TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ciri-Ciri Ejakulasi Dini Perempuan, Ketahui Juga Penyebabnya

Ejakulasi dini gak hanya terjadi pada laki-laki

ilustrasi perempuan di atas ranjang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Ejakulasi dini jadi satu masalah kesehatan seksual yang kerap dibahas. Bukan hanya terjadi pada laki-laki, kondisi tersebut juga dapat dialami oleh perempuan, lho.

Ciri-ciri ejakulasi dini perempuan pun dikatakan tidak jauh berbeda dengan laki-laki. Untuk informasi lebih lengkapnya, baca terus sampai akhir, ya.

Apa itu ejakulasi dini perempuan?

Sesuai namanya, ejakulasi dini merupakan kondisi ketika seseorang mengalami ejakulasi sebelum waktunya. Meski tidak ada ketentuan waktu ideal, biasanya ejakulasi ini terjadi lebih cepat dari waktu biasanya.

Kamu mungkin lebih sering mendengar masalah kesehatan ini terjadi pada laki-laki. Hal tersebut memang betul. Walau begitu, sebetulnya ejakulasi dini pun dapat terjadi pada perempuan. Sayangnya, belum banyak literatur yang membahas kondisi tersebut.

Ejakulasi dini laki-laki yang secara resmi termuat dalam panduan referensi psikiater definitif Diagnostic and Statistical Manual of Mental Health (DSM). Nah, studi terbaru dalam Sexologies menyebutkan bahwa sekitar 40 persen perempuan yang aktif secara seksual terkadang pun mengalaminya. Lebih jelasnya, 14 persen mungkin mengalami Female Premature Orgasm (FPO), sedangkan 3,3 dipastikan sudah positif FPO.

Baca Juga: Air Mani Seperti Jeli Saat Ejakulasi, Haruskah Khawatir?

Ciri-ciri ejakulasi dini perempuan

ilustrasi perempuan di ranjang (pexels.com/cottonbro)

Seperti disebutkan sebelumnya, ejakulasi dini pada perempuan belum dicantumkan dalam standar khusus. Oleh karena itu, ciri-ciri ejakulasi dini perempuan pun mungkin didefinisikan secara berbeda.

Mayo Clinic secara umum menyebutkan ciri-ciri ejakulasi dini pada perempuan seperti berikut:

  1. Selalu atau hampir selalu ejakulasi saat penetrasi berlangsung singkat
  2. Tidak mampu menunda ejakulasi hampir setiap kali berhubungan intim
  3. Merasa tertekan sehingga cenderung menghindari rangsangan seksual.

Beberapa perempuan bahkan dapat mengalami ejakulasi tanpa mendapat rangsangan fisik. Lebih lanjut, orgasme mungkin dirasakan secara tiba-tiba dan di luar kendali.

Penyebab ejakulasi dini perempuan

Khokar Advanced Ayurveda Center for Infertity and Sexual Disorders mengungkapkan beberapa penyebab kondisi di atas. Salah satunya sensitivitas berlebih pada organ seksual.

Lebih lanjut, tingkat hormon yang fluktuatif, masalah aliran darah atau pembuluh darah, hingga siklus menstruasi juga dapat memengaruhinya. Terlebih jika seseorang mendapatkan obat hormonal tertentu yang bisa menjadi faktor lainnya.

Baca Juga: Beda Sensasi Ejakulasi di Luar dan di Dalam Saat Bercinta

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya