Comscore Tracker

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannya

Bisa dicegah dengan mengurangi screen time

Penggunaan handphone atau HP sudah menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari masyarakat. Walaupun HP memiliki berbagai manfaat, banyak orang yang telah dianggap memiliki kecanduan HP.

Menurut penelitian dalam jurnal Frontiers in Psychiatry, sekitar 27,9 persen orang dewasa muda mengalami kecanduan smartphone. Kecanduan HP bisa menimbulkan beragam masalah kesehatan jika tidak ditangani dengan baik. Penting untuk mengenali gejala dan pencegahannya.

1. Apa itu kecanduan HP?

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannyailustrasi kecanduan smartphone (pexels.com/Matilda Wormwood)

Menurut informasi di laman Verywell Health kecanduan HP dapat dikategorikan sebagai jenis kecanduan perilaku yang muncul saat seseorang tidak bisa lepas dari HP mereka. Penggunaan berlebihan dapat menyebabkan konsekuensi yang merugikan.

Orang yang mengalami kecanduan HP juga bisa mengalami gejala yang mirip dengan pecandu yang tidak bisa mendapatkan obat. 

Kecanduan gadget tidak secara resmi diakui sebagai kecanduan dalam edisi kelima Diagnostic and Statistical Manual of Mental Health Disorders (DSM-5). Namun, kondisi ini memiliki karakteristik yang mirip dengan kecanduan perilaku lainnya, seperti perjudian.

2. Gejala kecanduan HP

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannyailustrasi kecanduan smartphone (pexels.com/cottonbro)

Beberapa istilah baru telah muncul untuk menggambarkan karakteristik kecanduan smartphone. Dilansir Healthline, karakteristik ini meliputi:

  • Nomophobia: Ketakutan untuk pergi tanpa HP.
  • Textaphrenia: Ketakutan tidak bisa menerima atau mengirim pesan teks.
  • Textiety: Merasa cemas karena menerima dan menanggapi pesan teks secara langsung. 
  • Getaran hantu (phantom vibration): Perasaan bahwa HP sedang berdering, padahal tidak.

Tidak hanya itu, beberapa gejala kecanduan HP juga meliputi:

  • Terus-menerus memeriksa HP.
  • Menghabiskan banyak waktu berkutat pada HP.
  • Bangun pada malam hari untuk memeriksa apakah ada notifikasi baru di HP.
  • Merasakan emosi negatif, seperti marah, sedih, atau cemas, ketika tidak memiliki HP atau tidak dapat mengecek HP. 
  • Jumlah waktu yang kamu habiskan untuk memainkan HP memengaruhi kehidupan profesional dan pribadi. 

3. Dampak negatif bagi kesehatan

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannyailustrasi depresi (unsplash.com/ Gadiel Lazcano)

Salah satu dampak dari kecanduan adalah mempertahankan perilaku yang kompulsif, bahkan ketika itu dapat menyebabkan konsekuensi negatif. Contoh negatif terkait penggunaan HP adalah membaca atau menulis pesan pada saat berkendara.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) menyebutkan bahwa mengirim pesan teks saat mengemudi adalah ancaman tiga kali lipat. Perilaku ini menyebabkan:

  • Mengalihkan pandangan dari jalanan.
  • Mengalihkan tangan dari kemudi.
  • Mengalihkan pikiran dari mengemudi.

Tidak hanya itu, penelitian dalam EXCLI Journal menunjukkan bahwa kecanduan HP bisa menyebabkan:

  • Kecemasan.
  • Depresi.
  • Kekurangan tidur dan insomnia.
  • Konflik hubungan.
  • Performa kerja atau akademis yang buruk. 

Baca Juga: Mengenal Alzheimer Lebih Dalam, Kurangi Faktor Risikonya

4. Penanganan kecanduan HP

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannyailustrasi terapi (pexels.com/cottonbro)

Menghentikan segala jenis kecanduan bisa tidak mudah. Dilansir Verywell Health, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghentikan kecanduan HP adalah mengakui masalah yang kamu alami telah memengaruhi kehidupan kamu. Setelah kamu merasa perlu menghentikan kecanduan yang kamu alami, hal yang bisa kamu lakukan adalah:

  • Mengidentifikasi masalah: Penelitian telah menemukan bahwa orang-orang yang menggunakan HP terus-menerus mungkin sedang mencoba melarikan diri dari masalah kehidupan mereka. Dengan menentukan penyebab utama kecanduan, kamu bisa mulai mengatasi masalah yang mendasarinya.
  • Melakukan terapi: Jenis terapi tertentu, seperti terapi perilaku kognitif (CBT), telah terbukti efektif dalam membantu orang mengatasi kecanduan. Jenis terapi lain yang efektif untuk kecanduan adalah manajemen kontingensi, wawancara motivasi, dan konseling pasangan (jika masalah tersebut memengaruhi hubungan kamu). 

5. Pencegahan kecanduan HP

Waspada Kecanduan HP, Ini Gejala dan Pencegahannyailustrasi seseorang memainkan ponsel (unsplash.com/Lisanto 李奕良)

Metode pencegahan terbaik agar tidak ketergantungan adalah menghindari menggunakan HP berlebih. Jika memiliki HP, kamu dapat mencegah kecanduan dengan menggunakannya dengan bijak atau hanya jika diperlukan. Ini bisa berarti menghapus aplikasi yang tidak diperlukan.

Untuk orang tua yang memiliki anak, batasi penggunaan HP dengan hanya mengizinkan mereka menggunakannya sesuai peraturan yang telah disepakati. Kamu juga bisa tidak membelikan anak HP sampai mereka mencapai usia tertentu.

Jika anak harus memiliki HP untuk alasan keamanan, pertimbangkan untuk membeli HP yang tidak bisa digunakan untuk mengunduh aplikasi. Dengan begitu, anak masih bisa menghubungi kamu atau teman jika perlu, tetapi tidak akan memiliki akses ke aplikasi yang membuang waktu.

Walaupun HP memiliki segudang manfaat dan memperlancar komunikasi, tetapi perangkat elektronik ini bisa menyebabkan masalah jika digunakan secara berlebihan atau tidak bijak. Orang yang kecanduan HP bisa memiliki karakteristik yang mirip perilaku kecanduan, seperti perjudian kompulsif.

Baca Juga: Olahraga 150–600 Menit Seminggu Cegah Kematian Dini

Topic:

  • Nurulia

Berita Terkini Lainnya