Comscore Tracker

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnya

Gak cuma kunyit tenyata!

Indonesia terkenal dengan alamnya yang sangat kaya, Berbagai macam tumbuhan dapat tumbuh subur dengan baik di tanah Indonesia, Berbagai manfaat pun dapat diambil dan dimanfaatkan untuk kepentingan manusia. Termasuk juga beberapa jenis tanaman dari genus curcuma yang memiliki banyak manfaat untuk berbagai bidang. Dan berikut adalah beberapa jenis tanaman dari genus curcuma yang banyak tumbuh di Indonesia dan tentunya memiliki manfaat yang sangat banyak baik untuk bidang kesehatan maupun kecantikan yang dilansir dari healtline.com. Yuk simak daftarnya!

1. Kunyit (Curcuma longa)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyacosmacon.de

Kunyit merupakan salah satu tanaman dari genus curcuma yang paling banyak dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia. Masyarakat biasanya menggunakan kunyit sebagai bumbu masak dan bahan pembuatan jamu atau obet herbal. Kunyit mengandung zat bernama kurkumin yang bisa dimanfaatkan sebagai penambah nafsu makan, obat maag, mengatasi tukak lambung bahkan bisa mencegah kanker. Bahkan menurut hasil penelitian yang dikutip dari Daily Health, Kunyit terbukti mampu lebih efektif mengendalikan maag dari pada plasebo.

2. Temulawak (Curcuma zanthorrhiza)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyaafislife.com

Temu lawak juga termasuk tanaman dari genus curcumin atau suku temu-temuan. Temu lawak yang sekilas memiliki bentuk yang serupa dengan kunyit ini memiliki kandungan zat tepung, kurkumin dan minyak atsiri yang mampu meningkatkan kinerja ginjal dan sebagai antiinflamasi. Tanaman ini biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu atau minuman kesehatan. Seperti dalam jurnal linical Gastroenterology and Hepatology  yang mengungkapkan bahwa pasien gangguan pencernaan yang ruti meminum ramuan temulawak terbukti menunjukkan keadaan yang terus membaik.

3. Temu Putih (Curcuma zedoaria)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyasavemoney.es

Sekilas tanaman ini memiliki bentuk luar yang sangat serupa dengan kunyit, hanya yang paling bisa dibedakan dari kunyit putih ini adalah daging rimpangnya yang memang berwarna lebih terang dan cenderung putih. Tanaman ini juga biasa dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu untuk mengatasi kelebihan berat badan, antioksidan dan juga mampu menurunkan kecemasan dan stres.

Baca Juga: Tahukah Kamu, Harga 5 Rempah-rempah Ini Ada yang Seharga Mobil

4. Temu Mangga (Curcuma amada)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyadeherba.com

Temu mangga dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan menangkal radikal bebas. Selain dibuat jamu temu mangga juga kerap kali dibuat lalapan untuk dimakan bersama nasi dan lauk lainnya. Untuk jamu berbentuk kapsul, tanaman temu mangga ini harus melewati proses ekstraksi terlebih dahulu.

5. Temu Hitam (Curcuma aeruginosa)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyaegindo.co

Temu hitam atau dikenal juga dengan sebutan temu ireng juga populer untuk dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan jamu dan minuman kesehatan. Temu ireng memiliki ciri khas yang mana daging rimpangnya berwarna kebiruan dengan kulit yang cenderung lebih gelap jika dibanding tamana genus curcuma lainnya. Menurut hasil penelitian dari Naresuan University Thailand, Temu ireng terbukti mampu mengatasi kebotakan pada pria dengan lebih efektif.

6. Temu Giring (Curcuma heyneana)

6 Jenis Empon-empon Ini Ternyata Banyak Manfaatnyaindonesian.alibaba.com

Satu lagi tanaman dari jenis temu-temuan atau genus curcuma yang banyak dimanfaatkan sebagai tanaman obat, yaitu temu giring. Tanaman ini memiliki kandungan tannin, minyak atsiri, flavonoida, piperazin sitrat, damar, kurkumin, protein, dan lemak yang banyak dimanfaatkan untuk berbagai keperluan baik di bidang kesehatan ataupun kecantikan. Temu giring dipercaya mampu mengatasi cacingan, Jantung berdebar bahkan hingga penanganan kadas kurap pada kulit.

Nah itu dia beberapa tanaman dari genus curcumin yang ternyata memiliki banyak sekali manfaat. Namun ingat untuk konsumsi jangka panjang dan mendapat hasil maksimal tetap harus sesuai kebutuhan dan porsinya ya.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Rempah Kering Berkualitas untuk Bumbu Masak di Rumah

Vini Krisdiani Photo Verified Writer Vini Krisdiani

just write it !

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Berita Terkini Lainnya