Comscore Tracker

6 Film Bertema Dinosaurus Terbaik yang Harus Kamu Tonton

Petualangannya seru banget

Dinosaurus memang sudah banyak dikenal sebagai hewan fenomenal karena ukurannya yang sangat besar dan jauh lebih besar dibandingkan dengan ukuran manusia serta binatang yang ada saat ini. Selain itu  dinosaurus memiliki bentuk yang unik berbeda dari binatang era modern yang cenderung didominasi oleh mamalia, burung dan reptil kecil. 

Akan tetapi terdapat beberapa film yang mengilustrasikan kebesaran dan keganasan Dinosaurus ke dalam cerita fantasi yang menarik. Bagi kalian yang menyukai berbagai tayangan tentang dinosaurus, maka ada kalian harus menonton beberapa filmnya berikut ini. 

1. Jurassic Park I-III (1993, 1997, 2001)

https://www.youtube.com/embed/Q_dCQn1KOkM

Jurassic Park merupakan seri film bertema Dinosaurus paling populer, di mana pertama kali merilis filmnya pada tahun 1993 berjudul Jurassic Park. Kemudian dilanjutkan sequelnya berjudul The Lost World: Jurassic Park (1997) dan Jurassic Park III (2001). Film ini mengisahkan sebuah taman wisata bertema Dinosaurus yang dihidupkan kembali melalui percobaan dan ilmu pengetahuan yang dikembangkan. Tapi semuanya berubah ketika terjadi kerusakan yang menyebabkan dinosaurus pemakan daging T-Rex dan Velociraptor kabur dari kandangnya. 

Sedangkan cerita dari The Lost World: Jurassic Park mengenai penelitian mengenai dinosaurus di alamnya, tapi terdapat pihak yang justru memanfaatkan keadaan dan menangkap dinosaurus untuk dibawa ke San Diego, untuk mendirikan Jurassic Park baru. Berbeda dari cerita kedua sequelnya, Jurassic Park III berkisah tentang orang tua yang mencari anak mereka yang hilang di Pulau Isla Nublar, namun mereka justru harus bertemu dengan dinosaurus karnivora Spinosaurus yang sangat ganas. 

Film produksi Universal Studios ini mengadaptasi ide dari novel berjudul sama yakni Jurassic Park yang terbit pada tahun 1990, karya dari Michael Crichton. Karena kepopuleran film ini membuat pendapatan produksi film ini sangat tinggi hingga mencapai 1.029 Miliar Dollar AS.

2. Dinosaur (2000)

https://www.youtube.com/embed/vZnBR4SDIEs

Dinosaur juga termasuk film bertema dinosaurus produksi dari Walt Disney Animation Studios yang rilis tanggal 19 Mei 2000. Film ini berkisah seekor Iguanodon bernama Aladar yang dirawat dan diasuh oleh sekelompok lemur. Hingga ia dan keluarga lemurnya bergabung dalam sebuah kawanan dinosaurus pemakan tumbuhan setelah adanya hujan meteor, untuk menuju ke tempat hijau. 

Film ini mendapatkan berbagai review baik positif maupun negatif serta masuk dalam film berpendapatan tertinggi ke lima pada tahun 2000, yang mampu meraup 349 juta dollar AS. 

3. Journey to the Center of the Earth (2008)

https://www.youtube.com/embed/rQx2wLyagk4

Journey to the Center of the Earth merupakan film rilisan tahun 2008 yang mengadaptasi kisah novel terkenal berjudul sama karangan dari Jules Verne yang rilis tahun 1864. Kisahnya mengenai perjalanan dari Trevor Anderson dan keponakannya serta ditemani oleh pemandu gunung untuk mencari saudaranya yang hilang. Hingga masuk ke dalam sebuah dunia misterius di dalam permukaan Bumi dan dihuni oleh makhluk-makhluk purba seperti dinosaurus. 

Film ini pertama kali ditayangkan sejak 11 Juli 2008, serta mendapatkan komentar yang beragam dari penontonnya. Selain itu mampu mendapatkan keuntungan yang cukup tinggi sebesar 242 juta dollar AS.

Baca Juga: Diangkat dari Novel Best Seller, Inilah 5 Fakta di Balik Film Sin

4. Walking with Dinosaurs (2013)

https://www.youtube.com/embed/P7lBKBxIwGM

Kemudian terdapat Walking with Dinosaurs yang mengisahkan mengenai seekor dinosaurus Pachyrhinosaurus bernama Patchi yang dianggap aneh, karena memiliki lubang di tempurungnya. Setelah itu ia justru menjadi pahlawan yang mampu melindungi kelompoknya dari serangan sekelompok Gorgosaurus yang hendak memangsa mereka. 

Film bergenre petualangan ini sudah diluncurkan pada akhir tahun 2013, tepatnya tanggal 20 Desember 2013. Selain itu film produksi BBC Earth ini mampu meraih pendapatan mencapai 126.5 juta dollar AS.

5. Jurassic World I & II (2015, 2018)

https://www.youtube.com/embed/vn9mMeWcgoM

Jurassic World adalah film spin-off dari film populer era tahun 1990-2000an Jurassic Park trilogi. Cerita dalam film ini mengenai sebuah tempat wisata baru bernama Jurassic World yang dibangun kembali setelah peristiwa di Jurassic Park 22 tahun yang lalu dan sudah beroperasi selama sepuluh tahun. Namun suatu hari pihak setempat melakukan percobaan dengan membuat dinosaurus dengan kecerdasan tinggi dan justru menghancurkan seluruh taman wisata. 

Selang tiga tahun dari film Jurassic World, sequelnya yang berjudul Jurassic World: The Fallen Kingdom sudah dirilis pada tahun 2018. Yang mana mengisahkan kelanjutan dari kisah film sebelumnya mengenai bencana letusan gunung api yang menghancurkan tempat wisata tersebut dan usaha menyelamatkan beberapa dinosaurus. 

Kedua film menghasilkan keuntungan yang sangat besar hingga mencapai 1.672 miliar dollar AS pada Jurassic World (2015), sedangkan Jurassic World: The Fallen Kingdom (2018) meraih keuntungan sebesar 1.309 miliar dollar AS. 

6. Dino King 3D: Journey to Fire Mountain (2017)

https://www.youtube.com/embed/AYYvtdAkg_Y

Terakhir ada film berjudul Dino King 3D: Journey to Fire Mountain yang diproduksi oleh perusahaan asal Korea Selatan. Film ini menghadirkan kisah dari seekor dinosaurus pemakan daging Tarbosaurus bernama Speckle yang terpisah dari anaknya Speckle.Jr akibat ulah Tsintaosaurus. Maka ayahnya berpetualang untuk mencari anaknya yang hilang entah ke mana. 

Film ini pertama kali dirilis di Korea Selatan pada 14 Oktober 2017, serta kemudian rilis di Australia sejak 24 Agustus 2019. Selain itu film ini merupakan sequel dari film The Dino King (2012) yang semuanya disutradarai oleh Han Sang-Ho.

Nah itu tadi keenam film bertema dinosaurus yang seru-seru semua. Kalau kamu udah nonton semuanya belum?

Baca Juga: 6 Film Paling Dinanti yang Bakal Rilis di Akhir Tahun 2019, Gak Sabar!

Brahm . Photo Verified Writer Brahm .

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Berita Terkini Lainnya