Comscore Tracker

Perankan Oppenheimer, 5 Film yang Pernah Dibintangi Cillian Murphy

#ANGPOIN Sudah pernah nonton semua belum?

Christopher Nolan kembali ke bioskop pada tahun 2023 dengan film terbarunya yang berjudul Oppenheimer yang dibuat berdasarkan kehidupan fisikawan teoretis dan bapak bom atom J. Robert Oppenheimer.

Meski Nolan belum pernah membuat drama biografi sebelumnya, tetapi jangan berharap sutradara yang dinominasikan Oscar itu mengambil rute biografi tradisional.

Dengan Cillian Murphy sebagai Oppenheimer, inilah 5 film yang sebelumnya pernah dibintangi pemeran Thomas Shelby di Peaky Blinders itu.

1. Batman Begins (2005)

https://www.youtube.com/embed/neY2xVmOfUM

Di sini, Cillian Murphy berperan sebagai Dr. Jonathan Crane / Scarecrow. Crane adalah seorang psikofarmakologis korup yang bekerja sebagai Kepala Administrator Arkham Asylum.

Crane yang merupakan spesialis dalam psikologi ketakutan ini diam-diam telah menciptakan racun yang memicu rasa takut dan bersekongkol dengan Ra's al Ghul untuk mengekspos seluruh penduduk Gotham dengan racun tersebut.

2. Inception (2010)

https://www.youtube.com/embed/YoHD9XEInc0

Cillian Murphy berperan sebagai Robert Michael Fischer, seorang pewaris kerajaan bisnis.

Murphy mengatakan Fischer digambarkan sebagai "sosok pemarah yang membutuhkan banyak perhatian dari ayahnya, memiliki semua yang dia inginkan dan sangat kekurangan secara emosional".

Film Inception meraih empat penghargaan Oscar dalam kategori Best Cinematography, Best Sound Mixing, Best Sound Editing, dan Best Visual Effects.

Baca Juga: 12 Fakta Cillian Murphy, Si Tommy Shelby dalam Serial "Peaky Blinders"

3. The Wind That Shakes the Barley (2006)

https://www.youtube.com/embed/6yvHe_ksnDA

The Wind That Shakes the Barley adalah sebuah film drama perang 2006 yang disutradarai oleh Ken Loach, berlatar Perang Kemerdekaan Irlandia (1919–1921) dan Perang Saudara Irlandia (1922–1923).

Ditulis oleh kolaborator lama Loach Paul Laverty, drama ini menceritakan kisah fiksi dua bersaudara County Cork, Damien O'Donovan (Cillian Murphy) dan Teddy O'Donovan (Pádraic Delaney), yang bergabung dengan Tentara Republik Irlandia untuk memperjuangkan Irlandia kemerdekaan dari Inggris.

4. Breakfast on Pluto (2005)

https://www.youtube.com/embed/5blVrqSKiRc

Breakfast on Pluto adalah sebuah film komedi-drama 2005 yang ditulis dan disutradarai oleh Neil Jordan dan berdasarkan pada novel tahun 1998 dengan judul yang sama karya Patrick McCabe, yang diadaptasi oleh Jordan dan McCabe.

Film ini dibintangi oleh Cillian Murphy sebagai anak transgender yang mencari cinta dan ibunya yang telah lama hilang di kota kecil Irlandia dan London pada 1970-an.

5. Anthropid (2016)

https://www.youtube.com/embed/blAKCJcXC5c

Anthropoid adalah film perang 2016 yang disutradarai oleh Sean Ellis dan dibintangi oleh Cillian Murphy, Jamie Dornan, Charlotte Le Bon, Anna Geislerová, Harry Lloyd, dan Toby Jones. Ceritanya ditulis oleh Ellis dan Anthony Frewin.

Anthropoid menceritakan kisah Operasi Anthropoid, pembunuhan Perang Dunia II Reinhard Heydrich oleh tentara pengasingan Cekoslowakia Jozef Gabčík dan Jan Kubiš pada 27 Mei 1942.

Tampaknya Christoper Nolan memang sangat menyukai akting Cillian Murphy, mengingat begitu banyak film yang disutradari Nolan ada Cillian di dalamnya.

Sebagus apakah peran Cillian Murphy sebagai Oppenheimer nanti? Film biopik Oppenheimer ini akan tayang 21 Juli 2023. Selamat menunggu!

Baca Juga: 5 Pelajaran Hidup dari Serial Peaky Blinders, Berjuang untuk Keluarga

Anastasia Jaladriana Photo Verified Writer Anastasia Jaladriana

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya