Comscore Tracker

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Ini normal, tetapi jika terlalu sering kamu harus waspada

Mungkin kamu pernah merasa terangsang secara seksual secara tiba-tiba. Gairah tersebut datang tanpa diundang dan mungkin terjadi pada momen yang tidak diinginkan. 

Pada kebanyakan kasus, gairah seks yang muncul secara tiba-tiba, baik pada laki-laki maupun perempuan, bukanlah sesuatu yang perlu diwaspadai. Namun, tentu saja ini membuat kita bertanya-tanya akan penyebabnya. Berikut ini adalah beberapa penyebab libido mendadak tinggi.

1. Produksi hormon yang sedang naik

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatanilustrasi menstruasi (freepik.com/freepik)

Sudah banyak penelitian yang mengungkapkan gairah akan seks berhubungan dengan produksi hormon dalam tubuh. Dilansir Mind Body Green, gairah seks memiliki hubungan kuat dengan hormon testosteron. Studi dalam jurnal Current Opinion in Urology tahun 2018 menerangkan lebih lanjut fenomena tersebut dengan mengamati terapi hormon testosteron yang ditemukan mampu meningkatkan fungsi ereksi dan libido laki-laki.

Faktanya, hormon estrogen dan progesteron juga berkontribusi pada naiknya libido secara tiba-tiba. Mengutip Medical News Today, estrogen berperan penting dalam perkembangan reproduksi dan seksual, khususnya saat seseorang mengalami pubertas. Makin tinggi produksi estrogen, makin tinggi pula gairah seks individu tersebut.

Berbanding terbalik dengan progesteron, makin tinggi kadar hormon tersebut, maka makin rendah gairah seks seseorang. Ini terbukti lewat berbagai penelitian yang mencoba menguak kondisi menopause pada perempuan.

Ada banyak hal yang mempengaruhi produksi hormon ini. Mulai dari frekuensi olahraga hingga kondisi yang tidak bisa dihindari, seperti pubertas atau sedang menstruasi.

2. Konsumsi makanan yang meningkatkan gairah seks

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatanilustrasi ginseng (pixabay.com/whaltns17)

Ada beberapa makanan yang bisa membuat seseorang terangsang secara seksual, dikenal dengan afrodisiak. Beberapa makanan tersebut adalah artichoke, asparagus, cokelat, buah ara, tiram, cabai, stroberi, semangka, dan lain-lain. Namun, makanan-makanan tersebut belum banyak diteliti dan hanya memiliki sedikit bukti ilmiah akan khasiatnya.

Ginkgo biloba dan ginseng merah adalah beberapa bahan makanan yang terbukti secara ilmiah dapat membangkitkan gairah seks. Studi berjudul “Ginseng and male reproductive function” dalam jurnal Spermatogenesis tahun 2013, ginseng diketahui mampu meningkatkan kualitas dan jumlah sperma.

Jadi, bila libido naik secara mendadak, mungkin penyebabnya adalah makanan yang kamu lahap sebelumnya.

Baca Juga: 5 Referensi Seks agar Aktivitas Bercumbu Makin Bergairah

3. Minum alkohol dalam jumlah tinggi

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatanilustrasi minum alkohol (atlantictraining.com)

Alkohol dapat menjadi salah satu penyebab seseorang terangsang secara seksual. Menurut buku Recent Developments in Alcoholism tahun 1995, disebutkan kalau konsumsi alkohol dapat meningkatkan gairah seksual, rangsangan, dan kenikmatan seksual pada perempuan, tetapi di sisi lain menurunkan rangsangan fisiologis.

Penurunan rangsangan fisiologis ini menyebabkan seseorang bisa melakukan seks lebih lama. Menurut sebuah laporan dalam jurnal Archives of Sexual Behavior tahun 2018. Dijelaskan kalau durasi seks yang lebih lama tersebut disebabkan karena alat kelamin yang kebas akibat efek alkohol. Bahkan, perempuan yang mengonsumsi alkohol dilaporkan mengalami pelumasan alami vagina dan sulit mencapai orgasme.

Kondisi serupa juga dialami laki-laki. Disebutkan bahwa alat kelamin laki-laki akan mengalami penurunan sensasi akibat alkohol dan membuat seks jadi bisa bertahan lebih lama. Lebih dari itu, alkohol membuat laki-laki menjadi lebih berani dan mengurangi batasan dalam melakukan hubungan seks.

4. Terlalu sering masturbasi

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatanilustrasi masturbasi (shutterstock.com/ECOSY)

Masturbasi berpengaruh secara langsung maupun tidak langsung pada peningkatan libido seseorang. Makin sering seseorang melakukan aktivitas seksual, termasuk masturbasi, makin mudah pula mereka untuk terangsang, mengingat masturbasi melepaskan hormon dopamin dan testosteron.

Fakta menarik: masturbasi bisa digunakan untuk meningkatkan gairah pasangan. Dilansir Psychology Today, perempuan yang melakukan masturbasi pada umur 50 tahunnya, sebanyak 36 persen di antaranya masih melakukan hubungan seks. Data dari North American Menopause Society membuktikan bagaimana masturbasi bisa berpengaruh pada frekuensi peningkatan atau munculnya gairah seksual.

5. Menderita gangguan rangsangan seksual persisten

5 Penyebab Tiba-tiba Terangsang, Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatanilustrasi masalah pada alat kelamin (ctocrx.com)

Peningkatan libido secara tiba-tiba juga bisa jadi tanda adanya masalah dalam tubuh. Dilansir WebMD, kondisi tersebut bisa menjadi gejala gangguan rangsangan seksual persisten atau persistent general arousal disorder (PGAD). Ini merupakan kondisi langka dan masih belum diketahui penyebab pastinya.

Meski demikian, para ahli menduga PGAD bisa ditimbulkan oleh masalah psikis, efek obat tertentu, infeksi genital, perubahan hormonal, hingga masalah pada panggul. Ada pula riset yang menyebut bahwa masalah sistem saraf dalam tubuh juga bisa memunculkan PGAD. Sebagai contoh, ada kasus PGAD pada perempuan karena adanya kista di dekat pangkal tulang belakang mereka.

PGAD berbeda dengan hiperseksual. Hiperseksual membuat penderitanya banyak berpikir dan membayangkan melakukan seks setiap saat, sedangkan PGAD membuat penderitanya terangsang bahkan saat tidak sedang memikirkan seks.

PGAD hanya bisa diatasi dengan cara memeriksakan diri ke dokter dan melihat apakah penyebabnya merupakan masalah pada fisik atau mental.

Itulah beberapa penyebab seseorang terangsang secara seksual secara tiba-tiba. Umumnya ini bukan masalah. Namun, jika kamu merasa terganggu atau ini cukup sering dialami hingga memengaruhi keseharian, baiknya periksakan diri ke dokter.

Baca Juga: 7 Kode Seksual Terbaik untuk Pasangan saat Terangsang

Topic:

  • Nurulia R. Fitri

Berita Terkini Lainnya