Comscore Tracker

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!

Jangan dianggap biasa, jika kamu sudah sering menggaruk

Jujur aja pada dirimu sendiri, seberapa sering kamu menggaruk selangkanganmu? Yah, aktivitas ini memang sangat pribadi, jadi sering kali dilakukan secara sembunyi-sembunyi. Kecuali kalau kamu memang gak peduli dengan image kamu ketika menggaruk selangkanganmu di tempat umum ya.

Seperti halnya dengan rasa gatal di area tubuh yang lain, gatal di selangkangan juga jangan kamu biarkan ketika itu sudah sering terjadi. Yang perlu kamu tahu, gatal di selangkangan ini ternyata menular. Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penjelasan medis terkait rasa gatal di selangkangan!

1. Siapa yang biasanya mengalami gatal di selangkangan?

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!laopinion.com

Selangkangan gatal paling sering terjadi pada pria dan remaja pria. Sebenarnya itu adalah dampak dari infeksi jamur. Infeksi yang terjadi pada daerah tersebut dapat menyebabkan ruam, yang sering terasa gatal atau terbakar. Dilansir laman healthline.com, efek gatal berlebihan pada selangkangan bisa mudah terlihat, area yang terkena infeksi tersebut menjadi merah, bersisik, atau bersisik. Untuk kasus awal, gatal selangkangan ini termasuk jenis infeksi yang ringan.

Jika kamu merawatnya dengan cepat, maka akan meminimalkan gejala dan mencegah infeksinya menyebar. Mayoritas orang merasa lega ketika mengatasinya hanya dengan menggunakan obat antijamur topikal dan dengan menjaga area yang terkena bersih dan kering.

2. Gangguan kesehatan gatalnya selangkangan ini punya istilah medis, yaitu: Tinea cruris

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!drserefoglu.com

Dilansir laman healthline.com, tinea cruris adalah infeksi jamur pada kulit. Jamur kulit tersebut adalah jenis tinea. Seperti halnya infeksi tinea lainnya, gatal pada kaki juga disebabkan oleh jenis yang sama. Jamur mikroskopis ini hidup di kulit, juga di rambut dan kuku.

Jamur kulit ini biasanya tidak berbahaya, tapi bisa berkembang biak dengan cepat dan menyebabkan infeksi ketika mereka dibiarkan berkembang di daerah yang hangat dan lembap. Wah, itu sih menggambarkan karakteristik area tubuh yang berupa lipatan banget ya. Karena itulah biasanya gatal selangkangan ini bisa berkembang sampai di kulit sekitar pangkal paha, paha bagian dalam, dan bokong.

3. Ada beberapa penyebab gatal selangkangan yang bersumber dari kebiasaanmu

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!gettyimages.co.uk

Jamur di selangkangan secara alami hidup di kulitmu dan biasanya tidak menimbulkan masalah. Dilansir laman aad.org, jamur-jamur ini menjadi berkembang biak tidak terkontrol dan bisa menyebabkan masalah serius jika selangkanganmu sangat lembap dan kotor dalam waktu cukup lama. Berikut ini beberapa aktivitas yang bisa menyebabkan jamur selangkangan berkembang biak tidak terkontrol:

  • Setelah berolahraga tidak ganti baju dengan pakaian yang basah keringat,
  • Habis kehujanan/berenang tidak segera bilas dan ganti baju,
  • Tidak mengeringkan selangkangan dengan sempurna setelah buang air atau mandi,
  • Tidak mandi seharian apalagi dalam kondisi badan berkeringat,
  • dan banyak aktivitas atau kebiasaan serupa lainnya.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Lecet Pada Selangkangan Akibat Gesekan Pembalut

4. Gatal selangkangan ini bisa menular melalui kontak fisik atau pakaian tak dicuci dari orang yang terinfeksi, karenanya ketahui gejala bahwa infeksi jamur selangkangan sudah serius

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!caitlinvneal.com

Gatal selangkangan biasanya memengaruhi area kemaluan dan paha bagian dalam. Infeksi jamurnya bisa menyebar ke perut dan bokong. Namun, yang perlu kamu ingat, biasanya skrotum tidak terpengaruh. Jadi kalau skrotum kamu gatal, itu sering kali karena penyebab lainnya. Dilansir laman mdedge.com, berikut ini beberapa gejala bahwa gatal selangkanganmu sudah serius:

  • Warna kemerahan di area selangkangan,
  • Rasa gatal yang terus-menerus,
  • Adanya sensasi terbakar,
  • Terlihat kulit mengelupas, mengelupas, atau pecah-pecah,
  • Ruam yang kondisinya semakin buruk dengan olahraga atau aktivitas,
  • Adanya perubahan warna kulit,
  • Ruam yang tidak membaik atau malah memburuk, atau menyebar dengan digunakannya krim hidrokortison (anti-gatal) yang dijual bebas.

5. Sebelum berdampak serius atau menular, ketahui cara mengatasinya

Kenapa Selangkanganmu Gatal? Ini Penjelasan Medisnya!freepik.es

Sering kali, gatal pada selangkangan bisa kamu rawat sendiri di rumah. Dilansir laman menshealth.com, berikut ini beberapa solusi yang bisa kamu terapkan untuk menghilangkan infeksi jamur pada selangkanganmu:

  • Oleskan krim antijamur, atau dalam bentuk bubuk/bedak ataupun semprotan yang dijual di apotek (dianjurkan untuk diresepkan oleh dokter),
  • Cuci area yang terkena dampak menggunakan sabun dan air hangat,
  • Keringkan area yang gatal secara menyeluruh setelah mandi dan berolahraga,
  • Ganti pakaian dan pakaian dalam setiap hari,
  • Kenakan pakaian katun longgar, jangan biasakan pakai pakaian dalam ketat.

Jika masalah terus berlanjut dan semakin mengganggu, segera konsultasikan ke dokter ya. Dokter mungkin akan mendiagnosis gatal selangkangan hanya dengan melakukan pemeriksaan fisik di area kulit yang terkena. Bukan tidak mungkin dokter akan mengambil beberapa rontokan sel kulit dari area tersebut untuk membantu mendiagnosis kondisinya lebih jauh. Ini juga dapat membantu mengatasi gangguan kulit lainnya, seperti psoriasis.

Baca Juga: 5 Tips Mengurangi Lecet Pada Selangkangan Akibat Gesekan Pembalut

Bayu Dewey Photo Verified Writer Bayu Dewey

a Disney dude who want to fulfill the purpose of life like Desmond Doss. story teller in an uncertain gaea.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya