Comscore Tracker

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan 

Yuk mulai konsumsi!

Kolesterol di dalam darah terdiri dari HDL (kolesterol baik), LDL (kolesterol jahat), dan trigliserida. HDL berfungsi mengangkut kolesterol jahat dari pembuluh darah ke hati untuk dipecah. Oleh karena itu HDL disebut dengan "kolesterol baik" karena dapat mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah.

Kolesterol yang menumpuk di pembuluh darah dapat membentuk suatu plak yang disebut aterosklerosis. Aterosklerosis dapat menyumbat pembuluh darah dan mengganggu peredaran darah. Hal itu dapat menyebabkan banyak penyakit seperti tekanan darah tinggi, stroke, dan penyakit jantung.

Untuk mencegah terbentuknya plak di pembuluh darah akibat kolesterol jahat yang menumpuk, kamu perlu mengonsumsi makanan yang banyak mengandung kolesterol baik. Berikut beberapa makanan tinggi HDL yang baik untuk kesehatan.

1. Buah yang kaya serat

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi buah-buahan (freepik.com)

Buah yang mengandung banyak serat seperti apel dan pir dapat meningkatkan kadar HDL dan menurunkan kadar LDL dalam darah. Kamu bisa memakannya secara langsung atau membuatnya menjadi smoothie atau salad dengan mencampur dengan buah atau sayur yang lain.

2. Kacang-kacangan

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi kacang-kacangan (pexels/ Frans Van Heerden)

Kacang tanah, almon, mete, pistacio dan kacang-kacangan yang lain mengandung lemak yang baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kacang-kacangan juga tinggi serat dan sterol. Sterol berfungsi untuk mencegah penyerapan kolesterol dalam tubuh.

3. Gandum utuh

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi gandum (unsplash/ Monika Grabkowska)

Gandum utuh seperti sereal dan oatmeal mengandung tinggi serat sehingga dapat menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dalam darah. Dengan begitu HDL dalam darah akan meningkat dan baik untuk kesehatan

Baca Juga: 5 Makanan yang Baik Disantap Setelah Melahirkan, Sehat-sehat Semua!

4. Chia Seed dan Flaxseed

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi chia seeds (pexels/ Delphine Hourlay 14 f)

Biji chia dan flaxseed atau biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang bagus untuk tubuh. Kamu bisa menambahkan chia seeds dan flaxseed ke dalam salad, oatmeal, atau smoothies.

5. Ikan yang berlemak

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi salmon (unsplash/ Caroline Attwood)

Ikan yang mengandung lemak seperi makarel, salmon, tuna, dan sarden mengandung omega-3 yang dapat menurunkan kadar LDL. Konsumsi ikan berlemak ini minimal seminggu sekali untuk meningkatkan kadar HDL.

6. Alpukat

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi alpukat (freepik/ @dashu83)

Alpukat memiliki kandungan lemak tunggal tak jenuh yang dibutuhkan oleh tubuh. Dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tak jenuh maka kadar LDL akan turun dan HDL akan meningkat. Selain itu alpukat juga mengandung folat dan serat yang baik untuk kesehatan.

7. Minyak zaitun

7 Makanan Sumber HDL, Kolesterol Baik untuk Kesehatan Ilustrasi minyak zaitun (pexels/ pixabay)

Minyak zaitun mengandung lemak yang baik untuk jantung karena dapat mengurangi efek peradangan dari LDL. Kamu dapat menggunakan minyak zaitun untuk menumis makanan. Sebaiknya hindari makanan yang digoreng dengan minyak sawit dan minyak lainnya ya.

Itulah 7 makanan yang mengandung lemak baik dan dapat membantu menurunkan kadar lemak jahat dalam tubuh. Perbanyak konsumsi makanan yang sehat untuk kesehatanmu ya.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat yang Gak Pernah Gagal Buat Naikin Mood Kamu

wiwit widiastuti Photo Verified Writer wiwit widiastuti

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya