Comscore Tracker

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!

Banyak yang kita gatau ternyata itu tanda biseksual...

Di dunia ini, kita tidak bisa mendikte semua manusia untuk memiliki selera yang sama soal seksualitas, mengingat ada banyak faktor penyebabnya, yang juga masih diperdebatkan secara ilmiah. Ya, di luar sana banyak orang yang tidak hanya menyukai lawan jenisnya, tapi juga sesama jenisnya. Bahkan, ada pula orang yang menyukai keduanya atau biasa kita kenal sebagai biseksual.

Nah, kamu perlu tahu lebih dalam apa sih sebenarnya biseksual itu. Sebab, rupanya biseksual tidak sesimpel kamu menyukai baik pria maupun wanita saja. Mau tahu apa itu biseksual dan kenapa bisa seseorang menjadi biseksual? Simak ulasan selengkapnya.

1. Kamu adalah biseksual kalau tertarik dengan kedua jenis kelamin itu

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!ecosalon.com

Healthline melaporkan bahwa kamu adalah biseksual bahkan ketika tertarik kepada pria maupun wanita. Jadi, meskipun kamu tidak menunjukkannya secara terang-terangan, kamu tetaplah seorang biseksual. Hal ini pun diperkuat oleh seorang aktivis biseksual Robyn Ochs yang ucapannya pernah populer.

“Saya menyebut diri saya biseksual karena saya mengakui bahwa saya memiliki potensi untuk tertarik secara romantis dan/atau seksual kepada orang-orang yang memiliki lebih dari satu jenis kelamin, tidak harus pada saat yang sama, tidak harus dengan cara yang sama, dan belum tentu pada tingkat yang sama." - Robyn Ochs, aktivis biseksual.

2. Biseksual bukan berarti kamu setengah gay setengah normal

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!huffingtonpost.com

Masih banyak orang yang berpikir kalau orang yang biseksual itu berarti setengah gay dan setengah normal. Jika kamu berpikir seperti itu, maka kamu salah. Nyatanya, biseksual adalah identitas unik yang bukan merupakan cabang dari gay atau lesbi.

3. Berpacaran dengan lawan jenis tidak bisa membantah kamu adalah biseksual

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!girlslife.com

Jika kamu memiliki ketertarikan kepada pria maupun wanita, itu artinya kamu adalah biseksual. Tidak ada yang bisa menutupinya.

Bahkan jika kamu berpacaran dengan lawan jenis kamu, itu tidak membuat kamu bukan seorang biseksual lagi. Jadi, biseksual tidak bisa dilihat dari status.

Baca Juga: Kenali 10 Istilah Orientasi Seksual, dari Biseksual sampai Omniseksual

4. Punya ketertarikan seks dengan lawan jenis, tapi punya ketertarikan romantis dengan sesama jenis

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!psypost.org

Mungkin kamu mengira kalau orang yang biseksual itu adalah orang-orang yang senang melakukan hubungan seks dengan kedua jenis kelamin itu. Akan tetapi, walaupun kamu hanya tertarik secara seks dengan lawan jenis tapi tetap tertarik secara romantis dengan sesama jenis, maka kamu adalah biseksual.

5. Biseksual tidak melekat selamanya

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!slate.com

Apakah kamu kini menyadari bahwa kamu adalah seorang biseksual? Jika iya, mungkin pertanyaan kamu yang selanjutnya adalah apakah biseksual akan melekat pada diri kamu selamanya? Jawabannya adalah tidak. Pasalnya, biseksual memang sifat yang selalu berubah sehingga sewaktu-waktu bisa hilang.

6. Tidak ada tes yang dapat menguji apakah kamu biseksual atau bukan

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!telegraph.co.uk

Masalah biseksual atau tidaknya diri kamu hanya kamu yang tahu. Sebab, tidak ada tes yang bisa memberi tahu sebenarnya orientasi seksual kamu ke arah mana. Oleh karena itu, kamu bisa menilai dari pengalaman hingga ketertarikan kamu kepada pria dan wanita untuk mengetahui apakah kamu biseksual atau bukan.

7. Pengalaman pria biseksual yang sudah menikah

7 Hal Ini Bikin Kamu Sadar bahwa Biseksual Tidak Sesimpel Itu!evoke.ie

Dilansir dari Psychology Today, ada pengakuan dari seorang pria yang sudah menikah namun dia menyadari kalau dirinya adalah biseksual. Meskipun dia juga menyukai sesama jenis, namun dia memiliki hasrat yang sangat besar untuk punya anak dan cucu. Maka dari itu dia tetap menikah, walaupun dia harus berjuang keras untuk tidak terus menerus menyukai sesama jenisnya.

Nah, itulah 7 fakta unik seputar biseksual yang harus kamu ketahui. Jadi, dilihat dari sifat-sifat yang dijelaskan di atas, apakah kamu termasuk biseksual? Dijawab dalam hati saja. Setidaknya kita perlu jujur pada diri sendiri, agar lebih mudah menemukan kedamaian hati dan solusi jika memang kamu merasa itu masalah.

Baca Juga: Mengapa Seseorang Bisa Menyukai Sesama Jenis? Ini Penjelasan Ilmiahnya

Topic:

  • Adhyasta Dirgantara
  • Bayu D. Wicaksono
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya