Comscore Tracker

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x Hunter

Karakter antagonis yang sekaligus paling ditakuti

Meruem diperkenalkan sebagai antagonis utama pada arc Chimera Ant. Dilahirkan sebagai puncak evolusi Chimera Ant, Meruem sudah sangat kuat bahkan sejak dirinya baru beberapa hari dilahirkan.

Karena kekuatannya terlalu berbahaya untuk dibiarkan, Asosiasi Hunter terpaksa harus turun tangan untuk memusnahkan makhluk ini. Jika kamu ingin mengetahui lebih dalam tentang karakter Meruem dari anime Hunter x Hunter tersebut, kali ini penulis sudah merangkum lima fakta yang harus kamu ketahui tentang Meruem.

Simak sederet fakta menarik tentang karakter yang satu ini berikut, yuk!

1. Meruem melakukan debutnya lebih awal dari versi manganya

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x Hunterilustrasi karakter Meruem (dok. Crunchyroll/Hunter x Hunter)

Meruem diperkenalkan cukup terlambat dalam seri, mengingat arc Chimera Ant berlangsung di akhir seri. Dalam manga, bayangan Meruem ditampilkan pada bab 197 dan baru melakukan debut penuhnya pada bab 213.

Sementara itu, dalam versi animenya, bayangan Meruem diperlihatkan pada episode 87 dan baru melakukan debut penuhnya di episode 91. Hal ini menandakan bahwa karakter Meruem diperkenalkan lebih awal dari versi manganya. Meskipun ada perbedaan kecil dalam debutnya, Meruem dalam anime tidak memiliki banyak perbedaan dengan versi manganya.

2. Namanya diduga berasal dari Mesir

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x Hunterilustrasi karakter Meruem (dok. Netflix/Hunter x Hunter)

Sebelumnya, tidak ada yang mengetahui namanya dan dirinya hanya dikenal sebagai Raja Chimera Ant. Namanya baru terungkap ketika Asosiasi Hunter tiba di markas Chimera Ant. Ibunya, Ratu Chimera Ant, memberi tahu kepada Netero bahwa nama anaknya adalah Meruem.

Menurut Ratu Chimera Ant, Meruem sendiri berarti cahaya yang menerangi semuanya. Sementara itu, ada beberapa penggemar yang berspekulasi bahwa nama Meruem diambil dari kata Mesir "mry" yang berarti tercinta.

Meskipun sang kreator, Yoshihiro Togashi, belum mengkonfirmasi hal tersebut, spekulasi ini cukup masuk akal mengingat nama Pengawal Raja Chimera Ant diambil dari nama dewa-dewa di Mesir.

Baca Juga: 5 Keuntungan Menjadi Hunter dalam Anime Hunter x Hunter

3. Meruem mendapatkan kekuatan baru setelah selamat dari bom Netero

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x HunterCuplikan adegan saat Meruem bangkit kembali setelah diselamatkan oleh Youpi dan Pouf. (dok. Netflix/Hunter x Hunter)

Meruem hampir kehilangan nyawanya ketika ia bertarung dengan Netero. Bahkan, Meruem sudah berada di ambang kematian ketika Netero menggunakan bom bunuh diri yang dikenal dengan Miniatur Rose. Beruntungnya, Meruem berhasil diselamatkan oleh Menthuthuyoupi dan Shaiapouf.

Dengan memakan aura mereka, Meruem mendapatkan kekuatan dari Youpi, yaitu Rage Blast dan Metamorphosis. Meskipun racun dari Miniature Rose sudah memperpendek usianya, kekuatan Meruem menjadi lebih mengerikan setelah dirinya berhasil bangkit dari ambang kematian.

4. Meruem dapat menggunakan Photon

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x HunterCuplikan adegan Meruem menggunakan Photon. (dok. Netflix/Hunter x Hunter)

Karena Pouf juga terlibat saat menyelamatkan Meruem, tak mengherankan jika Meruem juga mendapatkan kekuatan dari Pouf. Sementara Meruem mendapatkan Rage Blast dan Metamorphosis dari Youpi, Meruem mendapatkan Photon dari Pouf.

Kemampuan ini memungkinkan Meruem untuk mengubah auranya menjadi partikel mikroskopis. Ketika partikel ini bersentuhan dengan seseorang, Meruem akan segera mengetahui semua hal dari orang tersebut, di mulai dari wujudnya, penampilannya, bahkan hingga emosinya.

5. Meruem memiliki kemiripan dengan karakter-karakter Dragon Ball

5 Fakta Meruem, Karakter Penjahat Terkuat di Hunter x Hunterilustrasi karakter Frieza (dok. Toei Animation/Dragon Ball Z)

Dalam hal penampilan, Meruem memiliki kemiripan penampilan dengan karakter Frieza, salah satu antagonis terbesar di seri Dragon Ball. Meruem dan Frieza memiliki struktur tubuh yang mirip, lengkap dengan aura yang mengerikan. Sementara itu, Meruem lebih mirip dengan Cell dalam hal kekuatan dan kepribadian.

Meruem dan Cell selalu menganggap bahwa mereka adalah makhluk yang sempurna dan cukup angkuh karena dilahirkan sebagai puncak evolusi. Terakhir, hubungannya dengan Komugi cukup mirip dengan hubungan antara Majin Buu dan Mr. Satan.

Tak mengherankan jika Meruem dikenal sebagai salah satu antagonis anime terkuat yang pernah ada. Pasalnya, Meruem sudah sangat kuat bahkan sejak dirinya dilahirkan. Bagaimana pendapatmu tentang karakter yang satu ini?

Baca Juga: 7 Chimera Ants Paling Kuat dalam Anime Hunter x Hunter

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya