Comscore Tracker

5 Rekomendasi Film Adaptasi dari Novel Jane Austen, Wajib Nonton!

Cerita-ceritanya masih relevan dengan kehidupan saat ini

Jane Austen merupakan salah satu novelis terkenal di era abad ke-19. Biography.com mengutip bahwa Jane Austen sangat fokus dalam pengembangan karakter dari novel yang dia tulis. Dalam kehidupan pribadinya, Jane Austen tidak pernah menikah, namun sempat bertunangan dengan Harris Bigg-Wither yang lebih muda darinya 5 tahun. Meski begitu, beberapa novel terbaiknya justru bercerita tentang isu pernikahan pada eranya.

Uniknya, cerita-cerita novel Jane Austen meski berlatar belakang pada abad ke-19, isu-isu yang diangkat masih sangat relevan dengan kehidupan saat ini. Karena itu popularitas novel karya Jane Austen selalu menjadi daya tarik tersendiri untuk diangkat ke dalam layar lebar. Berikut 5 film yang diangkat dari buku karya Jane Austen.

1. Pride and Prejudice, 2005

https://www.youtube.com/embed/1dYv5u6v55Y

Dikisahkan Elizabeth Bennet yang salah menilai seorang bangsawan Mr. Darcy. Karakter Elizabeth Bennet ini memiliki banyak kesamaan dengan Jane Austen. Elizabeth Bennet seorang wanita yang sangat mandiri, meski keluarganya tidak kaya raya. Cerita ini menunjukan bahwa cinta sejati lebih dari sekadar uang.

2. Emma, 1996

https://www.youtube.com/embed/Jz_P43jHN6w

Emma menceritakan sosok seorang gadis sosialita bernama Emma yang mencari seseorang yang spesial di hatinya. Konteks perjodohan menjadi bahan dasar dalam buku karangan Jane Austen ini. Sepertinya zaman perjodohan sejak dahulu kala memang sudah ada, penentuan masa depan seorang anak ditentukan oleh orangtua yang khawatir masa depan putra-putri mereka.

Baca Juga: 6 Film Karya Gina S. Noer yang Berhasil Mencuri Banyak Perhatian

3. Sense and Sensibility

https://www.youtube.com/embed/Q1rb_c_t1-s

Sense and Sensibility menceritakan 2 gadis, Elinor Dashwood dan Marianne yang lahir di keluarga kaya raya. Namun oleh karena suatu keadaan mereka harus memperbaiki keadaan finansial keluarga mereka melalui pernikahan. 

Karya Jane Austen mengarah kepada cerita bagaimana pada abad ke-18 wanita lebih tidak memiliki suara ketika harus memilih pasangan mereka. Kesan Jane Austen terlihat rebel, ketika dirinya tidak mau menikah, karena tak ingin menjadi sekedar ibu rumah tangga. 

4. Love and Friendship, 2016

https://www.youtube.com/embed/8MaSK3POHI0

Love and Friendship masih menceritakan bagaimana seorang ibu khawatir mencari sosok yang tepat bagi sang putrinya. Seorang pria harus memiliki finansial dan status yang tinggi agar dapat memenuhi kehidupan seorang perempuan. 

5. Northanger Abbey, 2007

https://www.youtube.com/embed/gf92N9g_aEM

Northanger Abbey menceritakan seorang perempuan desa yang bertemu dengan sosok pria dari keluarga terpandang. Kisah Jane Austen kerap tak pernah lepas dari thema Cinderella, namun di setiap cerita Jane, kisah cinta dengan berbeda kelas tidak pernah mulus. 

Di setiap cerita Jane Austen terdapat perempuan memberikan suara mereka untuk siapa yang akan mereka pilih sebagai calon suami, atau pasangan hidup mereka masing-masing. 

Ya, karya-karya Jane Austen tak pernah hilang relevansinya. Apalagi di era globalisasi seperti saat ini. Di mana perempuan saat ini juga masih berjuang untuk mendapatkan  mencari hak yang setara dengan pria. Dan itulah 5 film adaptasi dari buku Jane Austen yang bisa kamu nikmati.  

Baca Juga: 5 Rekomendasi Serial Film yang Memuat Nilai Moral Tinggi

Belinda Belinda Photo Verified Writer Belinda Belinda

you only live once

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Just For You