Comscore Tracker

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidur

Jangan sampai istirahat yang enak malah jadi penyiksaan

Semakin dewasa, tidur sepertinya jadi hal yang tak semudah dilakukan seperti ketika masih kecil. Berbagai perubahan yang terjadi dalam rutinitas dan gaya hidup juga memengaruhi pola tidur. Seringnya, kini selalu butuh waktu lebih banyak untuk tidur.

Tenang saja, kamu bukan satu-satunya orang yang berada dalam kondisi ini. Namun, hal ini bukan berarti kamu jadi pasrah dan membiarkan diri untuk tidur terus menerus. Pasalnya, ada banyak isu yang bakal kamu alami jika terlalu banyak tidur seperti berikut ini, lho!

1. Lebih mudah untuk terserang obesitas

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Jangankan obesitas, naik berat badan 3 kg saja sudah bikin senewen, kan? Nah, menurut Elizabeth McDevitt PhD dari Sleep and Cognition Lab di Univesrity of California Riverside, tidur terlalu banyak termasuk karena efek dari depresi, sleep apnea, atau obat-obatan, bisa meningkatkan risiko kenaikan berat badan. Adapun sebuah studi dari Kanada menunjukkan sebanyak 25 persen orang-orang yang terlalu banyak tidur cenderung mengalami kenaikan berat badan sebanyak 5 kg dan 21 persen lebih tinggi mengalami obesitas.

2. Mulai merasa sering sakit kepala

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Efek ini tak hanya berlaku bila kamu kekurangan tidur, tetapi juga bila dalam kondisi sebaliknya. Dr. McDevitt mengatakan bahwa kondisi ini dikarenakan adanya fluktuasi neurotransmiter ketika tidur yang dapat memicu sakit kepala. Kemungkinan lainnya adalah saat tidur yang dilakukan sudah sampai melampaui waktu sarapan, kamu jadi ikut-ikutan mengalami kadar gula darah yang rendah, dehidrasi, atau bahkan kekurangan asupan kafein (bila terbiasa minum kopi).

3. Otak tak berfungsi dengan optimal

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Selain sakit kepala, kamu juga akan mengalami kondisi yang bernama brain fog dan membuatmu jadi sulit berkonsentrasi. Sebuah studi dari Harvard juga menunjukkan bahwa wanita yang lebih tua dan tidur lebih dari 9 jam setiap hari memilki kemampuan kognitif yang lebih buruk serta mengalami penuaan dini lebih awal 2 tahun.

Penelitian lebih lanjut juga menunjukkan hubungan antara tidur terlalu banyak dan demensia. Dr. McDevitt juga mengatakan bahwa tidur terlalu banyak dapat pula menjadi tanda adanya gangguan kesehatan maupun sirkadian tubuh.

Baca Juga: Turun Berat Badan Saat Tidur? Bisa Kok, Lakukan Aja dengan 9 Cara Ini!

4. Lebih mudah mengalami depresi

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Depresi dapat menjadi efek maupun penyebab dari tidur yang berkepanjangan. Beberapa penelitian juga menunjukkan hubungan yang sangat signifikan dari terlalu banyak tidur dengan gangguan mental. Sebagaimana yang disampaikan dr. McDevitt, aktivitas fisik juga memberi pengaruh terhadap menurunkan risiko depresi karena meningkatkan kadar endorfin dan mendistraksimu dari stimulasi yang menyebabkan stres.

5. Risiko stroke dan gangguan jantung lebih besar

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Carl Brazil MD dari New York-Presbyterian/Columbia University Medical Center menyatakan tidur terlalu banyak dapat jadi pertanda bahwa kamu tidurmu tidak cukup efektif atau adanya gangguan lain yang menyebabkan demikian, seperti gangguan kardiovaskular. Peneliti dari Chicago School of Medicine menemukan bahwa orang-orang yang tidur lebih dari 8 jam setiap malam memiliki terserang angina dua kali lebih besar dan 10 persen mengalami penyakit jantung koroner. Tak kurang, Nurse's Health Study dan sebuah riset dari UK menemukan pula oversleeping meningkatkan kemungkinan gangguan jantung 38 persen dan stroke sebanyak 46 persen lebih besar.

6. Kemungkinan diabetes lebih rentan

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Terkait dengan risiko obesitas yang lebih tinggi karena tidur terlalu banyak, diabetes juga ikut mengintai dari kebiasaan ini. Peneliti dari Kanada menemukan fakta ini. Selain itu, beberapa riset lain juga menemukan adanya dampak perubahan kadar gula darah akibat terlalu banyak tidur terlepas dari berat badan maupun aktivitas fisik yang dilakukan.

7. Gampang merasa pegal atau sakit pada tubuh

Waspada, Inilah 7 Risiko yang Terjadi Jika Kamu Terlalu Banyak Tidurindependent.co.uk

Kurangnya aktivitas fisik karena terlalu banyak menghabiskan waktu berbaring di tempat tidur akan membuatmu jadi lebih mudah merasa pegal, terutama jika kamu punya masalah dengan punggung maupun pinggang. Michael J. Brus PhD dari The Sleep Doctor menuturkan bahwa hal ini dipengaruhi oleh posisi berbaring yang terlalu lama atau matras yang digunakan. 

Setelah rutinitas yang panjang, sesekali tidur lebih lama dari waktu biasa terutama di akhir pekan adalah hal yang sangat manusiawi. Namun, jangan sampai ini jadi kebiasaan dan membuatmu tersiksa di kemudian hari, ya!

Baca Juga: Perhatikan 7 Tanda Kesehatan yang Bisa Ketahuan dari Kondisi Tidurmu

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya