Comscore Tracker

Girls, Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Sadari Sejak Dini!

Deteksi sedini mungkin untuk meningkatkan harapan hidup

Dengan reputasinya sebagai salah satu penyakit penyebab kematian tertinggi, kanker payudara menjadi semakin ditakuti oleh wanita. Sayangnya, hingga kini, masih banyak wanita yang terlambat menyadari bahwa ada sel-sel kanker yang berkembang di payudaranya sehingga penanganan yang dilakukan pun juga terlambat.

Padahal, angka harapan hidup bagi penderita kanker payudara akan tinggi jika dilakukan deteksi dan perawatan sedini mungkin. Untuk itu, jangan sampai mengabaikan gejala tubuh akan keberadaan sel-sel tumor ganas ini di dalam jaringan payudara seperti berikut.

1. Benjolan di payudara atau ketiak

Girls, Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Sadari Sejak Dini!health.com

Perlu diketahui, kanker payudara tidak berarti bahwa sel-sel kanker berada di sekitar payudara saja. Sesuai dengan tahap perkembangan sel kanker payudara, sel-sel agresif tersebut juga bisa ditemui di ketiak yang tidak lain merupakan bagian dari kelenjar getah bening.

Hal ini bisa kamu amati dengan menemukan benjolan yang berada di payudara maupun ketiak. Ukurannya tidak selalu besar. Bila disentuh, teksturnya cukup keras dan posisinya tidak bergerak (bedakan dengan kelenjar).

Untuk memastikan ini, dokter akan melakukan pemeriksaan mamograf. Proses pemeriksaan ini menggunakan sinar X dengan dosis yang rendah. Bilamana dinyatakan positif kanker, maka dokter akan menyarankan untuk segera melakukan pengangkatan benjolan tersebut.

2. Arah puting yang berlawanan

Girls, Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Sadari Sejak Dini!medicalnewstoday.com

Gejala klasik lain dari kanker payudara adalah arah puting yang terbalik. Bilamana biasanya puting menghadap ke arah luar, kondisi ini justru memperlihatkan puting yang masuk ke dalam.

Tanda fisik ini mungkin terlihat aneh dan memalukan bagi wanita sehingga kerap merasa enggan membicarakannya dengan orang lain. Padahal, arah puting yang berlawanan jelas-jelas menunjukkan kondisi yang serius dan biasanya menjadi tanda bahwa kanker telah memasuki stadium lanjut.

Baca Juga: 7 Cara Mencegah Terserang Kanker Payudara, Penting untuk Diketahui!

3. Perubahan warna payudara

Girls, Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Sadari Sejak Dini!abcnews.go.com

Coba perhatikan warna pada payudaramu. Gejala lain yang dapat ditunjukkan dari kondisi kanker payudara adalah perubahan warna di bagian payudara yang terserang (terutama di bawah puting). Setiap orang bisa berbeda, ada yang menjadi kemerahan seperti meradang, berwarna seperti merah muda, atau bahkan menjadi lebih gelap.

Tanda ini biasanya kerap diabaikan sampai kemudian muncul rasa nyeri yang membuat tidak nyaman. Bahkan tidak jarang orang yang menganggap bahwa perubahan warna ini disebabkan pemilihan bra yang kurang tepat. Namun, bila kondisi ini tidak segera hilang dalam waktu beberapa hari, jangan tunda untuk segera berkonsultasi ke dokter.

4. Keluar cairan tidak normal dari puting

Girls, Ini 4 Gejala Kanker Payudara yang Harus Kamu Sadari Sejak Dini!pinterest.com

Dalam kondisi tidak sedang menyusui, keluarnya cairan tiba-tiba dari puting adalah hal yang perlu dipertanyakan. Namun, hal ini tidak selalu berarti kanker payudara, tetapi juga bisa dikarenakan oleh adanya infeksi.

Walau begitu, paling tidak ada beberapa gejala yang menunjukkan kondisi ini bisa menandakan adanya kondisi yang lebih serius, antara lain:

  • cairan yang terus keluar bahkan tanpa adanya cubitan atau remasan pada payudara;
  • cairan hanya terjadi pada satu payudara; dan
  • cairan juga mengandung darah.

Selain empat hal di atas, ada pula gejala awal kanker payudara lainnya yang bisa diamati, antara lain perubahan ukuran payudara, rasa nyeri di area tertentu yang tak kunjung hilang, pembuluh darah vena yang terlihat lebih jelas di bawah permukaan kulit, dan adanya lesung (keriput) pada kulit payudara. Bila ada tanda-tanda ini, jangan tunggu lebih lama untuk ke dokter, ya!

Baca Juga: Inilah Detail yang Terjadi di Setiap Tahap Stadium Kanker Payudara

Topic:

  • Shelly Salfatira
  • Bayu D. Wicaksono

JADWAL SALAT & IMSAK

21
MEI
2019
16 Ramadan 1440 H
Imsak

04.25

Subuh

04.35

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 21 May 2019 22:15:05

Progress: 757.971 dari 813.350 TPS (93.19125%)

Just For You