Comscore Tracker

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!

Talenta mereka tak perlu diragukan

Menulis lagu bukanlah perkara mudah. Banyak penyanyi yang mahir membawakan lagu, tetapi tak pernah menulis lagunya sendiri. Ada pula musisi yang baru percaya diri menulis lagu untuk dibawakan sendiri.

Namun, gak sedikit musisi sekaligus penulis lagu yang ternyata bisa mencipta lagu-lagu hits untuk dibawakan artis lain. Seperti sepuluh musisi berikut ini. Jago banget!

1. Kesha

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Kesha (instagram.com/iiswhoiis)

Meski memikul beban berat di tahun-tahun awal kemunculannya, Kesha ternyata sangat produktif menulis lagu. Ia menulis lagu bergenre pop untuk berbagai penyanyi, mulai Ariana Grande ("Pink Champagne"), Miley Cyrus ("The Time of Our Lives"), Big Time Rush ("Windows Down"), Britney Spears ("Till the World Ends"), dan lain sebagainya. 

2. Ryan Tedder 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Ryan Tedder (instagram.com/ryantedder)

Selain sibuk dengan band OneRepublic, Ryan Tedder adalah penulis lagu yang produktif. Lagu-lagu gubahannya pasti sudah sering kamu dengar, beberapa di antaranya "I Want You To Know" yang dipopulerkan Zedd dan Selena Gomez, "I Know Places" yang dibawakan Taylor Swift, "Halo" milik Beyonce, "Ghost" yang dinyanyikan Ella Henderson dan lain sebagainya. Hampir tak terhitung kontribusi Ryan Tedder untuk industri musik Barat. 

3. Harry Styles 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Harry Styles (instagram.com/harrystyles)

Harry sudah mulai menulis lagu sejak masih aktif di One Direction. Namanya tercatut sebagai co-writer untuk lagu "Night Changes", "Perfect", dan lain sebagainya.

Untuk artis lain, Harry ternyata terlibat dalam pembuatan lagu "Just a Little Bit of Your Heart" milik Ariana Grande dan "Alfie's Song (Not So Typical Love Song)" yang dinyanyikan Bleachers dan tampil sebagai sala satu soundtrack film Love, Simon.

Ia juga banyak membantu menulis lagu untuk para pendatang baru seperti Cam, Augustana, dan Alex & Sierra. 

4. Sia 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Sia (instagram.com/siamusic)

Tak hanya mencipta lagu hits untuk dirinya sendiri, Sia membantu banyak musisi lain meraih sukses lewat hit single ciptaannya. Mulai dari Rita Ora ("Radioactive"), Kelly Clarkson ("Invicible"), NeYo ("Let Me Love You"), David Guetta ("Titanium"), Rihanna ("Diamond"), Beyonce ("Pretty Hurts"), dan masih banyak lagi. 

5. Pharrell Williams

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Pharrell Williams (instagram.com/pharrell)

Begitu pula dengan Pharrell Williams yang ikut menulis lagu "Hollaback Girl" untuk Gwen Steffani, "I'm A Slave 4 U" yang dipopulerkan Britney Spears, "Hot in Here" yang dinyanyikan Nelly "Alright" untuk Kendrick Lamar, "Sweet Life" untuk Frank Ocean hingga "Sing" yang ia tulis bareng Ed Sheeran, dan masih banyak lagi. 

6. Ed Sheeran 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Ed Sheeran (instagram.com/teddysphotos)

Ed Sheeran juga tak kalah produktif, lagu-lagu ciptaannya untuk musisi lain bahkan banyak yang mendulang popularitas. "Cold Water" yang jadi andalan Major Lazer ternyata juga melibatkan Ed. Masih ada "18" milik One Direction, "Woman Like Me" untuk Little Mix, "Because I Had You" punya Shawn Mendes, sampai "River"-nya Eminem. 

Baca Juga: 7 Musisi Barat yang Ciptakan Lagu untuk Anak Tercinta, Bikin Iri!

7. Taylor Swift 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Taylor Swift (instagram.com/taylorswift)

Kemampuan menulis lagu Taylor Swift juga gak perlu diragukan. Lirik lagu gubahannya selalu berhasil menyentuh banyak orang. Dengan talentanya ini, tak heran kalau Taylor pun menuliskan lagu untuk penyanyi lain. Mulai dari Calvin Harris, Sugarland, sampai yang terbaru Olivia Rodrigo sudah ia bantu menulis lagu. 

8. Meghan Trainor 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Meghan Trainor (instagram.com/meghantrainor)

Sebelum dikenal karena lagu "All About That Bass", Meghan Trainor adalah penulis lagu untuk musisi-musisi besar. Lagu yang ia tulis antara lain "Ain't Your Mama" (Jennifer Lopez), "Painkiller" (Jason Derulo), "Sledgehammer" (Fifth Harmony), "Someday" (Michael Buble), dan lain sebagainya. 

9. Julia Michaels 

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Julia Michaels (instagram.com/juliamichaels)

Persis dengan Julia Michaels yang memulai kariernya sebagai penulis lagu sebelum jadi penyanyi terkenal seperti sekarang. Ia berkontribusi di lagu "Miss Movin' On" dan "All In My Head (Flex)" milik Fifth Harmony, "Love Myself"-nya Hailey Steinfeld, "Sorry" yang dinyanyikan Justin Bieber, sampai lagu "Hands To Myself" dan "Slow Down" punya Selena Gomez. 

10. Jack Antonoff

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Jack Antonoff (instagram.com/jackantonoff)

Bagi penggemar musik, Jack Antonoff pasti tak asing di telinga. Namanya sering tercantum di daftar penulis lagu.

Selain sibuk dengan proyek solonya yang bernama Bleachers, Jack menulis banyak lagu untuk musisi tenar lain seperti Troye Sivan ("Heaven"), Lorde ("Green Light" "Sober", "Solar Power"), Clairo ("Amoeba"), Lana Del Rey ("Love Song","Cinammon Girl"), sampai Taylor Swift ("Cruel Summer", "Ivy", "You Are In Love").

Sama seperti Ryan Tedder, kontribusinya dalam penulisan lagu sudah tak terhitung, deh. 

11. Matthew Koma

11 Musisi yang Aktif Menulis Lagu untuk Penyanyi Lain, Jago!Potret Matthew Koma (instagram.com/matthewkoma)

Matthew Koma dikenal pertama kali sebagai penyanyi solo yang mengisi vokal untuk beberapa produser alias DJ. Siapa sangka, ia sebenarnya co-writer untuk beberapa lagu hits. Sebut saja "Clarity" yang dipopulerkan Zedd dan Foxes.

Ia juga banyak berkontribusi di lagu-lagu rilisan Zedd ("Addicted to Memory", "Spectrum") , Tiesto ("Wasted"), Hardwell ("Dare You"), Keith Urban ("Change Your Mind'), hingga Carly Rae Jepsen ("This Kiss", "Hurt So Good"). Kini, ia fokus menggarap proyek musiknya bersama band Winnetka Bowling League.

 

Dari sebelas nama musisi sekaligus penulis lagu di atas, mana nih yang menurut kamu paling mengejutkan? 

Baca Juga: 5 Pasangan Musisi yang Merilis Lagu Bersama, Mendominasi Tangga Lagu!

Dwi Ayu Silawati Photo Verified Writer Dwi Ayu Silawati

Pembaca, netizen, penulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya