Comscore Tracker

7 Film Ini Menunjukkan Kerasnya Era Diktator di Amerika Latin 

Menegangkan dan pastinya dapat memberikan kita pelajaran

Amerika Selatan merupakan benua, yang mana rata-rata  negara mereka dikuasai oleh pemerintahan tradisional sayap kiri, bekas kolonisasi dari Spanyol dan Portugis terdahulu. Banyak dari negara Amerika Latin dikuasai oleh pemerintahan militer yang umumnya otoriter, yang bertentangan dengan paham sosialis dan membuat adanya perpecahan internal di negara tersebut. Konflik internal tersebut rata-rata terjadi pada era 60an-90an yang menyebabkan ketidakstabilan politik di negara Latin.

Konflik pahit yang telah terjadi tersebut akan terus dikenang, serta beberapa juga difilmkan, untuk mengenang para korban dan kejahatan yang telah dilakukan. Bagi kalian yang ingin tahu mengenai film-film tentang konflik di Negara Amerika Latin, ada baiknya simak ulasan film berikut ini. 

1. Colonia (2016)

https://www.youtube.com/embed/UBSMl343fsw

Colonia adalah film yang telah dirilis pada 18 Februari 2016, dan sebelumnya telah dirilis di Toronto Film Festival 2015. Film ini mengisahkan tentang sepasang kekasih kewarganegaraan Chile keturunan Jerman, bernama Lena dan Daniel yang merupakan pendukung dari Presiden Salvador Allende.

Pada saat itu terjadi kudeta militer dari Augusto Pinochet yang berhasil menggulingkan Salvador Allende sebagai pemimpin Chile saat itu, sehingga mereka harus bertahan dalam menghadapi serangan tentara militer. Film Colonia ini dibintangi oleh Emma Watson dan Daniel Bruhl. 

2. No (2012)

https://www.youtube.com/embed/lOeiw_BJPas

No mengisahkan mengenai 15 tahun setelah pemerintahan diktator Chile berkuasa, Augusto Pinochet usai menggulingkan pemerintahan demokrasi Salvador Allende. Seorang pemuda bernama René Saavedra, yang berprofesi sebagai kreator iklan mencoba membuat propaganda untuk mengajak masyarakat tidak memilih kembali Presiden Augusto Pinochet.

Film ini sudah diluncurkan pada 9 Agustus 2012 di Chile dan berhasil masuk dalam nominasi Oscar ke 85, sebagai Best Foreign Film. Selain itu film ini dibintangi oleh aktor terkenal asal Mexico, Gael García Bernal.

3. Clandestine Childhood (2012)

https://www.youtube.com/embed/-NKG104RmmU

Clandestine Childhood berseting saat Argentina dikuasai oleh pemerintahan diktator (1976-1983), sepasang suami istri yang tergabung dalam tentara gerilya dari Montoneros yang melarikan diri ke Kuba, dengan dua anaknya. Dengan bantuan Paman Beto, mereka menggunakan identitas baru dan kembali ke negara mereka pada tahun 1979, untuk kembali membantu pihak sayap kiri untuk melawan pemerintahan militer.

Film ini sudah dirilis pada 20 September 2012 di Argentina, di mana sebelumnya telah dirilis dalam San Sebastian Film Festival. 

Baca Juga: Kreatif, 5 Film Sedikit Pemeran Ini Sukses Mencuri Perhatian Penonton!

4. Tropico de Sangre (2010)

https://www.youtube.com/embed/oPox-N7QWVA

Tropico de Sangre menjadi film yang mengisahkan mengenai kekejaman dari Presiden Republik Dominika, Rafael Trujillo yang telah dirilis pada 2010, yang berdasarkan dari kisah nyata Mirabal bersaudara.

Film ini berfokus pada Minerva Mirabal dan saudaranya yang menjadi ancaman utama dari diktator asal Republik Dominika tersebut, yang mana mereka ikut serta dalam organisasi tersembunyi untuk melawan pemerintah. Hingga akhirnya tiga dari empat bersaudara tersebut dibunuh atas suruhan Presiden Trujillo pada tahun 1960.

Film ini diperankan oleh aktor terkenal asal Amerika Serikat, Michelle Rodriguez, sebagai Minerva Mirabal. 

5. The Year My Parents Went on Vacation (2006)

https://www.youtube.com/embed/0x9bODDnyyo

The Year My Parents Went on Vacation mengisahkan mengenai seorang anak 12 tahun bernama Mauro, yang memiliki orang tua politikus yang merupakan pendukung pemerintahan sayap kiri. Orang tua mereka yang akan pergi, kemudian menitipkan anaknya pada kakeknya yang berada di Belo Horizonte, dan berjanji akan kembali saat sebelum Piala Dunia 1970 di Meksiko berlangsung.

Film ini telah dirilis pada 2 November 2006, yang dibintangi oleh aktor asal Brazil, Michel Joelsas. 

6. Machuca (2004)

https://www.youtube.com/embed/5N_XKFA1RLg

Machuca adalah film Chile yang berseting pada tahun 1973 di Santiago pada saat terjadinya kudeta militer untuk menggulingkan Pemerintahan Sosialis Salvador Allende.

Film ini memiliki sudut pandang dari dua anak yang berasal dari dua latar belakang berbeda, di mana Gonzalo Infate yang berasal dari keluarga kaya keturunan Eropa, sedangkan Pedro Machuca merupakan anak yang berasal dari keturunan asli dan hidup dalam kemiskinan. Film Machuca ini sudah dirilis pada 5 Agustus 2004, dan menjadi film tersukses di Chile. 

7. Imagining Argentina (2003)

https://www.youtube.com/embed/S8zb9rXvTRg

Imagining Argentina sudah dirilis pada 12 September 2003, yang menghadirkan aktor terkenal Antonio Banderas dan Emma Thompson. Film ini mengisahkan mengenai kejahatan dari rezim diktator militer yang berkuasa usai kudeta pada tahun 1976, di mana pemerintah akan berusaha untuk menyingkirkan siapa saja yang berusaha melawannya.

Kisah dari film ini saat Cecilia yang merupakan junalis yang tinggal di Buenos Aires yang diculik oleh polisi rahasia, ketika bersamaan dengan demonstrasi, hingga suaminya Carlos berusaha untuk mencarinya. 

Gimana, tertarik untuk menonton film-film di atas?

Baca Juga: 7 Film Terbaik yang Berlatar di Rumah Sakit Jiwa Ini Wajib Kamu Tonton

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya