Comscore Tracker

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik 

Adakah studio anime favoritmu di daftar ini? #IDNTimesHype

Apa kalian suka menonton anime? Tontonan yang satu ini memang sangat menarik karena jalan cerita yang sangat beragam dan tak biasa, ditambah visual animasi yang sangat memukau.

Kamu bisa menonton berbagai anime yang keren tentu salah satunya berkat konstribusi studio-studio anime. Kebanyakan studio telah menghasilkan anime sejak lama hingga mampu menghasilkan tontonan yang seiring waktu semakin berkualitas.

Beberapa studio tersebut pun sudah tidak asing lagi di telinga pecinta anime seperti Studio Ghibli dan A-1 Pictures. Namun, ada juga beberapa studio yang mungkin namanya masih asing bagi kamu namun juga menghasilkan tontonan yang tak kalah menarik dan berkualitas.

Berikut ini adalah sepuluh studio terbaik yang sudah sering menghasilkan anime berkualitas yang legendaris. Check this out!

1. A-1 Pictures

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik netflix.com

Studio pertama yang masuk ke dalam daftar ini adalah A-1 Pictures. Studio ini berdiri pada tahun 2005 di Jepang. Pada awal berdiri, anime yang diproduksi A-1 Pictures lebih berfokus pada anime yang sederhana dan bertemakan keluarga. Namun seiring waktu, genre film mereka pun semakin luas. Mereka tak lagi ragu untuk menyentuh genre fantasy dan action yang terkenal sulit. 

Walaupun masih tergolong baru karena belum berjalan lebih dari dua dekade, sudah banyak anime berkualitas yang dihasilkan studio yang satu ini. Anime-anime mereka pun banyak digemari para penggemar anime seperti Fairy Tail (2010), Ao no Exorcist (2011), dan Sword Art Online (2012). 

2. Kyoto Animation

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik comicbook.com

Jika membicarakan studio anime terbaik, Kyoto Animation pasti termasuk di dalamnya. Studio yang satu ini terkenal akan visual animasi yang sangat memukau. Anime-anime mereka didominasi oleh anime bergenre komedi, romansa, dan drama yang kadang dipadukan dengan genre fantasy dan sci-fi. 

Beberapa anime mereka sangatlah legendaris. Salah satunya adalah A Silent Voice (2016) yang berhasil mencetak box office Jepang dan meraih rating 8.2 di situs IMDb. Hal ini menjadikan A Silent Voice masuk ke dalam jajaran anime tertinggi sepanjang masa. Tidak hanya itu, anime lainnya yang berjudul Violet Evergarden (2018) juga meraih popularitas luar biasa sejak awal masa penayangannya dan sekuelnya yang dirilis tahun ini Violet Evergarden the Movie meraih pendapatan melebihi 2 Miliar Yen.

Selain kedua anime tersebut, anime lainnya yang diproduksi studio ini adalah K-On! (2009), Hyouka (2012), dan Sound! Euphonium (2015).

3. Sunrise 

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik cbr.com

Sunrise adalah salah satu studio animasi terbesar di Jepang yang berdiri sejak 1972. Saking besarnya, studio ini memiliki sub-divisi studio sendiri. Paling tidak terdapat 10 sub-divisi studio di bawah Sunrise.

Tidak seperti studio animasi lain yang kebanyakan menghasilkan animasi mainstream yang berfokus pada adaptasi manga, olahraga, ataupun anime bertema kekeluargaan.

Sunrise dikenal karena lebih berfokus pada anime robot yang jauh lebih sulit diproduksi seperti Cyborg 009 (1980)dan Code Geass (2006). Walaupun begitu, Sunrise masih memproduksi anime bergenre lain seperti Inuyasha (2000) dan Gintama (2006).  

4. Bones Animation

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik comicbook.com

Bones Animation Studio didirikan oleh tiga orang mantan pegawai Sunrise. Studio ini didirikan pada tahun 1998 di Jepang.

Uniknya, anime pertama yang dihasilkan studio ini adalah anime kolaborasi bersama Sunrise yang bertajuk Cowboy Bebob (1998). Dan hingga ini sudah ada banyak anime populer dan berkualitas yang sudah diproduksi seperti Fullmetal Alchemist (2003), Soul Eater (2004), My Hero Academia (2015), dan Noragami (2015). 

5. Studio Ghibli 

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik ghibli.jp

Studio Ghibli adalah salah satu studio anime paling populer di Jepang dan di dunia. Berbeda dengan studio lain, Ghibli hanya menghasilkan anime movie.

Walaupun sudah berdiri lebih dari dua dekade, tidak banyak film yang sudah diproduksi studio yang satu ini. Meskipun begitu, film-film Ghibli diakui sangat berkualitas dan diakui kehebatannya oleh kritikus dan penggemar.

Salah satu anime movie terbaik yang dihasilkan adalah Spirited Away (2001), yang berhasil menjadi anime dengan rating tertinggi sepanjang masa dan meraih Piala Oscar dalam kategori Best Animated Feature Film.

Film-film Studio Ghibli selalu menghasilkan film yang ramah keluarga. Ceritanya sarat akan pesan moral seperti dalam hal lingkungan dan kemanusiaan. Selain Spirited Away, film Ghibli lainnya adalah My Neighbor Totoro (1988), Princess Mononoke (1997), dan Howl's Moving Castle (2004).  

Baca Juga: 7 Rekomendasi Film Animasi Studio Ghibli yang Wajib Kamu Tonton

6. Toei Animation

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik comicbook.com

Toei Animation sudah menjadi legenda studio anime Jepang. Studio ini didirkan pada tahun 1948 dengan nama Japan Animated Films dan berubah menjadi Toei Animation setelah diakuisisi oleh Toei Company.

Selama berpuluh-puluh tahun, Toei Animation sudah memproduksi banyak anime populer yang disukai tidak hanya penggemar Jepang, namun juga penggemar internasional. Beberapa anime hasil produksi studio satu ini adalah Dragon Ball (1986), Sailor Moon (1991), Slam Dunk (1993), Digimon (1997), One Piece (1999-Sekarang), dan Yu-Gi-Oh (2000). 

7. Studio Pierrot 

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik netflix.com

Studio Pierrot didirikan pada tahun 1979 di Tokyo. Nama studio ini sendiri diambil dari kata 'Pierrot' yang berarti badut.

Anime yang diproduksi Studio Pierrot sudah terkenal dan menjadi fenomena di seluruh dunia. Beberapa di antaranya adalah Naruto (2002), Bleach (2004), Tokyo Ghoul (2015), dan sekuel dari Naturo, Boruto : Next Generation (2017). Kalian pasti pernah menonton anime-anime ini bukan? 

8. Production I.G

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik netflixupdate.com

Production I.G adalah studio anime yang dikenal karena kemampuan mereka dalam menggunakan teknik animasi digital keren seperti CGI.

Anime yang dihasilkan studio ini acap kali dinilai sebagai pionir dalam dunia anime. Salah satu contohnya adalah anime Ghost in the Shell (1995) yang disebut sebagai salah satu anime yang mengubah industri anime.

Ciri khas Production I.G adalah anime yang mereka produksi sering bernuansa gelap seperti Psycho-Pass (2012) dan Attack on Titan (2013).  

9. Madhouse Inc. 

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik cbr.com

Salah satu anime terbaik sepanjang masa, Death Note (2006) diproduksi oleh Madhouse Inc. Studio ini lebih menargetkan anime untuk penggemar dewasa sehingga cerita dan visual animasi yang dihasilkan pun lebih rumit dan kompleks dibanding anime kebanyakan.

Walaupun begitu, masih ada beberapa anime yang ditujukan untuk penonton yang lebih muda seperti Cardcaptor Sakura (1998), Hunter X Hunter (2011), dan One Punch Man (2015).

10. P.A. Works

Kerap Hasilkan Anime Legendaris, Inilah 10 Studio Anime Terbaik charlotte.fandom.com

P. A. Works adalah studio animasi yang berdiri pada tahun 2000 di Toyama, Jepang. Pada awalnya, studio ini hanya memproduksi animasi untuk video game, namun pada 2008 mereka pun mulai memproduksi anime. Beberapa anime populer yang diproduksi studio yang satu ini adalah Another (2012) dan Charlotte (2015). 

 

Itulah kesepuluh studio anime terbaik yang sering menghasilkan anime legendaris. Tiap studio ini memiliki ciri khas sendiri sehingga mampu menghasilkan anime berkualitas yang berbeda dari studio lainnya. Nah, di antara studio-studio di atas, studio manakah yang filmnya yang kalian sukai? 

Baca Juga: 5 Film Anime Terbaik yang Rilis Sepanjang 2020

Ciams Photo Verified Writer Ciams

Writer wannabe~

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya