Comscore Tracker

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstrem

Kaum hawa sangat disarankan minum ini ketika haid!

Akhir-akhir ini, negara kita sedang mengalami cuaca ekstrem. Malam hingga pagi hari, diguyur hujan. Siangnya, matahari menyapa dengan sangat terang hingga sore. Cuaca seperti ini, tidak hanya memengaruhi daya tahan tubuh. Tapi juga, bikin tubuh mudah diserang berbagai penyakit umum seperti demam, flu, batuk, diare, dan lain-lainnya.

Oleh sebab itu diperlukan: istirahat cukup, olahraga, serta makanan bergizi yang mendukung tubuh jadi sehat. Seperti mengonsumsi teh daun peterseli. Meski terdengar asing, menikmati secangkir teh peterseli ternyata punya beragam manfaat bagi tubuh. Terutama, saat cuaca sedang ekstrem seperti sekarang ini.

Dan berikut, lima manfaat menyeruput secangkir teh daun peterseli yang dikutip melalui laman Healthline dan Organic Facts.

1. Meningkatkan kekebalan tubuh

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstremfoodsymptom.com

Manfaat yang ini, pastinya yang kita butuhkan untuk membetengi diri dari segala penyakit, dan menjaga tubuh agar tetap fit. Nah, menyeruput secangkir teh daun peterseli dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Peterseli termasuk dalam tanaman yang kaya akan vitamin C. Seperempat cangkir teh peterseli menyediakan hampir 20 mg vitamin C atau sekitar 22%, dari nilai harian yang direkomendasikan.

Vitamin C sendiri ialah vitamin larut air yang bertindak penting sebagai antioksidan, dan memainkan peran integral dalam mencegah penyakit.

2. Meredakan gangguan seputar pernapasan

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstremmedicalnewstoday.com

Saat cuaca ekstrem, gangguan seputar pernapasan seperti batuk mudah sekali singgah di tubuh kita. Sedangkan bagi kita yang memiliki riwayat sakit asma, cuaca ekstrem meningkatkan peradangan. 

Karena itulah, kita diminta untuk antisipasi dengan mengonsumsi asupan yang tepat. Dan teh peterseli, dapat membantu karena teh herbal ini mengandung beta-karoten yang dikaitkan dapat meredakan permasalahan gangguan pernapasan.

Tidak hanya kandungan beta-karoten saja! Vitamin dan senyawa penangkal infeksi lainnya yang terkandung pada teh peterseli, juga membantu melonggarkan dahak dan lendir, serta menetralisir infeksi bakteri pada saluran pernapasan.

Baca Juga: Suka Minum Teh? Ini 5 Bahan yang Bisa Kamu Tambahkan biar Lebih Enak

3. Meningkatkan sirkulasi darah

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstremhowtocure.com

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Biochimica et Biophysica Acta (BBA) - Bioenergetics Journal, peterseli kaya akan zat besi. Manfaatnya makin menjadi ketika daun ini dikonsumsi sebagai teh. 

Saat cuaca ekstrem, tubuh lebih rentan terhadap penyakit. Sudah tahu kan? Akar dari segala munculnya penyakit sederhana hingga berbahaya, disebabkan juga karena peredaran darah yang tidak lancar. Maka dari itu, diperlukan makanan yang menunjang dalam meningkatkan sirkulasi darah seperti peterseli yang mengandung zat besi.

Karena zat besi adalah bagian penting dari produksi sel darah merah, yang dapat membantu membawa darah yang mengandung oksigen, ke sel yang memerlukan nutrisi dan oksigen untuk perbaikan dan memaksimalkan fungsi.

4. Menangkal radikal bebas

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstremfashionkliks.com

Peterseli adalah sumber antioksidan yang sangat baik, yang amat dibutuhkan oleh tubuh kita. Senyawa kuat ini, nantinya akan membantu tubuh mempertahankan sel dari kerusakan yang disebabkan oleh molekul berbahaya, yang dikenal sebagai radikal bebas.

Ketika tubuh diserang berbagai virus dan bakteri yang bermunculan saat cuaca sedang ekstrem, kandungan antioksidan pada daun peterseli akan bekerja aktif untuk menuntaskannya.

5. Memberi rasa nyaman selama menstruasi

5 Manfaat Teh Peterseli yang Cocok Dikonsumsi Selama Cuaca Ekstremcookandgarden.com

Terkhusus untuk wanita, mengonsumsi teh peterseli selama menstruasi dapat memberikan rasa nyaman. Mengingat perubahan cuaca yang tak menentu, pastinya suasana hati serta tingkat stres yang dialami para wanita makin meningkat.

Teh peterseli dapat digunakan pula sebagai obat alami untuk mengobati beragam masalah berkaitan dengan menstruasi dan kadar hormon. Karena, teh peterseli mengandung senyawa myristicin dan apiole, yang dapat mempengaruhi produksi estrogen untuk membantu menyeimbangkan hormon.

Itu tadi lima manfaat dari mengonsumsi teh peterseli selama cuaca ekstrem. Membantu sekali dalam merawat tubuh, ya. Cara membuatnya juga mudah, lho! Cukup siapkan daun peterseli, dan merebusnya ke dalam air mendidih. Atau, mengeringkannya terlebih dahulu di bawah sinar matahari kemudian dibungkus pada kain tipis, dan dicelupkan ke air panas. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Perbedaan Tradisi Minum Teh di Jepang dan Inggris

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya