Comscore Tracker

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindari

Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Asam urat mempunyai kaitan dengan penyakit gout artritis yaitu penyakit yang diakibatkan karena ketidakseimbangan metabolisme purin pada tubuh. Purin adalah salah satu protein yang terdapat pada hewan dan tumbuhan. Jumlah purin yang melebihi kapasitas, akan menumpuk di dalam darah. Kondisi ini disebut dengan hiperurisemia. Hiperurisemia menyebabkan penumpukan kristal asam urat dalam tubuh dan mengakibatkan batu ginjal atau asam urat. Pembentukan kristal pada persendian akan mengakibatkan nyeri, peradangan dan bengkak pada bagian tertentu seperti lutut, jari kaki, dan jari tangan.

Untuk penderita asam urat dianjurkan untuk lebih menjaga pola makan yang dikonsumsi sehari-hari. Makanan yang perlu dibatasi atau menghindari untuk dikonsumsi penderita asam urat yaitu makanan tinggi purin. Berikut rangkuman beberapa makanan yang tinggi purin dan perlu dihindari untuk penderita asam urat.

1. Daging merah dan jeroan

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindarifoodnavigator.com

Daging merah dan jeroan mengandung makanan tinggi purin. Konsumsi makanan ini bisa meningkatkan asam urat dalam darah. Untuk penderita asam urat perlu lebih berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan ini.

Makanan yang perlu dihindari: hati, ginjal, jantung, daging rusa, angsa, ikan sarden, ikan kembung dan kerang.

Makanan yang dibatasi: daging sapi, daging kambing, udang, olahan dari kacang-kacangan  seperti tempe.

Makanan yang dianjurkan untuk dikonsumsi karena mengandung rendah purin yaitu telur dan tahu.

Jika mengonsumsi daging pilihlah daging yang bebas lemak dan kulit.

2. Gula

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindarihypebae.com

Hindari minuman yang menggunakan sirup jagung fruktosa tinggi seperti minuman bersoda. Mengkonsumsi minuman tinggi fruktosa bisa menambah berat badan, tak hanya itu konsumsi minuman ini bisa meningkatkan kadar asam urat.

Dilansir dari laman verywellhealth, sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi minuman yang dimaniskan secara signifikan dapat meningkatkan resiko asam urat dan hiperurisemia pada orang dewasa. Selain itu, minuman yang dimaniskan dengan gula dikaitkan berhubungan dengan peningkatan resiko penyakit jantung, diabetes, penambahan berat badan dan karises gigi. Contoh minuman yang dimaniskan seperti minuman bersoda, minuman energy dan minuman olahraga.

3. Seafood

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindariasianinspirations.com

Makanan laut atau biasa seefood mempunyai kandungan purin cukup tinggi. Oleh karena itu, makanan ini perlu dihindari bagi penderita asam urat. Untuk makanan laut yang mempunyai kandungan purin sedang bisa dikonsumsi dengan batasan 2-3 ons setiap hari.

Dilansir dari laman verywellhealth, dalam sebuah studi yang dilakukan tahun 2019 menemukan bahwa konsumsi ikan yang tinggi asam lemak omega-3 dikaitkan dengan resiko rendah dari serangan asam urat, namun untuk suplemen tambahan omega-3 tidak ada kaitannya.

Makanan laut yang dihindari: Sarden, Ikan haring, Kerang.

Makanan laut yang dibatasi: Lobster, Kepiting, Udang, Ikan salmon

Baca Juga: 5 Herbal untuk Membantu Meredakan Asam Urat, Bisa Dicoba di Rumah

4. Ragi

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindariallrecipes.com

Ekstrak ragi tertentu mengandung purin tinggi. Suplemen dan makanan yang mengandung ragi juga perlu dihindari untuk menjaga kadar asam urat. Ekstrak ragi dapat ditemukan pada makanan seperti kecap, sup, semur kalengan dan camilan asin.

5. Minuman beralkohol

Asam Urat? Ini 5 Makanan yang Perlu Dihindaricraftbeer.com

Minum alkohol dapat meningkatkan risiko serangan asam urat karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam tubuh. Disarankan penderita asam urat untuk menghindari alkohol. Semua jenis alkohol dan bir dapat meningkatkan resiko asam urat. Konsumsi alkohol yang terlalu sering dapat menyebabkan hiperurisemia kronis. Oleh karena itu, dianjurkan untuk menghindari beberapa alkohol seperti bir dan anggur.

Memperhatikan makanan yang dikonsumsi sehari-hari merupakan salah satu alternatif untuk menjaga agar asam urat dalam tubuh normal. Pola makan dan gaya hidup yang kurang baik akan menyebabkan munculnya pembengkakan pada persendian akibat kadar asam urat tinggi. Tetap menjaga pola makan dan gaya hidup sehat agar terbebas dari segala penyakit salah satunya asam urat.

Baca Juga: Sakitnya Nyeri Sendi, Kenali Penyebab, Gejala dan Risiko Asam Urat

iga rahmawati agustin Photo Writer iga rahmawati agustin

IG : @igarahmaa_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya