Comscore Tracker

5 KDrama Hasil Adaptasi Film dan Serial Barat, Serunya Gak Ketolong!

Gak kalah seru dari versi asli #WaktunyaKorea #IDNTimesHype

Kiblat bagi serial maupun film di belahan dunia ini bisa dibilang masih dipegang oleh negara-negara yang berada di bagian Barat. Sehingga banyak serial ataupun film yang dibuat ulang alias di-remake ke versi negara tertentu.

Sebut saja salah satunya yaitu Korea Selatan. Meskipun sudah banyak menghasilkan serial KDrama ataupun film berkualitas yang mereka buat sendiri, namun nyatanya banyak juga serial barat yang mereka adaptasi ke versi mereka sendiri. Beberapanya bahkan sukses di pasaran.

Kebanyakan yang diadaptasi ke dalam KDrama memang serial-serial barat yang populer pada saat penayangannya.

Nah, berikut ini lima KDrama yang mengadaptasi cerita pada serial-serial populer negara barat. Apakah ada favoritmu?

1. The World of the Married 

https://www.youtube.com/embed/e4LUxKEJ9uQ

KDrama yang sangat populer di kalangan netizen Indonesia ini sebenarnya diadaptasi dari serial milik stasiun televisi BBC yang berasal dari Britania Raya berjudul Doctor Foster. Alur ceritanya dibuat sedemikian rupa namun dengan beberapa perubahan yang menyesuaikan penonton di negeri Ginseng.

Karakter utama dari KDrama ini adalah Ji Sun Woo. Karakter yang diperankan oleh aktris Kim Hee Ae yang merupakan seorang dokter sukses sekaligus petinggi di sebuah rumah sakit di Korea Selatan.

Ia memiliki suami yang bernama Lee Tae Oh, karakter yang diperankan oleh aktor Park Hae Joon. Kehidupan mereka berdua tampak sangat harmonis, tapi sebenarnya banyak terjadi keretakan dalam keluarga mereka semenjak sang suami melakukan perselingkuhan dengan perempuan lain.

2. Criminal Minds 

https://www.youtube.com/embed/fCoUDCJwlmY

Serial Amerika Serikat yang menjadi haluan dari alur cerita dari KDrama ini memiliki judul yang sama, yaitu Criminal Minds. Menceritakan tentang kumpulan para criminal profiler yang bekerja untuk Badan Investigasi Kriminal Nasional di Korea Selatan. Ada tiga karakter utama yang menjadi pusat cerita, yaitu Kim Hyun Joon, Kang Ki Hyung, dan Ha Sun Woo.

Masing-masing karakter diperankan oleh aktor Lee Joon Gi, Son Hyun Joo, dan aktris Moon Chae Won. Cerita dalam KDrama ini dimulai saat adanya kejadian pengeboman di sebuah rumah sakit yang membunuh banyak anggota SWAT (Special Weapons and Tactics) yang sedang berusaha mengamankan bom.

Sang ketua tim saat itu yaitu Kang Ki Hyung merasa gagal dan sempat sangat merasa bersalah, sehingga ia meminta cuti sementara. Setelah syoknya mereda, ia kembali untuk bertugas. Kali ini ia diminta menyelesaikan kasus pembunuhan berantai yang mengharuskan ia bekerja sama dengan seorang anggota kepolisian tempramental bernama Kim Hyun Joon.

Baca Juga: Rekomendasi 7 KDrama Thriller Adaptasi dari Webtoon, Sudah Nonton?

3. Suits 

https://www.youtube.com/embed/3_8CFcIinmk

Judul KDrama ini punya nama yang sama dengan serial aslinya yang berasal dari Amerika Serikat. KDrama yang tayang di KBS2 ini bercerita tentang seorang pengacara tersohor bernama Choi Kang Seok yang diperankan oleh aktor Jang Dong Gun.

Ia merekrut seorang pengacara amatir bernama Go Yeon Woo, karakter yang dimainkan oleh aktor Park Hyung Sik. Yeon Woo memiliki kemampuan luar biasa pintar ditambah dengan daya ingat yang luar biasa.

Sebenarnya, pengacara amatir Go Yeon Woo tidak punya latar belakang pendidikan hukum sama sekali. Alasan ia direkrut oleh Choi Kang Seok adalah karena ia dijebak oleh seorang anak konglomerat saat ia hendak mengantarkan sebuah barang yang ternyata adalah narkotika. Sehingga untuk lepas dari kejaran polisi, ia bersedia mendampingi Kang Seok bekerja sebagai pengacara gadungan.

4. 18 Again 

https://www.youtube.com/embed/fkyYAXqRyd4

Dalam versi film Amerika Serikat yang tayang tahun 2009, KDrama ini harusnya berjudul 17 Again, amun dirubah menjadi 18 Again. Keseluruhan plot ceritanya mirip dengan yang dihadirkan oleh filmnya.

Dalam versi Korea Selatan, KDrama ini diperankan oleh aktor Yoon Sang Hyun yang berperan sebagai sesosok bapak-bapak di umur 37 tahun yang bernama Hong Dae Young. Ia punya dua orang anak hasil pernikahannya dengan sang istri, yaitu Jung Da Jung.

Karakter Jung Da Jung diperankan oleh aktris Kim Ha Neul. Semakin hari, permasalahan dalam pernikahan mereka semakin membesar, puncaknya terjadi saat sang istri melayangkan surat permintaan cerai kepada dirinya.

Bingung dan putus asa dengan hal itu, ia hanya bisa berharap untuk kembali memutar waktu dan memperbaiki hubungannya dengan keluarganya. Keajaiban pun terjadi ketika Dae Young kembali ke wujud fisiknya saat masih berumur 18 tahun, namun mentalnya ternyata adalah seorang bapak-bapak berusia 37 tahun.

5. The Beauty Inside 

https://www.youtube.com/embed/CxEZY9LuYcc

Diadaptasi dari film Amerika Serikat dengan judul yang sama, inti dari plot cerita KDrama ini yaitu menceritakan tentang, bagaimana seseorang bisa berubah total secara fisik sampai dengan suaranya.

Karakter utamanya adalah seorang perempuan yang bernama Han Se Gye. Ia bisa berubah total secara fisik di satu waktu tertentu di setiap bulannya. Karakter Han Se Gye diperankan oleh aktris Seo Hyun Jin.

Lawan mainnya adalah seorang direktur eksekutif di sebuah perusahaan penerbangan bernama Seo Do Jae yang dimainkan oleh aktor Lee Min Ki. Seo Do Jae menderita penyakit bernama prosopagnosia yang menyebabkan ia tak mampu mengenali wajah seseorang. Kedua orang yang punya rahasia masing-masing ini pun saling bertemu.

Kalau kalian pecinta serial atau film original yang diadaptasi menjadi lima KDrama di atas tadi, kalian wajib cobain nonton versi KDramanya. Dijamin pasti bakalan seru abis, deh!

Baca Juga: 7 Drama Korea yang Ternyata Hasil Remake dari Dorama Jepang

Harits Dzulyaddain Photo Verified Writer Harits Dzulyaddain

Seseorang dengan slogan hidup "Life is never flat!"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya