Comscore Tracker

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadai

Jangan sepelekan, karena hepatitis A bisa menular

Dikutip dari Mayo Clinic, hepatitis A disebabkan oleh virus yang menyerang sel-sel hati (HAV), menyebabkan peradangan, dan mengganggu kinerja hati. Biasanya penyebab penyakit ini adalah makanan yang kurang bersih, air yang terkontaminasi virus hepatitis A, dan berhubungan badan dengan orang terkena hepatitis A. Karena itu, yuk kenali gejala dari hepatitis A sehingga kamu bisa mengatasinya sejak dini.

1. Kelelahan

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaitoday.com

Meskipun kamu melakukan aktivitas seperti biasa, tapi tubuhmu merasa sangat lelah. Meskipun sudah istirahat yang cukup, tubuh masih lelah juga. Hal ini terjadi karena imunitas tubuh sedang berjuang melawan virus hepatitis A yang membuatmu cepat merasa lelah.

2. Tetiba mual dan muntah

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaimedicalnewstoday.com

Salah satu penyebab hepatitis A adalah makanan yang terkontaminasi oleh virus. Makanan dengan pengolahan makanan yang tidak higienis bisa memicu kamu mengalami mual dan muntah. Selain itu, tidak mencuci tangan sebelum makan juga bisa jadi penyebabnya lho.

3. Perut terasa sakit

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaihancockregionalhospital.org

Gejala berikutnya adalah perut terasa sakit dan tidak nyaman. Kamu wajib lebih waspada jika mengalami rasa sakit di perut terutama bagian di tulang rusuk atau hati.

4. Kehilangan nafsu makan

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaithingshealth.com

Biasanya nafsu makan akan meningkat ketika melihat makanan yang disuka, namun hal ini tidak terjadi pada orang yang mengidap hepatitis A. Badan yang tidak nyaman dan mual membuat orang dengan hepatitis A kehilangan nafsu makannya.

5. Urine berwarna gelap

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadainewatlas.com

Selain dehidrasi, virus hepatitis A bisa menjadi penyebab urin menjadi gelap. Penyebabnya adalah kinerja buruk dari hati  membuatnya tidak bisa menyaring makanan dan minuman yang masuk dalam tubuh secara normal. 

6. Gatal yang sangat hebat

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaimedicalnewstoday.com

Hepatitis A membuat kulit menjadi lebih kering dan sering menyebabkan gatal. Biasanya gatal terjadi hanya di beberapa bagian kulit saja seperti lengan bawah.

Baca Juga: 7 Penyebab Hepatitis yang Perlu Kamu Tahu, Ayo Cegah Sebelum Mewabah!

7. Jaundice

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaimedicalnewstoday.com

Penyakit hepatitis A menyebabkan bilirubin dalam sistem pencernaan menjadi berlebih.

Nah, bilirubin sendiri merupakan pigmen kuning yang dihasilkan oleh pemecahan sel darah merah yang mati di dalam hati penyebab jaundice. Jaundice adalah istilah medis yang menandakan kulit dan mata menguning.

8. Nyeri sendi

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaimilehighspine.com

Tidak hanya lelah, imunitas tubuh yang lemah juga bisa jadi penyebab nyeri sendi. Imunitas tubuh yang harus bekerja sangat keras sering berdampak pada tulang dan sendi. Karena itu, tidak jarang sendiri terasa sebelum ketika terkena penyakit, termasuk hepatitis A.

9. Berat badan turun drastis

Sedang Mewabah, Yuk Simak 9 Gejala Hepatitis A yang Wajib Diwaspadaimedicalnewstoday.com

Perut menampung berbagai organ penting termasuk hati dan usus. Oleh sebab itu, ketika hati alami kerusakan berat badan bisa secara drastis naik atau turun. Jika kamu belum mengubah pola makan atau olahraga tapi alami penurunan berat badan, kamu harus memberikan perhatian yang lebih. 

Setiap orang mempunyai gejala yang berbeda. Tanpa gejala jaundice, kita akan sulit mendiagnosis hepatitis A. Sebenarnya tidak ada obat resmi hepatitis A karena merupakan infeksi virus dengan jangka waktu yang tidak terlalu lama dan akan pergi dengan sendirinya.

Namun kamu tetap perlu berkonsultasi ke rumah sakit agar bisa mengurangi gejala-gelaja di atas. Biasanya selama beberapa minggu gejala akan hilang bila kamu mengikuti saran media dan melakoni gaya hidup sehat.

Baca Juga: 7 Fakta Tentang Hepatitis yang Jarang Diketahui Orang Awam

iam_lathiva . Photo Verified Writer iam_lathiva .

Love To See, Love To Read, and Love To Share. IG: iam_lathiva

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya