Comscore Tracker

4 Infeksi Menular Ini Bisa Muncul Gara-gara Ciuman, Waspada Ya

Lebih menjaga diri kalau hendak berciuman

Pada umumnya penyakit menular seksual atau infeksinya lebih dikaitkan dengan hubungan seks vaginal, anal atau oral. Namun, tahukah kamu bahwa ciuman juga bisa menimbulkan infeksi, meskipun kemungkinannya relatif lebih rendah?

Sudah saatnya kamu tahu dan lebih menjaga diri nih kalau hendak berciuman. Berikut adalah empat macam infeksi yang bisa ditimbulkan karena berciuman.

1. Herpes oral

4 Infeksi Menular Ini Bisa Muncul Gara-gara Ciuman, Waspada Yatodaysrdh.com

Herpes oral, sering disebut sebagai luka dingin, disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 1 (HSV-1). Menurut para ahli, itu adalah infeksi yang paling umum menyebar melalui ciuman. Wanita dikatakan lebih rentan daripada pria terhadap virus.

Resiko penularan juga lebih tinggi jika ada luka di mulut atau di bibir. Oleh karenanya, pakar medis menyarankan untuk segera melihat area mulut sebelum mencium seseorang, apa ada luka atau tidak untuk mencegah penyebaran virus tersebut.

2. Gingivitis

4 Infeksi Menular Ini Bisa Muncul Gara-gara Ciuman, Waspada Yaprodiaohi.co.id

Gingivitis atau radang gusi juga salah satu infeksi yang bisa ditimbulkan karena berciuman. Infeksi ini disebabkan oleh bakteri yang ada dalam mulut. Infeksi akibat bakteri ini biasanya terjadi karena kurangnya menjaga kebersihan mulut dan juga adanya kontak air liur saat berciuman.

Mencium seseorang yang memiliki penyakit gusi ini bisa membantu penyebaran bakteri.  Karena itu, ketika hendak berciuman, pastikan bahwa pasanganmu tidak memiliki penyakit mulut dan juga jangan lupa untuk rutin sikat gigi ya.

Baca Juga: 5 Fakta Hidung, Organ Pernapasan dan Penciuman yang Luar Biasa

3. Mononukleosis

4 Infeksi Menular Ini Bisa Muncul Gara-gara Ciuman, Waspada Yapandagossips.com

Mononukleosis adalah infeksi yang disebabkan oleh virus Epstein-Barr (EBV). Infeksi ini sering juga disebut 'penyakit berciuman'. Hal ini karena mononukleosis dapat tertular melalui air liur saat berciuman, batuk, bersin atau berbagi peralatan makan atau sikat gigi dengan orang lain.

Setelah terinfeksi, seseorang dapat mengalami gejala-gejala seperti kelelahan ekstrem, sakit tenggorokan, demam, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar getah bening. Infeksi ini lebih besar menyerang orang dengan usia 15-30 tahun.

4. Sifilis

4 Infeksi Menular Ini Bisa Muncul Gara-gara Ciuman, Waspada Yahalodoc.com

Sifilis adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi bakteri Troponema Pallidum. Umumnya, bakteri ini paling sering ditularkan melalui hubungan seksual. Bakteri ini bisa mengifeksi apabila terdapat luka pada alat genital, anus dan juga rongga mulut. 

Sifilis ditularkan karena melakukan perilaku seksual beresiko, seperti gonta-ganti pasangan seksual, tidak mengetahui riwayat seksual pasangan dan penggunaan kondom yang tidak tepat/tanpa menggunakan kondom.

Karena itu, sebelum kamu hendak berciuman dengan pasangan, sebaiknya kamu cari tahu dulu riwayat seksual pasanganmu agar bakteri yang tidak diinginkan tidak menginfeksi tubuhmu.

Nah, itulah beberapa infeksi yang dapat menyerang melalui ciuman. Kalau sudah tahu, maka lebih waspada saat berciuman dengan pasangan.

Baca Juga: Jangan Pakai Lidah, Baca Deh 6 Tips Sukses Ciuman Pertama

Arya Sarimata Photo Community Writer Arya Sarimata

"When life gets you down, you know what you gotta do? Just keep swimming."- Dory

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Efendi Ari Wibowo

Just For You