Comscore Tracker

6 Film Inspiratif yang Bikin Kamu Siap Hadapi Quarter-Life Crisis 

Kisahnya sangat relate dengan kaum millennials #HypeIDN

Quarter-Life Crisis merupakan satu tahapan hidup yang pasti dihadapi setiap orang dalam hidupnya. Tahapan tersebut merupakan transisi menuju kedewasaan yang bakal dihadapkan dengan berbagai realitas kehidupan, yang kadang menyebalkan. Kecemasan akan masa depan, penemuan jati diri, kisah cinta berkomitmen dan masih banyak lagi.

Ini tentunya menjadi sebuah tema yang cukup menarik sebagai plot cerita film. Apalagi fokus utamanya adalah kehidupan anak muda, yang akan relate dengan penonton millennials. Berikut ini enam film bertema Quarter-Life Crisis, yang dijamin inspiratif.

1. Reality Bites (1994) - 6,6

https://www.youtube.com/embed/xDYGo0UgIVM

Film yang disutradarai oleh Ben Stiller ini mengeksplorasi kebingungan seputar transisi dari kehidupan kampus yang safe dan menyenangkan ke dunia orang dewasa yang penuh tanggung jawab dan komitmen. Lelaina (Wynona Rider) adalah pembuat film dokumenter yang bercita-cita memfilmkan kehidupan teman-temannya.

Di dalamnya terdapat pengakuan jujurnya tentang bagaimana dia pikir dia akan menjadi "seseorang: di usia 23. Sesuatu yang pernah kita rasakan. Film ini mengeksplorasi pencarian diri anak muda dalam pekerjaan, cinta, dan pilihan hidup, serta bagaimana kenaifan mereka menjalani hidupnya.

2. In A World (2013) - 6,7

https://www.youtube.com/embed/NuxApRnekWc

Disutradarai dan diperankan oleh Lake Bell, In a World mengeksplorasi perjuangan seorang pelatih vokal muda, Carol, yang dengan gigih menemukan tempatnya di industri yang didominasi oleh pria. Ia ingin membuat dirinya dikenali lewat kemampuan olah vokalnya, bukan hanya karena cantik rupa.

Salah satu dari banyak pria yang harus dia lawan adalah ayahnya sendiri, seorang legenda dalam di dunia musik. Plot cerita ini akan terasa relate dan personal bagi banyak penonton karena mencerminkan tantangan dan perjuangan untuk sukses, yang kadang masih dipandang sebelah mata oleh keluarga.

3. The King Of Staten Island (2020) - 7,1

https://www.youtube.com/embed/azkVr0VUSTA

Ini merupakan film semi otobiografi dari aktor utama film, Pete Davidson dalam menghadapi quarter-life crisis. Sebuah kisah penuh empati dan menghibur dari seorang pemalas berusia 24 tahun yang tinggal bersama ibunya, dan hidup seolah tanpa tujuan.

Dia menghabiskan hari-harinya dengan merokok ganja dan bermimpi menjadi seniman tato sampai sebuah peristiwa memaksanya untuk bergumul dengan kesedihannya dan mengambil langkah pertama untuk berubah menjadi lebih baik.

Baca Juga: Alami Quarter Life Crisis? 10 Quote KDrama Ini Bantu Kalian Bangkit!

4. Frances Ha (2013) - 7,5

https://www.youtube.com/embed/y9YKHRQkf7k

Film ini berkisah tentang seorang warga New York berusia 27 tahun, Frances Halladay, yang masih mencoba mencari tahu bagaimana menjadi orang yang real. Film ini menggambarkan quarter-life crisis seorang penari yang canggung namun menawan. Ketika sahabatnya memutuskan untuk pindah, Frances dihadapkan pada permulaan krisis.

Meskipun dia merasa insecure dan terus-menerus mencela diri sendiri, Frances juga sangat pintar dan baik hati dan sosok teman paling setia. Dia yakin tentang banyak hal indah yang pasti akan datang, sambil dengan sadar menerima kekurangannya dan mengikuti perubahan dan ketidakpastian di hidup ini. Gambaran ini sangat relate dengan naik turun kehidupan millennials, yang bakal membuat penontonnya baper.

5. Good Will Hunting (1997) - 8,3

https://www.youtube.com/embed/ReIJ1lbL-Q8

Dibintangi oleh Matt Damon dan Robin Williams, film klasik populer ini adalah kisah heart-warming tentang seorang anak jenius dalam Matematika, Will Hunting, dan persahabatannya dengan terapisnya, yang pada akhirnya membantu Will menerima masa lalunya yang penuh kekerasan dan membuka jalan untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan. 

Dialog dan hubungan antara kedua karakter tersebut menggambarkan kecerdasan, humor, dan pandangan hidup mereka yang terbuka. Film ini juga menyoroti bagaimana Will terus berusaha melindungi dirinya dari rasa sakit emosional, dan bagaimana Sean membantu Will melaluinya.

6. Whiplash (2014) - 8,5

https://www.youtube.com/embed/7d_jQycdQGo

Dibintangi oleh Miles Teller dan J.K Simmons, Whiplash bercerita tentang upaya seorang pemuda untuk menjadi drummer terhebat sepanjang masa dan gejolak mental yang dialaminya karena guru musiknya yang sangat keras. Krisis kehidupan versi Andrew (Miles Tyler) harus dihadapi sebagai biaya atas obsesinya, pilihannya, egonya, dan usahanya untuk membuktikan dirinya sendiri.

Hal selanjutnya yang semakin dramatis adalah kekerasan psikologis dan emosional yang dilakukan oleh guru musiknya dalam mendidik. Alur kisah drama ini begitu mengoyak emosi, namun memiliki banyak pesan luar biasa di dalamnya.

Quarter-life crisis adalah satu hal kehidupan yang tak bisa kita hindari. Ini adalah salah satu tahapan yang perlu kita rasakan dan hadapi demi menggapai kedewasaan yang matang. Jika kamu masih bingung bagaimana menghadapi krisis ini, mungkin enam film di atas bisa menjadi inspirasi.

Baca Juga: 7 Novel Coming of Age yang Bisa Dibaca saat Alami Quarter Life Crisis

Ganjar Firmansyah Photo Verified Writer Ganjar Firmansyah

A Reader who love hiking hitchiking camping and other-Ings

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya