Comscore Tracker

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!

#IDNTimesHealth Atur pola makan anak dengan menu ideal

Obesitas merupakan kondisi di mana seseorang memiliki berat badan berlebih atau lemak di dalam tubuhnya. Semua orang punya risiko yang sama untuk mengalami obesitas, tak terkecuali anak-anak.

Tentunya ibu memiliki peran penting untuk dapat mengatur pola makan anak dan memilih menu apa yang sebaiknya aman untuk dikonsumsi. Ibu dapat melakukan beberapa hal berikut ini agar anak dapat terbebas dari risiko obesitas.

1. Perkenalkan anak dan keluarga dengan makanan sehat

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!ilustrasi keluarga sedang makan (Unsplash/Jimmy Dean)

Keluarga merupakan orang terdekat yang biasanya akan mengambil peran untuk memberikan contoh pada anak. Memulai semuanya dari keluarga tentu menjadi catatan penting untuk membantu menghindari kemungkinan risiko obesitas pada anak.

Biasakan anak dan keluarga untuk mengonsumsi makanan yang sehat agar nantinya tak merasa 'tersiksa' jika harus makan makanan yang aman. Pola makan dengan menu yang baik akan mampu menjaga berat badan yang ideal.

2. Membuat batasan untuk sajian yang tak sehat

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!ilustrasi anak sedang makan (Unsplash/Markus Spiske)

Anak-anak mungkin akan mulai mengenal banyak makanan di luar dengan beragam menunya. Namun, tak semua makanan di luar itu aman untuk dikonsumsi. Oleh sebab itu, para ibu juga harus membuat batasan penting tentang makanan tak sehat yang sebaiknya dikurangi oleh anak. Ibu juga harus tahu makanan apa saja yang anak sering makan jika berada di luar rumah.

3. Ajari anak untuk makan secara perlahan

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!ilustrasi anak sedang makan (Unsplash/Providence Doucet)

Salah satu penyebab dari obsesitas adalah cara makan yang terburu-buru dan polanya yang berantakan. Para ibu perlu belajar untuk mengajari anak untuk makan secara perlahan dan dengan pola yang tepat. Pola tersebut adalah dengan mengatur jam makan anak saat sedang lapar sehingga mereka tak akan mengonsumsi makanan terlalu sering atau dengan porsi yang besar.

Baca Juga: 5 Penyebab Obesitas pada Anak, Ayo Waspadai Bun!

4. Pola tidur yang baik

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!ilustrasi anak sedang tidur (Unsplash/Igordoon Primus)

Tidur juga menjadi salah satu cara terbaik untuk mencegah obesitas pada anak. Para ibu harus tahu bagaimana agar anak dapat memiliki pola tidur yang baik sehingga nantinya berdampak positif pada kesehatannya.

Jangan biasakan mereka untuk tidur malam atau tidur melebihi batas waktu yang ideal. Tidur dengan rentang waktu yang cukup sangat membantu untuk mengurangi risiko obesitas.

5. Ajak anak untuk memperbanyak olahraga fisik

5 Tips Hindari Obesitas pada Anak, Pola Makannya Harus Teratur!ilustrasi anak sedang berlari (Unsplash/Julia Raasch)

Cara lainnya yang ampuh untuk mengatasi risiko obesitas pada anak adalah dengan mengajarkan olahraga fisik yang sesuai dengan usianya. Kurangi kebiasaan anak untuk bermain ponsel atau bermalas-malasan, apalagi setelah makan.

Hal tersebut akan meningkatkan kemungkinan anak untuk menjadi obesitas. Lakukan gerakan kecil yang dapat memberikan dampak besar bagi tubuh.

Melalui cara pola asuh yang tepat, maka dapat membantu anak dalam menghindari risiko berat badan berlebih atau obesitas. Berat badan anak jadi lebih ideal dan bebas beraktivitas, deh!

Baca Juga: Dari Obesitas hingga Depresi, Berikut Dampak Fast Food Bagi Tubuh

Abdi K Tresna Photo Verified Writer Abdi K Tresna

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Abigail Putra

Berita Terkini Lainnya