Comscore Tracker

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!

Jangan abaikan kondisi ini, segera periksakan diri

Lidah mempunyai banyak fungsi, dari mendukung proses pencernaan, lidah juga membantu kita bisa mengucapkan kata-kata dengan benar saat berbicara.

Sayangnya belum banyak yang tahu, kondisi lidah pun bisa memperlihatkan kesehatan seseorang. Jadi ketika lidah kamu membengkak, cari tahu apa penyebabnya supaya kita bisa menangani masalah itu secepatnya.

Berdasarkan penjelasan Clare Morrison, MD, dokter umum dan penasihat medis di MedExpress, inilah beberapa penyebab lidah membengkak.

1. Lidah kamu baru sembuh dari cedera

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!acaciadentalgroup.com.au

Lidah sangat mudah terkena trauma dari gigi, bisa karena gigitan yang tak disengaja, tepi gigi yang tajam karena patah, dan cedera karena pemakaian kawat gigi, tambalan gigi yang kasar, atau gigi palsu.

Untuk mengatasi hal ini, kamu sebaiknya mengompres lidahmu dengan es batu, minum ibuprofen, dan berkumur dengan obat kumur yang lembut untuk mencegah infeksi.

2. Pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok untukmu

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!medicalnewstoday.com

Beberapa bahan pasta gigi dan obat kumur yang tidak cocok dengan tubuh akan menyebabkan lidah membengkak. Biasanya bahan tersebut adalah alkohol (pencuci mulut), hidrogen peroksida (pemutih gigi), kayu manis (permen karet), dan soda kue (pasta gigi).

Supaya mengetahui alergi pada bahan yang mana, lebih baik kamu lakukan tes alergi di rumah sakit ya guys.

3. Reaksi alergi

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!buoyhealth.com

Reaksi alergi terjadi karena sistem kekebalan tubuh bereaksi secara berlebihan pada sesuatu seperti kerang, susu, kacang-kacangan, buah, atau gigitan serangga.

Respons alergi itu melibatkan penyempitan pembuluh darah kecil, pelepasan histamin, dan akumulasi cairan di dalam jaringan. Alhasil bentuk alergi itu bisa menyebabkan pembengkakan bibir, lidah, dan wajah yang dikenal dengan angioederma.

Jika kamu mengalami hal ini akan lebih baik mengobatinya dengan steroid oral atau antihistamin.

4. Kekurangan vitamin

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!pexels/ fauxels

Kekurangan folat dan vitamin B12 bisa membuat lidah merah dan bengkak. Sedangkan kekurangan zat besi membuat lidah jadi halus, pucat, dan sakit. Untuk mengatasi hal ini, perbanyaklah sayuran hijau, daging, ikan, telur, lentil, kacang-kacangan.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Medis, Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara

5. Sirkulasi tiroid yang lemah

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!pexels/Helmi Lutvyandi

Di saat sirkulasi hormon tiroid sangat lemah hingga menyebabkan kelelahan, sembelit, kenaikan berat badan tanpa sebab, rambut menipis, intolerasi terhadap dingin, dan lidah bengkak, maka kamu mengidap hipotiroidisme.

Untungnya kondisi ini bisa didiagnosis melalui tes darah. Jika terbukti, dokter akan memberikan obat yang menggantikan hormon tiroid.

6. Asam lambung

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!inquirer.com/ISTOCKPHOTO

Asam lambung yang pindah ke tenggorokan akan mengiritasi lidah dan menyebabkan pembengkakan. Hindarilah makanan yang terlalu asam atau pedas untuk mencegah hal ini terjadi. Di samping itu, kamu juga sebaiknya mengonsumsi makanan dengan potongan kecil tapi sering.

7. Kanker lidah

7 Sebab Lidah Kamu Bengkak Menurut Dokter, Awas Kanker Lidah!webmd.com

Gejala awal kanker ini ditandai dengan lidah yang membengkak dan diiringi timbulnya bercak merah atau putih, kemudian ada bisul atau benjolan kecil di lidah. Dalam tahap ini, kanker lidah masih bisa disembuhkan.

Oleh karena itu jika lidah membengkak dan ada benjolan, segeralah periksakan ke dokter untuk penyembuhan dini. Oh iya, kanker lidah seringkali terjadi pada perokok berat. Jadi berhenti merokok sekarang juga ya guys.

Penyebab lidah membengkak pada dasarnya karena pola hidup yang tidak sehat. Lakukanlah olahraga yang rutin, makan makanan bernutrisi, dan tidur yang cukup. Tapi jika lidah bengkak dan ada gejala lain yang mengkhawatirkan, yuk segera konsultasi ke dokter.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Medis, Laki-laki Juga Berisiko Terkena Kanker Payudara

Iam_Lathiva Photo Verified Writer Iam_Lathiva

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya