cuci tangan.

2. Merasa bahwa sesuatu yang kotor berbahaya bagi mereka

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorsfcdcp.org

Seperti yang kita ketahui, kuman ada di mana-mana. Kuman bisa ditemukan di smartphone kesayangan kita, di gagang pintu, di selembar uang dan di tempat lain yang bahkan tak diduga. Wajarnya, kita hanya akan mencuci tangan setelah dari toilet, setelah menyentuh benda yang kotor atau sebelum dan sesudah makan saja.

Berbeda dengan pengidap mysophobia. Mereka kerap merasa insecure dengan kuman, kotoran dan bakteri yang ada di sekitarnya.

Pengidap mysophobia merasa khawatir dan panik ketika melihat sesuatu yang kotor dan berpikir bahwa itu akan membahayakan mereka. Lalu, mereka akan segera mencuci tangan sampai benar-benar bersih.

3. Pengidap gangguan kecemasan, depresi dan OCD berisiko tinggi mengalami mysophobia

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotoreverydayhealth.com

Lantas, bagaimana mysophobia terjadi pada seseorang? Biasanya, ini terjadi ketika seseorang mengalami peristiwa traumatis yang berhubungan dengan sesuatu yang kotor. Sementara, menurut laman Psycom, pengidap gangguan kecemasan, depresi dan OCD lebih berisiko terkena mysophobia dari orang lain.

Mengapa mysophobia dikaitkan dengan OCD? Sebab, mereka mungkin mengalami pikiran obsesif tentang kuman. Lalu, mereka akan membersihkan rumah, kamar atau ruang kerja sampai benar-benar bersih karena takut kuman dan penyakit bersarang. Saking terobsesinya, mereka akan mengelap tempat yang sama berulang-ulang kali. 

4. Seperti apa tanda-tanda mysophobia?

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorhotfridaytalks.com

Seperti apa tanda-tanda mysophobia? Ciri-cirinya ialah terlalu sering mencuci tangan, cenderung menghindari tempat yang dianggap dipenuhi kuman, tidak mau berbagi barang pribadi karena takut kotor, menghindari kerumunan atau binatang hingga menghabiskan waktu terlalu banyak untuk membersihkan benda miliknya, tutur laman Psycom.

Apabila mereka tidak sengaja terpapar sesuatu yang kotor, mereka akan merasa panik, detak jantung meningkat, berkeringat, mual hingga sesak napas. Gejalanya mirip dengan panic attack. Jika kondisi ini sudah mulai mengganggu, ada baiknya untuk pergi ke psikiater dan mendapatkan terapi sebagai bentuk penanganan.

Baca Juga: 7 Fobia Makanan Paling Aneh, Bahkan Ada yang Takut Saus Tomat

5. Sering kali, pengidap mysophobia menghindari situasi sosial karena takut kuman

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorcapslockworld.com

Mungkin, kamu akan berpikir kalau mysophobia tidak akan mengganggu kehidupan sosial. Nyatanya, fobia ini bisa membuat seseorang menarik diri dari situasi sosial. Ini karena mereka takut dengan kuman yang dibawa oleh orang lain, terang laman Very Well Mind. Mereka berpikir bahwa orang lain bisa menularkan penyakit pada mereka.

Akibatnya, saat sedang berkumpul dengan orang lain, pengidap mysophobia akan menghindari kontak fisik, seperti berjabat tangan. Mereka juga akan membersihkan tangan lebih sering. Teman atau kerabat yang tidak paham akan menganggap kita sombong dan akan menyebabkan kita terisolasi dari orang lain.

6. Bahkan, bisa membuat pengidapnya kesulitan menjalin hubungan!

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorhers-magazine.com

Bukan hanya membuat kita terisolasi dan menarik diri secara sosial, mysophobia juga berdampak pada hubungan asmara yang dijalin dengan orang lain. Bagaimana tidak, berjabat tangan dengan orang lain saja dianggap kotor, apalagi kontak fisik yang lebih dalam seperti berpelukan atau berciuman.

Menurut laman Sowetan Live, mysophobia dialami oleh 26 persen orang di Amerika. Beberapa publik figur yang diketahui mengidap fobia ini adalah Donald Trump, presiden Amerika Serikat, Nikola Tesla, insinyur dan penemu berdarah Serbia-Amerika, aktris Cameron Diaz dan Howard Hughes, seorang pilot dan insinyur asal Amerika Serikat.

7. Fobia ini bisa diatasi dengan terapi dan obat

7 Fakta Unik Mysophobia, Ketakutan Berlebih pada Sesuatu yang Kotorcareerfaqs.com.au

Kalau kamu sudah tak sanggup lagi dengan mysophobia yang kamu alami, ada baiknya untuk segera memeriksakan diri. Fobia ini bisa diatasi dengan terapi, obat-obatan atau kombinasi keduanya, ungkap laman Psycom. Psikiater akan memberi selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI), obat untuk mengatasi gejala kecemasan.

Sementara, terapi juga disarankan untuk membuat kita merasa aman dan tenang ketika dalam situasi yang tidak kita sukai. Bisa juga dengan terapi perilaku kognitif untuk menguji realitas pola pikir irasional tentang kuman dan kontaminasi. Psikiater akan memberi cara terbaik supaya kita bisa lepas dari mysophobia.

Nah, itulah 7 fakta menarik seputar mysophobia, ketakutan berlebih pada sesuatu yang kotor. Jangan ragu untuk mencari bantuan profesional apabila mengalaminya!

Baca Juga: 7 Fobia Ini Benar-benar Gak Biasa, Bikin Banyak Orang Heran

Topic:

  • Nena Zakiah
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya