Comscore Tracker

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga Naruto

Penggemar Naruto mana suaranya?

Salah satu kekuatan paling luar biasa di dunia Naruto adalah milik Jinchuuriki. Jinchuuriki adalah orang-orang dengan monster berekor yang disegel di dalam tubuh mereka. Monster berekor adalah makhluk yang kuat dengan cadangan chakra yang besar, dan masing-masing memberikan Jinchuuriki mereka kekuatan yang luar biasa. Sayangnya, sebagian besar Jinchuuriki dijauhi oleh penduduk desa mereka, seperti yang terjadi pada Naruto Uzumaki, Jinchuuriki Ekor-Sembilan.

Jika kamu seorang penggemar Naruto, kamu mungkin sudah tahu sebagian besar tentang hal ini. Tetapi ada juga beberapa hal yang mungkin belum kamu ketahui tentang Jinchuuriki, seperti 10 fakta berikut ini!

1. Jinchuuriki Ekor-Empat terinspirasi dari anime Dragon Ball Z

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoJinchuuriki Ekor-Empat (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Seperti banyak seniman manga shonen lainnya, Masashi Kishimoto mengutip Dragon Ball Z sebagai salah satu pengaruh terbesar dalam karyanya. Mungkin itulah sebabnya ia menamai monster Ekor-Empat sebagai Son Goku, dan nama Jinchuuriki-nya adalah Roshi. Son Goku berwujud monyet raksasa, dan Roshi adalah Jinchuuriki tertua. Fakta bahwa itu adalah Ekor-Empat secara spesifik juga merupakan sebuah referensi seperti Goku percaya bahwa bola bintang empat adalah kakeknya sebagai awal dari cerita asli Dragon Ball.

2. Naruto awalnya adalah anak dari Kurama

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoKurama (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Sebelum menerbitkan versi Naruto yang dikenal dan dicintai para penggemar saat ini, Kishimoto pernah mengungkapkan beberapa konsep asli Naruto, salah satunya bahwa Naruto adalah anak dari Kurama (monster atau siluman rubah Ekor-Sembilan). Meskipun ia biasanya muncul dalam wujud manusia, ia masih ditolak oleh penduduk desa yang ketakutan.

3. Lama kehamilan Jinchuuriki berbeda dengan manusia ada umumnya

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoKushina saat mengandung anaknya, Naruto. (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Kehamilan jangka penuh pada manusia biasanya berlangsung sekitar sembilan bulan. Namun, berbeda dengan Jinchuuriki, yang mana kehamilannya berlangsung selama sepuluh bulan. Ini berarti bahwa Kushina saat mengandung anaknya, Naruto, juga mengalami kehamilan selama sepuluh bulan!

4. Jinchuuriki Shukaku sebelumnya telah memperkirakan Gaara

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoTangan Bunpuku. (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Mantan Jinchuuriki Shukaku, Bunpuku, adalah orang tua yang bijak dan baik hati yang menghabiskan sebagian besar hidupnya di penjara karena ketakutan penduduk Sunagakure pada kekuatannya. Dia memiliki dua karakter, "terima" (受, ukeru) dan "hati" (心, kokoro) yang diukir di tangannya. Dia memberi tahu Shukaku, yang memiliki hubungan positif dengannya, bahwa suatu hari dia akan bertemu seseorang yang akan menunjukkan kepadanya arti sebenarnya dari kata-kata itu. Itu ternyata Jinchuuriki Shukaku berikutnya, Gaara, yang tidak hanya memiliki perjalanan emosional besar berputar di sekitar konsep-konsep itu, tetapi tato di keningnya yang menggabungkan karakter-karakter tersebut menjadi "cinta" (愛, ai).

5. Kishimoto tidak memastikan gender Fuu

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoFuu, Jinchuuriki Ekor-Tujuh. (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Fuu, Jinchuuriki Ekor-Tujuh, memiliki penampilan yang cukup androgini, yang berarti bahwa penggemar tidak yakin apa jenis kelaminnya sampai dia akhirnya terungkap bahwa ternyata adalah perempuan. Bukan karena itu seharusnya menjadi rahasia, melainkan karena Kishimoto sendiri tidak memastikan jenis kelamin Fuu. Ini mungkin karena Kishimoto belum memutuskannya sejak kemunculan Fuu pertama kali.

Baca Juga: Selain Naruto, Ini 5 Ninja dengan Chakra Terbesar dalam seri Naruto

6. Karakter Killer B terinspirasi dari grup hip hop Wu-Tang Clan

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoKiller B (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Nama Killer B terinspirasi dari grup hip hop Staten Island yang terkenal, Wu-Tang Clan, yang terkadang dijuluki "Killer Bees". Selain itu, nama karakter ini kemungkinan juga terinspirasi dari tim gulat profesional bernama The Killer Bees.

7. Gaara awalnya tidak direncanakan sebagai Jinchuuriki

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoKonsep awal karakter Gaara. (twitter.com/Narutopedia_eu)

Dalam konsep awal manga, Gaara adalah karakter yang sangat berbeda dari yang kita kenal sekarang. Awalnya, dia adalah bocah tujuh tahun bernama Kumomaru yang bergaul dengan anjing ninja bernama Manji. Alih-alih memiliki kekuatan yang bersumber dari monster berekor, Kumomaru menggunakan obat untuk meningkatkan kekuatannya.

8. Istilah 'Jinchuuriki' berdasarkan mitologi

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoPara Jinchuuriki. (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Meskipun tidak ada Jinchuuriki dalam mitologi Jepang, namanya memiliki kemiripan yang dekat dengan konsep nyata. Istilah Jinchuuriki (人 柱 力) berarti 'kekuatan pengorbanan manusia'. Ini sangat mirip dengan jintsūriki (神通 力), yang berarti 'kekuatan yang menjangkau dewa'.

9. Gaara dan Yugito mungkin dirasuki oleh roh yang hidup

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoYugito, Jinchuuriki Ekor-Dua. (dok. Studio Pierrot/Naruto: Shippuden)

Satu detail aneh tentang monster Ekor-Satu dan Ekor-Dua adalah bahwa mereka dikatakan pernah menjadi manusia. Keduanya diduga "roh yang hidup" atau Ikiryo, roh yang meninggalkan orang yang hidup dan merasuki orang lain. Dalam kasus Shukaku, dia adalah roh dari seorang pemimpin yang korup yang telah disegel di dalam ketel teh.

Serial ini tidak begitu jelas tentang apakah ini memang asal-usul dua monster tersebut atau ini hanya sesuatu yang diyakini desa mereka masing-masing. Tetapi jika ini benar, pada dasarnya berarti bahwa Gaara dan Yugito dirasuki oleh roh yang hidup.

10. Ada obat yang mensimulasikan kekuatan Jinchuuriki

10 Fakta soal 'Jinchuuriki' dalam Anime dan Manga NarutoCover novel ringan "Sakura Hiden: Thoughts of Love, Riding Upon a Spring Breeze". (borahae7.tumblr.com)

Dalam salah satu novel ringan seri ini, Sakura Hiden: Thoughts of Love, Riding Upon a Spring Breeze, terungkap bahwa dua anggota Anbu, Kido dan Magire, mengumpulkan DNA dari monster berekor untuk menciptakan obat yang dapat mensimulasikan kekuatan. Mereka menggunakan obat itu untuk membuat jubah chakra dengan jumlah "ekor" yang bervariasi. Jubah itu dapat sangat meningkatkan kemampuan ofensif dan defensif penggunanya, tetapi memiliki durasi terbatas.

Nah, itu tadi 10 fakta tentang Jinchuuriki dalam anime dan manga Naruto. Kamu sudah tahu fakta nomor berapa nih?

Baca Juga: Selain Naruto, Ini 5 Ninja dengan Chakra Terbesar dalam seri Naruto

Icha Faizu Photo Verified Writer Icha Faizu

Saya manusia.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya