Comscore Tracker

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! 

Ikuti petunjuknya dengan cermat, ya

Pil KB adalah salah satu jenis kontrasepsi yang berisi hormon. Metode pengendali kelahiran ini, bekerja efektif ketika dikonsumsi secara teratur dan konsisten pada waktu yang sama setiap harinya agar tidak terjadi fluktuasi hormon dalam tubuh.

Namun karena beberapa alasan, kamu mungkin melewatkan jadwal untuk meminumnya sesuai jadwal rutin kamu. Ini bisa mengurangi efektivitasnya dan bisa menyebabkan kehamilan yang tidak direncanakan.

Nah, jika kamu lupa minum pil KB, yuk simak petunjuk lengkapnya ketika melewatkan pil KB berikut ini! Dengan begitu, kontrasepsi oral yang kamu ambil bisa tetap bekerja optimal mencegah kehamilan.

1. Kenali jenis pil KB yang kamu gunakan 

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! ilustrasi obat (pexels.com/Castorly Stock)

Mengenali jenis pil KB yang kamu gunakan sangat penting. Karena ini bisa membantu menentukan langkah apa yang bisa kamu ambil ketika melewatkannya. Umumnya, ada dua jenis pil KB yang tersedia, yaitu:

  • Pil KB kombinasi: pil KB yang mengandung dua hormon reproduksi, yaitu estrogen dan progesteron. Biasanya pil kombinasi datang dengan beberapa paket dosis, seperti 21 sampai 24 hari yang berturut-turut mengandung hormon aktif, diikuti dengan seminggu atau kurang pil plasebo, yaitu pil yang tidak mengandung hormon (pil tidak aktif).
  • Pil KB progestin (pil mini): pil KB yang hanya mengandung satu jenis hormon, yakni progestin (bentuk sintetis progesteron). Dalam pil progestin, semua pil mengandung hormon aktif dan tidak ada plasebo. Jenis pil ini harus diminum pada waktu yang sama setiap hari, bahkan melewatkan beberapa jam saja bisa menjadi masalah karena hormon bisa hilang lebih cepat daripada pil kombinasi.

2. Langkah yang harus kamu lakukan ketika melewatkan pil KB kombinasi 

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! ilustrasi pil KB (pixabay.com/GabiSanda)

Jika kamu menggunakan pil KB kombinasi dan melewatkannya, langkah yang bisa kamu ambil tergantung pada berapa banyak pil yang kamu lewatkan.

Jika melewatkan satu pil:

  1. Minumlah pil yang terlupakan segera setelah mengingatnya. Karena ini harus diminum setiap hari, jadi kamu harus minum pil hari ini.
  2. Jika kamu tidak menyadari melewatkan 1 pil sampai waktu regular kamu, minumlah kedua pil tersebut secara bersamaan pada waktu itu juga. Kemudian minum sisa pil lainnya seperti biasanya.
  3. Kehilangan 1 pil sedikit meningkatkan peluang untuk hamil. Pada kasus ini, penggunaan kontrasepsi cadangan biasanya tidak diperlukan, tetapi jika kamu melewatkan pil di awal kemasan, atau di minggu terakhir kemasan sebelumnya, kamu mungkin perlu mempertimbangkannya.

Jika kamu melewatkan dua pil:

  1. Minumlah pil yang paling terakhir kamu lewatkan  begitu mengingatnya. Misalnya, jika sekarang hari Rabu dan kamu melewatkan pil hari Senin dan Selasa, minumlah pil untuk hari Selasa segera. Kemudian minum pil hari Rabu pada waktu yang biasa.
  2. Lanjutkan minum sisa pil selanjutnya seperti biasa.
  3. Gunakan metode kontrasepsi cadangan hingga periode dan paket pil berikutnya.

Jika melewatkan tiga pil atau lebih:

  1. Jika kamu melewatkan 3 pil berturut-turut atau lebih atau sudah lebih dari 48 jam sejak kamu meminumnya, kamu tidak lagi terlindungi dari kehamilan.
  2. Mulailah paket pil baru pada minggu berikutnya (setelah melewatkan pil), bahkan jika kamu mulai haid.
  3. Kamu harus terus menggunakan metode kontrasepsi tambahan selama 14 hari pertama paket pil baru.
  4. Minum 2 pil selama 3 hari untuk kembali ke jalur semula (saat menggunakan metode kontrasepsi cadangan).
  5. Pilih untuk membuang sisa pil dan memulai bungkus yang baru.

Baca Juga: Benarkah Pil KB Bikin Gemuk? Ini Penjelasannya

3. Langkah yang harus kamu lakukan ketika melewatkan pil KB progestin 

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! ilustrasi pil KB (freepik.com/freepik)

Pil KB progestin adalah jenis pil KB yang sangat sensitif terhadap waktu. Kamu dikatakan melewatkan pil progestin jika kamu tidak meminumnya lebih dari 3 jam sejak seharusnya minum pil. Melewatkan satu pil dapat berisiko hamil.

Inilah langkah yang harus kamu lakukan ketika melewatkan pil KB progestin:

  1. Minumlah pil yang terlewat begitu kamu ingat.
  2. Lanjutkan meminum pil kamu setiap hari seperti jadwal biasanya, bahkan jika kamu harus minum 2 pil sehari untuk kembali ke jalur semula.
  3. Gunakan kontrasepsi cadangan atau hindari aktivitas seksual sampai kamu bisa meminum pil dengan jadwal yang benar selama dua hari. Pil progestin bekerja dengan mengentalkan lendir serviks untuk mencegah sperma bertemu sel telur. Ini membutuhkan waktu 2 hari untuk bekerja. Oleh sebab itu, kamu harus menggunakan kontrasepsi cadangan atau darurat jika melewatkannya.
  4. Jika kamu melewatkanya sehari penuh, gunakan metode kontrasepsi cadangan selama 7 hari ke depan.

4. Jika kamu melewatkan pil plasebo (pil tidak aktif) 

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! ilustrasi catatan minum pil KB (pexels.com/cottonbro)

Dilansir Verywell Health, sebagian besar pil KB kombinasi memiliki pil plasebo yang tidak mengandung hormon. Pil ini memliki jangka waktu tertentu, tergantung merek, tetapi biasanya dari minggu keempat dan selama minggu 13 untuk pil siklus panjang.

Pil plasebo ditujukan untuk menjaga agar kamu tetap pada pedoman pil harian kamu. Jadi sebaiknya tetap meminumnya.

Namun, bila kamu melewatkanya, buang pil plasebo yang terlewat dan lanjutkan pil selanjutnya sesuai jadwal kamu. Melewatkan pil plasebo tidak meningkatkan peluang kehamilan. Namun, kamu tidak boleh meninggalkan lebih dari 7 hari berturut-turut antara minum pil aktif.

5. Tips agar ingat minum pil sesuai jadwal

Lupa Minum Pil KB? Ikuti Petunjuk ini untuk Mencegah Kehamilan! ilustrasi membuat pengingat visual (pexels.com/Bruno Bueno)

Untuk menjaga konsistensi kamu meminum pil sesuai jadwal, berikut strategi yang bisa kamu terapkan:

  • Menyetel alarm harian di ponsel atau mengunduh aplikasi pengingat.
  • Meletakkan pengingat visual di tempat-tempat penting, misalnya menempel catatan di cermin atau kulkas.
  • Tempatkan pil KB di sebelah benda-benda yang kamu gunakan dalam waktu yang sama setiap hari. Misalnya sikat gigi atau teko kopi.
  • Jika kamu sering tidak berada di rumah saat waktunya minum pil, simpan pil dalam dompet atau tas.
  • Kamu juga bisa menyimpan beberapa ekstra dalam tas untuk berjaga-jaga meski kamu tidak sering meninggalkan rumah.
  • Jika kamu bepergian ke tempat yang berbeda zona waktu, minumlah pil sesuai dengan zona waktu rumah kamu, bukan berdasarkan zona waktu kamu berada saat itu. Misalnya, jika waktu minum pil di rumah adalah jam 9 malam, minumlah saat jam 9 malam di zona waktu rumah, tidak peduli jam berapa pun di mana kamu berada.

Petunjuk di atas adalah pedoman umum ketika kamu lupa minum pil KB. Namun, ini mungkin berbeda pada jenis tertentu atau karena adanya faktor lain. Ikuti petunjuk penggunaan sesuai resep yang disertakan pada produk. Jika kamu masih tidak yakin, sebaiknya tanyakan dokter untuk mendapatkan petunjuk yang tepat.

Baca Juga: 11 Obat yang Dapat Berinteraksi dengan Pil KB

Dwi wahyu intani Photo Verified Writer Dwi wahyu intani

@intanio99

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya