Comscore Tracker

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!

#IDNTimesHealth Memberikan dampak baik bagi kesehatan jiwa

Skinship merupakan istilah yang merujuk pada kebiasaan untuk saling menyentuh atau berkontak fisik satu sama lain. Biasanya skinship banyak dilakukan oleh pasangan ataupun sahabat.

Meski hanya sekadar sentuhan biasa, namun skinship dipercaya memiliki banyak dampak positif bagi kesehatan. Beberapa efek baik ini dapat kamu peroleh bila rutin melakukan skinship.

1. Mampu memproduksi hormon oksitosin

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!ilustrasi senyum bahagia (Pexels/Ava Motive)

Dampak paling dasar dari kebiasaan melakukan skinship adalah kemampuan untuk memproduksi hormon oksitosin. Hormon tersebut mampu memberikan efek bahagia dan dapat memengaruhi suasana hati menjadi lebih baik.

Hormon ini pula yang dapat mengurangi rasa nyeri. Tentu saja kamu dapat banyak memproduksi hormon ini melalui skinship.

2. Mengurangi kadar tekanan darah

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!ilustrasi mahasiswa (Unsplash/Jeswin Thomas)

Kebiasaan untuk melakukan skinship juga berdampak baik dalam mengurangi kadar tekanan darah dalam tubuh. Tak heran bila memang efek skinship sangat baik untuk mengurangi stres yang menghadang.

Kamu dapat secara rutin melakukan skinship dengan orang terkasih untuk membuat tekanan darah jadi lebih terkontrol. Namun, tetap saja dengan mengontrol asupan makanan yang ada.

3. Efek rileksasi pada tubuh

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!ilustrasi orang tersenyum (Pexels/Andrea Piacquadio)

Merangkum dari efek positif yang dihasilkan dari produksi hormon oksitosin dan penurunan kadar tekanan darah, tentunya hal ini akan berdampak pada tubuh yang mulai terileksasi. Tentunya efek inilah yang akan berdampak positif bagi kesehatan tubuh. Kamu jadi dapat mengontrol kadar stres dan dapat secara mudah menjalani aktivitas tanpa beban.

Baca Juga: Mengatasi Masalah Kesehatan Fisik dan Mental dengan Terapi Hewan

4. Mempererat hubungan dengan pasangan

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!ilustrasi orang berpelukan (Pexels/Josh Willink)

Untuk skinship yang dilakukan pasangan suami istri, ternyata efeknya sangat luar biasa bagi kesehatan dan hubungan. Kebiasaan untuk saling menyentuh dapat mempererat hubungan yang ada bersama pasangan. Selain itu, kamu dan pasangan pun dapat selalu menunjukkan rasa sayang melalui skinship.

5. Merasa dipercaya dan diakui

5 Manfaat Kesehatan dari Skinship, Sentuhan Fisik yang Penuh Cinta!ilustrasi memegang tangan (Pexels/Jasmine Carter)

Efek lainnya dari skinship bagi kesehatan mental adalah perasaan yang merasa dipercaya dan diakui. Hal ini sangat positif bagi kesehatan karena dapat meningkatkan kepercayaan diri dengan baik. Melalui cara tersebut, maka kamu pun akan selalu memiliki energi positif yang dapat dirasakan sekelilingmu.

 

Meski hanya sebatas sentuhan biasa, ternyata skinship memiliki banyak efek positif bagi kesehatan tubuh dan mental. Jangan anggap sebelah mata, lho!

Baca Juga: Sangat Risih, 5 Zodiak Ini Tidak Nyaman dengan Sentuhan Fisik Pasangan

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya