Comscore Tracker

Dear Moms, Ini 4 Posisi Terbaik untuk Menyusui Si Kecil Agar Nyaman

Untuk emosi yang lebih kuat dan postur yang lebih nyaman

Terutama bagi ibu baru, menyusui merupakan suatu aktivitas baru yang menyenangkan. Setelah berbulan-bulan lamanya menjaga dalam kandungan, kini saatnya bisa langsung menjaga si kecil di dalam pelukan yang sarat emosi.

Namun, menyusui juga lebih dari sekadar mengikuti naluri. Posisi saat menyusui juga memerlukan keterampilan khusus sehingga baik ibu maupun bayi sama-sama merasa nyaman. Paling tidak, dengan posisi yang baik dan tepat seperti berikut, otot-otot tidak akan terlalu tegang dan meminimalkan terjadinya cedera dan rasa sakit pada payudara.

1. Cradle hold

Dear Moms, Ini 4 Posisi Terbaik untuk Menyusui Si Kecil Agar Nyamanverywellhealth.com

Posisi ini merupakan posisi paling klasik. Craddle hold juga sangat bagus bagi bayi yang dilahirkan melalui persalinan vagina. Pasalnya, posisi ini cenderung memberatkan bagi ibu yang melahirkan secara operasi sesar karena akan terlalu banyak tekanan di bagian perut.

Caranya cukup mudah, yakni dengan meletakkan kepala bayi di bagian lekukan tangan. Biarkan dia berada di atas pangkuan ibu (bisa menggunakan bantal sebagai alas si kecil sehingga lebih tinggi) dengan bagian wajah, perut, dan lututnya langsung menghadap pada sang ibu. Biarkan lengan bawah si kecil berada di bawah tangan ibu.

2. Crossover hold

Dear Moms, Ini 4 Posisi Terbaik untuk Menyusui Si Kecil Agar Nyamanactationlink.com

Secara umum, posisi ini sebenarnya tidak jauh berbeda dengan craddle hold. Hanya saja, pada posisi ini, tangan yang digunakan untuk menopang kepala si kecil adalah tangan yang berkebalikan dengan payudara. Bila menyusui dengan payudara kiri, maka tumpuan adalah tangan kanan.

Ibu bisa mengistirahatkan pergelangan tangannya di antara tulang belikat si kecil. Tempatkan ibu jari di belakang salah satu telinga bayi dan jari lainnya di belakang sisi telinga lainnya.

Baca Juga: Hamil Jangan Takut Gerak, Ini 5 Olahraga yang Pas untuk Ibu Hamil

3. Side-lying

Dear Moms, Ini 4 Posisi Terbaik untuk Menyusui Si Kecil Agar Nyamantesco-baby.com

Tidak jarang si kecil menangis untuk menyusu di tengah malam atau saat kondisi sang ibu sedang lelah. Bila situasinya seperti ini, menggendong bisa jadi aktivitas yang melelahkan.

Salah satu alternatifnya bisa dengan posisi side-lying. Ibu bisa memiringkan tubuhnya menghadap ke salah satu sisi. Gunakan sebelah tangan untuk menopang kepala sehingga jarak antara payudara dan si kecil ideal. Pastikan pula tidak ada selimut atau barang-barang lain di sekitar yang membuat udara jadi lebih pengap bagi si kecil.

4. Laid back

Dear Moms, Ini 4 Posisi Terbaik untuk Menyusui Si Kecil Agar Nyamanlactationlink.com

Posisi ini boleh jadi posisi yang paling nyaman. Baik ibu maupun bayi sama-sama berada dalam posisi yang santai. Terutama bagi ibu yang memiliki payudara dengan ukuran yang cenderung kecil, laid back bisa sangat membantu.

Caranya adalah dengan bersandar pada sofa atau tempat lainnya dengan nyaman. Bila ingin memberikan sudut tertentu, gunakan bantal, guling, atau tumpukan selimut di bagian punggung. Posisi ini juga akan sangat membantu ibu dalam mengarahkan puting pada mulut bayi yang masih kecil.

Menyusui adalah aktivitas yang sangat membantu meningkatkan emosi antara ibu dan anak. Karena itu, pastikan kegiatan ini jadi lebih menyenangkan dengan sama-sama merasa nyaman bagi kedua belah pihak.

Baca Juga: 9 Pose Yoga Ini Aman dan Paling Cocok untuk Ibu Hamil

Topic:

  • Bayu D. Wicaksono

Berita Terkini Lainnya