Comscore Tracker

Ada Wonder Woman, 8 Film Hollywood Terbaik dengan Sutradara Perempuan

Banyak pesan moral yang bisa kamu ambil

Beberapa tahun belakangan, perempuan mulai banyak terlibat di dunia perfilman Hollywood yang selama ini kerap didominasi oleh laki-laki. Salah satu posisi yang mulai banyak dipercayakan kepada perempuan adalah sutradara.

Sutradara adalah sosok yang bertanggung jawab untuk mengarahkan film, terutama pergerakan kamera dan aktor. Ini adalah tanggung jawab yang besar, namun tentu saja perempuan juga bisa mengerjakan tugas ini.

Banyak film sukses yang lahir berkat sutradara perempuan. Film-film itu mengandung banyak pesan yang dapat dipetik hingga sangat layak untuk disaksikan. Berikut ini adalah delapan film Hollywood yang diarahkan oleh sutradara perempuan.

1. Frozen

https://www.youtube.com/embed/TbQm5doF_Uc

Frozen adalah salah satu film animasi paling populer dan laris sepanjang masa. Film ini nyatanya hasil karya duet antara sutradara Jennifer Lee dan Chris Buck. Tidak hanya bertugas mengarahkan, Jennifer juga terjun langsung dalam penulisan screenplay

Frozen sendiri menceritakan petualangan kakak beradik bernama Anna dan Elsa yang hidup terisolasi di kerajaan. Elsa selama ini menyembunyikan kemampuan magisnya yang dapat membuat sihir es dari semua orang termasuk adiknya sendiri.

Elsa yang belum mampu mengendalikan kekuatannya mulai menciptakan masalah. Dari sini, ia bersama Anna mulai melakukan perjalanan ajaib untuk menyelesaikan masalah ini dan menemukan apa arti cinta. 

2. Lady Bird

https://www.youtube.com/embed/cNi_HC839Wo

Meksi Lady Bird adalah film debut sutradara Greta Gerwig, ia sukses membuktikan kemampuannya menghasilkan film sukses dari segi pendapatan maupun ulasan. Lady Bird bahkan masuk ke dalam salah satu film terbaik Netflix dan berhasil meraih rating 99 persen di situs Rotten Tomatoes. 

Lady Bird mengisahkan Christine "Lady Bird" McPherson (Saoirse Ronan), seorang siswi SMA yang memiliki hubungan tidak harmonis dengan orang tuanya. Selain itu, ia tidak betah hidup di kotanya dan ingin melanjutkan kuliah di kota besar.

Sifat Christine yang keras kepala mulai menimbulkan konflik. Tidak hanya dengan orang tuanya, namun juga dengan teman-teman dan kisah cintanya. 

3. Little Women

https://www.youtube.com/embed/AST2-4db4ic

Setelah sukses dengan Lady Bird, Greta Gerwig kembali dengan film remake dari kisah klasik populer bertajuk, Little Women.  Tidak hanya duduk di bangku sutradara, Greta juga terlibat dalam penulisan cerita film ini.

Kisahnya sendiri berpusat pada March bersaudara yang terdiri dari Jo (Saoirse Ronan), Meg (Emma Watson), Amy (Florence Pugh), dan Beth (Eliza Scanlen). Tiap dari mereka memiliki mimpi dan tujuan masing-masing yang ingin dicapai.

Jo yang ingin menjadi penulis novel populer dan Amy bermimpi menjadi pelukis terbaik. Sayangnya ada begitu banyak rintangan yang harus dihadapi. 

Tidak hanya bercerita tentang mimpi, juga ada kisah cinta yang membuat film ini semakin menarik. Meskipun begitu, apa pun yang terjadi, keempat bersaudara ini tetap saling menyayangi satu sama lain. 

Baca Juga: 9 Film Hollywood Tayang Paruh Kedua 2021, Ada Ghostbusters

4. The Hurt Locker

https://www.youtube.com/embed/AIbFvqFYRT4

The Hurt Locker menceritakan sersan Willian James (Jeremy Renner) yang mendapat tugas menjadi pemimpi tim baru Angkatan Darat AS di Perang Irak. Di sana, ia bekerja bersama rekan barunya, Sanborn (Anthony Mackie) dan Eldridge (Brian Geragathy).

Sayangnya, James yang memang sedikit ceroboh membuatnya sering berselisih dengan dua rekannya. Mereka bahkan bertengkar dan hampir saling membunuh satu sama lain. Suatu hari, kamp diserang tentara bayaran, mau tak mau mereka harus bekerja sama untuk bertahan sekaligus menghentikan serangan. 

Kathryn Bigelow adalah sutradara dari film ikonik ini. Kepiawaiannya membawa film ini berhasil meraih respons yang sangat positif. The Hurt Locker berhasil mendapatkan sembilan nominasi Oscar dan memenangkan enam di antaranya, termasuk film terbaik, sutradara terbaik, dan skenario terbaik.

5. American Psycho

https://www.youtube.com/embed/81mibtQWWBg

Dari genre thriller, ada film American Psycho yang epik dan fenomenal. Film ini diarahkan sutradara Mary Harron yang juga menulis naskah berdasarkan novel aslinya.

Film ini mengangkat cerita bankir investasi kaya raya bernama Patrick Bateman (Christian Bale) yang diam-diam menyembunyikan sisi gelapnya dari semua orang. Dengan kekayaan dan kehebatannya, ia selalu berhasil memuaskan hasrat psikopatnya.

Sifatnya yang mudah iri dan pemarah membuat jiwa psikopatnya semakin memburuk. Ia pun tidak segan untuk mengincar korban-korban baru demi memuaskan egonya. Apakah yang selanjutnya terjadi? Tonton sekarang, yuk!

6. Winter's Bone

https://www.youtube.com/embed/bE_X2pDRXyY

Sebelum populer seperti sekarang, Jennifer Lawrence pernah bekerja bersama seorang sutradara perempuan bernama Debra Granik di The Winter's Bone. Kualitas aktingnya pun sudah sangat mumpuni kala itu.

Diangkat dari novel berjudul sama karya Daniel Woodrell, film ini menceritakan Ree Dolly (Jennifer Lawrence), perempuan yang terpaksa jadi tulang punggung keluarganya. Ia bekerja keras untuk menghidupi ibu dan dua saudaranya karena ayahnya menghilang.

Persoalan semakin kacau ketika Ree mendapatkan pemberitahuan bahwa sang ayah telah menggadaikan rumah. Mereka kini harus menemukan ayahnya untuk menyelamatkan rumah.

7. Wonder Woman

https://www.youtube.com/embed/XW2E2Fnh52w

Selama satu dekade terakhir, film bertema pahlawan super sangat berjaya dan dinikmati banyak orang. Salah satu superhero paling dikenal adalah Wonder Woman yang diperankan oleh Gal Gadot. Film ini juga diarahkan oleh sutradara perempuan, Petty Jenkins. 

Wonder Woman mengisahkan Diana Prince atau Wonder Woman (Gal Gadot) yang selama bertahun-tahun dilatih untuk menjadi prajurit di dunianya sendiri. Sedari kecil Diana sudah mahir bertarung dan memainkan senjata.

Suatu hari penghalang dunia mereka berhasil ditembus oleh pesawat berisikan pilot Amerika, Steve Trevor (Chris Pine). Kejadian ini memulai rangkaian kekacauan yang seram, tidak hanya di hidup Diana, tapi juga di dunia. 

8. Nomadland

https://www.youtube.com/embed/6sxCFZ8_d84

Film besutan sutradara pemenang Oscar 2021, Chloe Zhao, ini mengisahkan Fern (Frances McDormand) yang kehilangan pekerjaannya. Tak ingin terus tenggalam dalam kesedihan, Fern memutuskan untuk menjual barang di rumahnya dan membeli van.

Fern kemudian melakukan perjalanan lintas negara bagian. Perjalanannya ini membawanya mempelajari berbagai keterampilan hidup. Selain itu, ia juga mulai merenungkan banyak hal dan memahami jati dirinya yang sebenarnya.

Sutradara perempuan nyatanya juga mampu menghasilkan film berkualitas dan meraih banyak prestasi. Sudah saatnya tak ada batasan bagi perempuan untuk terus berkarya. Bagaimana menurutmu? Adakah film favoritmu di atas? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Film Terbaik Jennifer Lawrence, Aktingnya Keren Banget!

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya