Comscore Tracker

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final Season

Ymir sudah bukan pemilik Jaw Titan? #IDNTimesHype

Artikel ini berisi spoiler episode pertama anime Attack on Titan: The Final Season.

Musim keempat Attack on Titan baru saja dirilis pada 6 Desember 2020 kemarin. Seri ini akan menceritakan akhir perjalanan dari Eren Yeager dan Pasukan Pengintai dalam misi merebut kembali kebebasan umat manusia.

Sementara musim ketiga berakhir dengan Pasukan Pengintai yang menemukan ruang bawah tanah keluarga Yeager, episode perdana Attack on Titan musim keempat dimulai dengan pertempuran antara Marleyan melawan Pasukan Sekutu Timur Tengah. Ingin tahu seperti apa keseruan episode perdana Attack on Titan musim keempat? Berikut ini adalah lima fakta tentang episode perdana Attack on Titan season 4. Simak ulasan berikut.

1. Pengenalan karakter baru

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final SeasonDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Episode pertama Attack on Titan berfokus pada karakter-karakter yang mungkin tampak asing bagi penggemar anime Attack on Titan. Ada beberapa karakter baru yang menjadi sorotan di episode ini dan belum pernah ditampilkan sebelumnya.

Episode ini dimulai dengan adegan seorang remaja laki-laki yang terbaring tidak berdaya di medan pertempuran. Rupanya, remaja tersebut adalah Falco Grice, salah satu kandidat Kesatria muda yang nantinya akan menjadi pewaris kekuatan salah satu dari Sembilan Titan.

Karakter lainnya yang menjadi sorotan adalah Gabi Braun, keponakan dari Reiner Braun. Sama seperti Falco, Gabi juga merupakan salah satu kandidat Kesatria muda yang akan menjadi Titan Shifter. Memiliki kemampuan dalam berperang, Gabi sangat percaya bahwa dirinya akan mewarisi kekuatan Armored Titan.

2. Diduga musim keempat Attack on Titan mengalami time skip

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final SeasonDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Seperti yang kita ketahui, studio yang memproduksi seri Attack on Titan telah berpindah dari Wit Studio ke studio MAPPA. Tentunya, ini menjadi alasan utama mengapa musim keempat seri ini tampak sedikit berbeda dengan musim-musim sebelumnya.

Perbedaan tidak hanya terlihat pada kualitas grafis saja, tapi juga terdapat perbedaan pada desain karakter. Episode pertama musim keempat Attack on Titan menampilkan Reiner dengan penampilan yang tampak lebih dewasa dari penampilannya di musim sebelumnya.

Baca Juga: 5 Titan Paling Mengerikan dalam Anime Attack on Titan

3. Pewaris kekuatan Jaw Titan

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final SeasonDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Empat dari Sembilan Titan sudah ditampilkan pada episode perdana musim keempat Attack on Titan, di antaranya Cart Titan, Jaw Titan, Armored Titan, dan Beast Titan. Sementara ketiga Titan tampil tidak berbeda dengan musim sebelumnya, Jaw Titan memiliki desain yang berbeda. Kali ini, Jaw Titan tampak lebih gagah dengan kepala yang menyerupai tengkorak dan cakar tajam di jarinya.

Bukan tanpa sebab, hal ini karena Ymir sudah bukan pemilik wujud Jaw Titan. Ymir terakhir kali terlihat saat ia dibawa oleh Reiner dan Bertholdt ke Marley. Sebelumnya, Ymir juga meninggalkan surat kepada Historia yang berisi tentang perpisahannya.

Rupanya, alasan Ymir dibawa ke Marley adalah untuk dieksekusi. Kemudian, kekuatan Jaw Titan Ymir diwariskan kepada seorang Kesatria muda bernama Porco Galliard.

4. Pertempuran antara Marley melawan Pasukan Sekutu Timur Tengah

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final SeasonDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Episode pertama musim keempat Attack on Titan berfokus pada pertempuran antara tentara Marley melawan Pasukan Sekutu Timur Tengah. Tujuan utama Marley adalah untuk meruntuhkan Dinding Slava. Setelah pertempuran menelan banyak korban jiwa, Marley akhirnya menggunakan Titan untuk serangan terakhir mereka.

Atas perintah Zeke, Marley menurunkan hujan Titan di tengah markas Pasukan Sekutu Timur Tengah. Pertempuran berakhir setelah Armored Titan dan Beast Titan turun ke medan perang. Dengan begitu, Marley akhirnya berhasil menghentikan pertempuran yang sudah berlangsung selama 4 tahun.

5. Federasi Timur Tengah setuju untuk berdamai dengan Marley

Epik Banget! 5 Fakta Episode Perdana Attack on Titan: The Final SeasonDok. Studio MAPPA/Attack on Titan

Sebelumnya, perang antara Marley dan Pasukan Sekutu Timur Tengah sudah berlangsung selama 4 tahun. Tujuan dari peperangan tersebut adalah untuk merebut pelabuhan yang dilindungi oleh Pasukan Sekutu Timur Tengah. Namun, karena Angkatan Laut Marley yang tidak kompeten, mereka selalu gagal dalam misinya sehingga pertarungan terus berlangsung

Setelah perang yang berlangsung selama 4 tahun, pertempuran akhirnya berakhir dengan Marley yang keluar sebagai pemenang. Dengan begitu, Federasi Timur Tengah akhirnya menandatangani surat perdamaian dengan Bangsa Marley.

Meskipun Marley akhirnya berhasil menaklukkan Timur Tengah, pertempuran masih belum berakhir. Akan ada banyak lagi pertempuran epik dan menegangkan yang akan terjadi pada musim ini.

Baca Juga: Bukan Titan, tapi Hebat! 5 Manusia Terkuat dalam Seri Attack on Titan

Arya Nenggala Photo Verified Writer Arya Nenggala

生きて

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Yudha

Berita Terkini Lainnya