Comscore Tracker

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!

#IDNTimesHealth Tingkatkan mood dan kesehatan jantung

Memiliki kesehatan tubuh dan jiwa yang baik tentunya menjadi harapan bagi banyak orang. Salah satu cara dalam mencapainya adalah dengan melalui teknik grounding. Grounding atau earthing pada dasarnya merupakan teknik yang dilakukan dengan cara memijakkan kaki langsung pada tanah atau rumput sehingga tubuh jadi terkoneksi langsung dengan bumi.

Meski merupakan aktivitas sederhana, namun beberapa manfaat berikut ini dapat kamu peroleh lewat cara grounding. Yuk, simak ulasannya!

1. Mengoptimalkan imun tubuh

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!ilustrasi orang tersenyum (Pexels/Andrea Piacquadio)

Manfaat paling penting dari grounding atau earthing bagi kesehatan adalah karena dapat membantu mengoptimalkan imunitas dalam tubuh. Lewat cara ini, aktivitas grounding layaknya kandungan antioksidan yang berperan baik bagi tubuh. Adanya gelombang elektrik dari bumi seakan berperan penting dalam membuat tubuh menjadi lebih sehat.

2. Relaksasi otot

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!ilustrasi otot (Pexels/samer daboul)

Untuk kamu yang banyak menggunakan otot sebagai pilihan untuk bekerja atau beraktivitas, maka cara grounding dapat berperan penting dalam hal ini. Grounding dinilai mampu memberikan relaksasi yang baik pada otot. Selain melindungi otot dari kerusakan, grounding juga mampu membuat tubuh jadi semakin bugar sehingga mudah dalam beraktivitas.

3. Memiliki segudang manfaat untuk kardiovaskular

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!ilustrasi berolahraga (Pexels/Ketut Subiyanto)

Grounding juga diklaim sebagai aktivitas sederhana yang sangat bermanfaat untuk kesehatan kardiovaskular. Hal ini senada dengan penjelasan bila memang grounding dapat membantu meningkatkan efek relaksasi pada tubuh. Tentunya dapat membantu penderita hipertensi dalam menurunkan kadar darahnya.

Baca Juga: Ingin Mengusir Kecemasan dan Pikiran Negatif? Coba Teknik Grounding 

4. Memperoleh tidur berkualitas

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!ilustrasi orang tidur (Pexels/cottonbro)

Jika kamu merasa sulit untuk memperoleh kualitas tidur yang baik, tak ada salahnya dalam mencoba grounding atau earthing. Cara ini dinilai cocok untuk membantu tubuh menjadi lebih rileks sehingga perasaan tak nyaman dapat dibuang jauh-jauh. Dengan begitu, tidur pun jadi jauh lebih berkualitas.

5. Memperbaiki mood

5 Manfaat Grounding untuk Kesehatan Fisik dan Jiwa, Dekat dengan Alam!ilustrasi orang sedang duduk (Pexels/cottonbro)

Grounding atau earthing memang punya banyak koneksi terhadap kesehatan mood. Alasannya adalah karena aktivitas ini dapat membantu meredakan tingkat depresi yang ada dengan cara menyatu bersama alam. Setiap tapakannya mampu memberikan efek relaksasi sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

 

Ternyata aktivitas sederhana seperti grounding atau earthing dapat memberikan banyak manfaat baik bagi kesehatan tubuh dan mental. Tetap sehat setiap saat!

Baca Juga: 5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya