Comscore Tracker

5 Anime Psychological Thriller Terbaik yang Wajib Kamu Tonton

Siap-siap dibuat mikir keras! #IDNTimesHype

Berbeda dengan anime pada umumnya, anime psychological thriller biasanya mengangkat topik yang lebih berat, seperti segala sesuatu yang berkaitan dengan pembunuhan, genosida, hingga aksi terorisme. Anime psychological thriller juga bisanya lebih berfokus pada ketegangan perang psikologi antara si protagonis dan si antagonis.

Nah, jika kamu menyukai anime yang memiliki jalan cerita yang rumit dan berfokus pada kondisi psikologi para karakter utamanya, kelima anime di bawah sangat direkomendasikan untuk kamu. Berikut ini adalah lima anime psychological thriller terbaik yang wajib kamu tonton. Simak ulasan berikut.

1. Death Note

https://www.youtube.com/embed/NlJZ-YgAt-c

Light Yagami adalah seorang pelajar genius yang bercita-cita untuk menjadi seorang detektif seperti ayahnya. Hingga suatu hari, kehidupan Light berubah setelah dirinya menemukan Death Note, buku yang dapat membunuh siapa saja.

Setelah membuktikan bahwa Death Note itu nyata, Light mulai menggunakan buku tersebut untuk membersihkan dunia dari para penjahat. Namun, setelah melakukan pembunuhan secara besar-besaran terhadap penjahat, L, detektif terbaik di dunia, turun tangan untuk menangani kasus ini.

Sayangnya, bagi Light, L ternyata tidak sebodoh yang ia kira. L bahkan berhasil membuat Light jatuh ke dalam jebakannya pada aksi pertamanya. Mengetahui bahwa L adalah ancaman terbesarnya, Light harus bertarung melawan L sambil tetap melakukan tugasnya sebagai Kira.

2. Terror in Resonance

https://www.youtube.com/embed/aiZrjeZvF8Y

Sebuah fasilitas nuklir di Jepang tiba-tiba hancur untuk alasan yang tidak diketahui. Polisi kebingungan dengan siapa pelaku dari kekacauan tersebut karena satu-satunya petunjuk yang mereka temukan hanyalah tulisan "VON" yang ditulis di fasilitas nuklir tersebut.

Setelah 6 bulan berlalu, beredar video aneh di internet yang menampilkan dua remaja yang menyebut diri mereka sebagai Sphinx. Dalam video tersebut, Sphinx menantang para polisi dan mengancam akan menghancurkan Tokyo. Hal tersebut memicu kepanikan massal sehingga detektif Kenjiro Shibazaki harus segera menangkap kedua pelaku yang menyebabkan kekacauan besar tersebut.

Baca Juga: 5 Anime Mirip Neon Genesis Evangelion yang Wajib Kamu Tonton

3. Monster

https://www.youtube.com/embed/9aS-EgdAq6U

Pada awalnya, Dr. Kenzo Tenma menjalani hidupnya yang normal sebagai seorang ahli bedah saraf. Hingga suatu hari, Dr. Tenma dihadapkan dengan situasi yang sulit. Dirinya harus memilih antara menyelamatkan nyawa seorang wali kota atau seorang anak bernama Johan Liebert.

Dr. Tenma akhirnya memutuskan untuk menyelamatkan nyawa anak kecil tersebut karena anak kecil tersebut adalah pasien yang datang terlebih dahulu. Namun, tanpa disadari, Dr. Tenma baru saja membuat keputusan yang sangat fatal. Karena hal tersebut, Dr. Tenma hampir kehilangan segalanya. 

Setelah bertahun-tahun berlalu, Dr. Tenma menemukan fakta yang mengejutkan bahwa anak yang pernah ia selamatkan kini tumbuh menjadi seorang pembunuh berantai. Merasa bertanggung jawab, Dr. Tenma pun mulai mencari cara untuk menghentikan aksi keji Johan.

4. Future Diary

https://www.youtube.com/embed/KfznTm8mJA4

Juga dikenal dengan judul Mirai Nikki, Future Diary berfokus pada Yukiteru Amano, seorang remaja penyendiri yang menghabiskan sebagian besar waktunya dengan menulis tentang kesehariannya. Tak hanya itu saja, Yuki juga memiliki kebiasaan aneh karena dirinya sering berbicara dengan teman khayalan yang dikenal dengan Deus Ex Machina.

Namun, Yuki tidak menyadari bahwa ternyata Deus Ex Machina itu nyata dan dirinya adalah Dewa Ruang dan Waktu. Karena usianya yang sudah tua, Deus Ex Machina menciptakan sebuah permainan survival yang akan memperebutkan takhtanya sebagai Dewa Ruang dan Waktu.

Dari dua belas orang yang terpilih untuk menjadi peserta permainan tersebut, Yuki adalah salah satunya. Dibekali dengan catatan yang dapat membaca masa depan, Yuki kini terlibat dalam permainan membunuh atau dibunuh.

5. Code Geass

https://www.youtube.com/embed/DR1d_Pm729o

Setelah melihat kematian ibunya, putra Raja Lelouch vi Britannia melakukan protes terhadap ayahnya dan berharap bahwa ayahnya dapat menemukan pelaku pembunuhan tersebut. Namun, alih-alih mendapatkan apa yang ia inginkan, Lelouch malah dibuang ke Area 11 atau Jepang bersama adiknya, Nunnally.

Suatu hari, Lelouch secara tidak sengaja bertemu dengan seorang gadis bernama C.C., yang kemudian memberinya kekuatan Geass. Kekuatan ini memungkinkan Lelouch untuk membuat orang lain mematuhi semua perintahnya.

Dengan kekuatan besar di tangannya, Lelouch mulai memanfaatkan kekuatan Geass untuk membalaskan dendam terhadap ayahnya sambil berusaha untuk menggulingkan Britannia.

Itulah lima anime psychological thriller terbaik yang wajib kamu tonton. Jadi, dari kelima anime di atas, anime yang mana saja yang sudah pernah kamu tonton?

Baca Juga: 7 Anime Horor Terbaik di Era 2010-an, Ada Anime Favoritmu?

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya